Comscore Tracker

Cara Screenshot di PC, Kamu Bisa Lakukan dengan 5 Alternatif Ini

Nggak segampang ambil screenshot di smartphone

Apakah kamu pernah kebingungan untuk mengambil gambar screenshot di komputermu? Tidak kaget. Cara mengambil gambar screenshot di komputer memang sedikit unik dan tidak diinfokan dengan jelas.

Malahan tiap operating system memiliki cara sendiri-sendiri sehingga kamu tidak bisa menyamakannya. Metodenya pun ada beberapa langkah.

Untuk di Windows, kurang lebih seperti berikut ini IDN Times kasih cara screenshot di PC yang mudah dan praktis untuk kamu coba sendiri. Cek langsung di bawah ini ulasan selengkapnya ya!

1. Menggunakan tombol PrtScr

Cara Screenshot di PC, Kamu Bisa Lakukan dengan 5 Alternatif Inilearn.g2.com

Tekan tombol PrtScr di layar yang ingin kamu ambil gambar, lalu buka software gambar macam Paint. Tekan Ctrl + V atau paste, lalu save, maka kamu dapatkan hasil gambar screenshot tersebut.

2. Menggunakan tombol Windows + PrtScr

Cara Screenshot di PC, Kamu Bisa Lakukan dengan 5 Alternatif Iniandrowizard.com

Hanya bisa digunakan di Windows 10. Tekan tombol Windows + PrtScr di gambar layar yang kamu inginkan. Lalu masuklah ke opsi This PC dan pilih picture. Di sana akan terdapat folder screenshot yang mana hasil screenshot akan langsung masuk ke folder itu.

Baca Juga: 10 Tanda Komputermu Diserang oleh Virus atau Malware, Ketahui Segera

3. Menggunakan LINE PC

Cara Screenshot di PC, Kamu Bisa Lakukan dengan 5 Alternatif IniLINE

LINE di PC memberikan fitur ini. Caranya masuk ke dalam akun, pilih salah satu temanmu. Pilih opsi capture screen dan drag mouse-mu sesuai gambar yang ingin kamu ambil screenshot-nya. Setelah itu pilih untuk mengunduh.

4. Menggunakan snipping tool

Cara Screenshot di PC, Kamu Bisa Lakukan dengan 5 Alternatif Initechsnail.com

Buka terlebih dahulu software Snipping Tool. Pilih gambar baru dan di sana akan ada pilihan untuk mengambil gambar screenshot mana yang kamu inginkan. Secara singkatnya, langsung tekan tombol Windows + Shift + S.

5. Menggunakan game bar

Cara Screenshot di PC, Kamu Bisa Lakukan dengan 5 Alternatif Iniwindowscentral.com

Metode ini bisa dibilang yang paling rumit karena sebenarnya ini digunakan untuk mengambil screenshot game. Kamu perlu menekan tombol Windows + G, lalu mengatur masalah halaman. Barulah kamu bisa mencoba menekan tombol Windows + Alt + PrtScn.

Mengambil gambar screenshot di smartphone sejujurnya jauh lebih mudah ketimbang mengambilnya di komputer. Tetapi secara kualitas, gambar screenshots di komputer tentu saja jauh lebih baik.

Perhatikan saja untuk keperluan apa kamu mengambil screenshot itu. Jika untuk pekerjaan, maka gunakanlah yang di komputer.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips atau cara screenshot di PC yang praktis untuk kamu coba lakukan. Gampang kok, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca Juga: Hapus Aja, Ini 7 Software yang Tidak Perlu Kamu Install di Windows 10 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya