Comscore Tracker

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartu

Bayar pakai kartu kredit nggak perlu bawa kartunya lagi

Akhir-akhir ini kamu mungkin melihat produk smartphone sering dipasangkan dengan fitur bernama NFC. NFC sendiri merupakan kependekan dari near field communication, suatu teknologi yang memungkinkan smartphone-mu berinteraksi dengan sesuatu alat elektronik lain yang dekat. Ia tidak terhubung dengan WiFi, LTE atau sinyal lainnya sehingga tidak perlu bingung jika tidak memiliki sinyal.

Kegunaan NFC sendiri ada beragam. Yang paling terkenal di Indonesia adalah NFC dapat digunakan untuk menyimpan data kartu elektronik pembayaran. Ini biasa digunakan ketika kamu menggunakan fasilitas KRL dan lain sebagainya. Namun NFC sendiri sebenarnya punya lebih banyak kegunaan. Berikut ini adalah kegunaan lebih fitur NFC.

1. Memudahkan terkoneksi dengan WiFi

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartutenonedesign.com

Beberapa tempat, seperti hotel, menyediakan alat yang namanya WiFi porter. Alat ini membuatmu langsung dapat mengakses WiFi yang diperuntukkan untuk umum itu tanpa perlu mengisi kata sandi. Cukup dengan menempelkan smartphone ber-NFC, koneksi WiFi akan langsung tersambung.

2. Memindahkan data ke komputer

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartuconsumer.huawei.com

Beberapa produk laptop pada saat ini juga menyediakan fitur NFC. Dengan fitur tersebut, kamu yang memiliki smartphone NFC bisa langsung memindahkan foto hingga data ke laptop tanpa perlu menyambung kabel ataupun menyalakan bluetooth.

3. Melakukan pembayaran

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartustuff.tv

Data kartu kredit atau debitmu bisa pula dimasukkan ke smartphone NFC. Ini menjadikanmu bisa melakukan pembayaran tanpa perlu mengeluarkan kartu sama sekali dan cukup memakai smartphone saja.

4. Mengirim nomor telepon

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartutechjaja.com

Setara dengan mengirim kontak via WhatsApp, NFC juga memungkinkanmu mengirimkan nomor telepon seseorang. Cukup dengan mendekatkan ke sesama smartphone berfitur NFC, kamu tak perlu lagi mengetik nomor itu.

Baca Juga: Mengenal NFC, Fitur Smartphone yang Kini Semakin Populer

5. Mengirimkan data ke sesama smartphone

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartuicon-library.com

Seperti mengirimkan data ke komputer, NFC juga memungkinkanmu mudah mengirim data ke sesama pengguna smartphone NFC. Umumnya hanya dengan menempelkan bagian belakang, sudah bisa memindah data itu.

6. Menyarankan aplikasi

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartunextpit.com

Ada kalanya kamu pasti ditanya, “Aplikasi apa yang kamu gunakan itu?” Daripada ribet memberitahukan namanya, NFC memungkinkanmu untuk langsung mengarahkan temanmu menuju aplikasi itu. Ini cocok bagi para gamer untuk saling merekomendasikan game.

7. Menjalankan aplikasi di smartphone lain

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartuhowtogeek.com

Anggaplah kamu punya aplikasi A dan begitu pula dengan temanmu. Saat itu temanmu menjalankan aplikasi tersebut dan kamu pun ingin menjalankannya, tetapi kamu tak kunjung menemukan aplikasi itu di smartphone-mu. Lewat NFC kamu bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu mencarinya lagi.

8. Membuka pintu

8 Fungsi NFC Smartphone, Tak Perlu Bawa Banyak Kartugetkisi.com

Apa kantormu menggunakan sistem kartu untuk membuka pintu? Jika iya, NFC dapat menyimpan data itu sehingga kamu tak perlu lagi membawa kartu untuk membuka pintu apa pun.

Masih belum diketahui seberapa amankah NFC ini mengingat tidak ada pengaman lebih. Anggap saja smartphone-mu dicuri orang dan orang itu mengetahui rumahmu yang menggunakan kunci kartu, maka bisa jadi orang tersebut mengakses kediamanmu tersebut.

Masih ada kegunaan NFC lainnya, seperti mengecek saldo. Coba deh kamu cari tahu sendiri.

Baca Juga: Ini 7 HP Terbaik dengan Fitur NFC 2020, dari Termurah sampai Termahal

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya