Comscore Tracker

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panas

Debu yang terkumpul adalah penyebab umum overheating

Panas adalah musuh utama komputer. Hanya karena suhu yang tinggi, komputermu bisa tidak berfungsi dengan maksimal atau malahan rusak. Penyebab paling umum yang menyebabkan overheating tersebut adalah debu yang menumpuk.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk rutin membersihkan komputer. Berikut ini adalah cara untuk membersihkan komputermu.

1. Matikan komputer terlebih dahulu

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panasprophethacker.com

Jangan pernah membersihkan komputer dalam kondisi menyala. Membersihkan dalam kondisi tetap bekerja memberikanmu risiko tersengat listrik serta merusak komponen di dalamnya. Jangan lupa juga mencabut stop kontaknya.

2. Buka komputer dan bersihkan debu menggunakan blower

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panaspcworld.com

Dipastikan banyak debu di dalam komputermu. Gunakan blower untuk meniup debu-debu tersebut. Pastikan mengatur angin dalam kondisi tidak terlalu besar dan jaga jarak dengan komponen ini: motherboard, memori, prosesor, dan kartu ekspansi.

3. Berhatil-hatilah jika menggunakan sistem pendinginan fan

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panasbronervspacquiaoi.co

Umumnya fan dalam komputermu juga akan dipenuhi debu. Untuk membersihkannya, tahan fan tersebut dengan jarimu dan baru gunakan blower. Tujuannya adalah menghentikan perputarannya karena jika berputar terlalu cepat karena blower, fan tersebut bisa retak dan pecah.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Laptopmu Rusak

4. Akan sedikit berbeda jika kamu menggunakan sistem pendinginan air

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panaspcspecialist.co.uk

Jika komputermu sudah menggunakan sistem ini, maka sebaiknya lebih berhati-hatilah. Banyak tabung yang mudah pecah. Ada baiknya sebelum membersihkan komputer, kamu mengosongkan terlebih dahulu cairan dalam tabung-tabung tersebut. Kamu juga bisa menggantinya dengan cairan yang baru untuk memastikan sistem pendinginanmu berfungsi lebih baik.

5. Gunakan cotton bud untuk membersihkan debu yang bandel

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panasinstructables.com

Sekuat-kuatnya blower-mu meniup debu, pasti ada debu yang tidak bisa hilang. Kotoran itu biasanya bersembunyi di bagian-bagian sempit atau sela-sela komponen.

Agar bisa dibersihkan, gunakan cotton bud yang sudah diberikan sedikit alkohol. Jika masih terlalu susah, lepaskan saja bagian-bagian tersebut dan bersihkan satu-satu.

6. Jangan lupa bersihkan pula body komputer

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panasmetrovac.com

Jika komponen sudah selesai kamu bersihkan, kamu bisa beralih kepada bagian tubuh komputer serta power supply-nya. Beberapa kotak badan komputer memiliki penyaring debu di bawah power supply. Pastikan untuk membersihkannya pula.

7. Gunakan thermal grease untuk perlindungan berlebih

Ini 7 Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputermu agar Tidak Mudah Panaswindowscentral.com

Bagi mereka yang ingin memberikan perawatan berlebih kepada komputernya, momen bersih-bersih komputer juga menjadi momen yang baik untuk memberikan thermal grease. Thermal grease atau paste adalah semacam minyak atau pasta yang digunakan untuk membantu suhu komputermu agar tidak mudah panas dengan cara dioleskan ke komponen. Berhati-hatilah dalam menggunakannya karena jika tidak benar, itu malah akan merusak komputermu.

Sebenarnya membersihkan komputer tidaklah seberapa susah. Hanya saja yang menyebalkan adalah kamu harus berhati-hati dan detail karena banyak kotoran tersembunyi. Jika kamu terlalu malas membersihkannya, baiknya membawa ke tukang komputer terpercaya dan menggunakan jasanya untuk bersih-bersih.

Baca Juga: Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat, agar Datamu Selalu Aman

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You