Comscore Tracker

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaik

Sudah kadung beli tapi nggak cocok, kan sayang

Mencari headphone bisa dibilang mudah-mudah sulit. Ada banyak pertimbangan yang perlu kamu perhatikan dan dari sana, kamu bisa mendapatkan satu headphone yang cocok denganmu atau tidak sama sekali. Berikut ini beberapa tips memulai mencari headphone yang pas untukmu.

1. Perhatikan budget-mu

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (pixabay.com/Firmbee)

Sebelum beranjak terlalu jauh, ada baiknya kamu memperhatikan seberapa tebal isi dompetmu. Tidak peduli sebagus apa pun spesifikasi yang kamu inginkan, jika kamu tak punya dana untuk membelinya maka percuma saja. Perhatikan terlebih dahulu seberapa kuat keuanganmu.

2. Memikirkan kegunaan headphone

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (pixabay.com/PourquoiPas)

Kamu mencari headphone ini untuk apa? Untuk mendengarkan musik saja? Untuk mengobrol dengan orang tanpa didengar sekitarmu? Untuk gaming-kah?

Tentukan dengan baik. Semua hal ini berpengaruh dan bakal menentukan arah headphone seperti apakah yang bakal kamu peroleh.

3. Menentukan bentuk headphone

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (unsplash.com/felipepelaquim)

Ada banyak tipe headphone. Ada yang over ear (menutupi telinga), earbuds (menempel di lubang telinga tapi tidak sampai masuk), hingga in-ear monitor (masuk ke dalam lubang telinga).

Semua ini punya hasil suara berbeda. Kamu perlu melakukan riset dahulu mana yang paling ingin kamu cari.

4. Memahami spesifikasi headphone

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (pixabay.com/Pexels)

Layaknya hape, headphone pun punya spesifikasinya. Satu macam headphone ada yang mengeluarkan suara bass lebih tebal ketimbang lainnya. Lainnya mengeluarkan suara yang seimbang dan jernih.

Untuk masalah spesifikasi ini, riset menjadi kunci utamamu. Kami menyarankan untuk mencari informasi di forum-forum khusus audio.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Headphone Paling Jernih untuk Produser Musik

5. Masuk ke forum-forum audio

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (unsplash.com/ROOM)

Disinggung pada poin sebelumnya, ada baiknya kamu bertanya-tanya terlebih dahulu di forum-forum audio terkait headphone yang kamu cari. Forum macam ini tersebar di mana-mana. Mulai dari media sosial sampai komunitas yang sering nongkrong bareng. Kamu bisa langsung mengajukan pertanyaan terbuka headphone macam apa yang kamu cari plus budget yang kamu miliki.

6. Mulailah riset harga dan kualitas

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (unsplash.com/Alphacolor)

Jika sudah menentukan satu headphone yang ingin kamu miliki, jangan langsung terburu-buru membelinya. Cek dahulu harganya di berbagai tempat. Setiap toko umumnya akan punya harga dan pelayanan jasa yang berbeda. Perhatikan baik-baik kedua hal itu dan pilih yang terbaik untukmu.

7. Jika bisa dicoba, ada baiknya mencobanya

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (pixabay.com/StockSnap)

Layanan mencoba produk hanya bisa dilakukan bila kamu sambang ke toko audio langsung. Ini hal yang bagus mengingat kamu bisa tahu seperti apa karakter suara dari headphone yang kamu incar dan tahu betul apakah cocok dengan seleramu atau tidak. Tetapi bila kamu membelinya secara online, satu-satunya cara hanyalah melihat penilaian dari pengalaman orang-orang.

8. Ambillah dari toko yang terpercaya

Cari Headphone? Ini 8 Tips untuk Mendapatkan yang Terbaikilustrasi headphone (unsplash.com/Alphacolor)

Semua orang pasti akan menyarankan satu ini. Terlepas dari barang yang pasti orisinal, toko-toko yang sudah nama dipastikan memiliki pelayanan yang baik dan memuaskan. Kamu pun bisa jadi mendapatkan keuntungan berlebih seperti garansi yang jelas dan lebih lama.

Biasanya kalau bermain audio, satu-satunya cara tahu cocok denganmu atau tidak adalah dengan memilikinya. Jadi, ketika headphone yang kamu beli tidak cocok, segeralah menjualnya kembali sebelum harga barang itu turun.

Baca Juga: 7 Headphone dan TWS Terbaik untuk Lini Flagship Samsung

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya