Comscore Tracker

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah Hardwarenya

Tapi kalau memang sudah lama dipakai, mending ganti HP

HP-mu mati dan tak mau hidup? Jangan dibuang dulu. Bisa jadi bukan HP-mu yang rusak, tetapi bateraimu yang bermasalah. Kamu perlu menggantinya dan setelah itu HP-mu akan kembali menyala dengan normal.

Permasalahannya, apa saja tanda-tanda baterai HP perlu diganti? Berikut ini tanda-tanda yang harus kamu perhatikan!

1. Bateraimu cepat mudah habis

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah HardwarenyaIlustrasi isi daya baterai (Pexels/Rawpixel)

Jika dulu kondisi baterai 90 persen bisa membuat HP-mu bertahan hingga 8 jam namun sekarang hanya 2 jam tanpa pemakaian berat, itu menjadi salah satu indikasi bateraimu sudah bermasalah. Agar lebih meyakinkan, kamu bisa mengecek kesehatan bateraimu di opsi pengaturan atau memakai aplikasi AccuBattery.

2. HP-mu tiba-tiba mati

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah Hardwarenyailustrasi smartphone mati(pexels.com/Pixabay)

Kondisi yang lebih parah ketimbang baterai mudah habis adalah HP-mu tiba-tiba saja mati. Walaupun indikasi baterai masih 30 persen, tetapi HP-mu langsung tidak bisa digunakan dan saat dinyalakan, HP-mu menginfokan kalau baterainya habis.

3. Susah menyala

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah Hardwarenyailustrasi smartphone menyala (Pexels/Terje Sollie)

Indikasi yang cukup meyakinkan bahwa bateraimu perlu diganti adalah mengisi daya saat HP-mu mati. Umumnya ini akan membuatnya kembali nyala.

Ujian sesungguhnya adalah setelah langkah tersebut: lepaskan pengisian baterai itu. Jika HP-mu turut mati, maka itu menjadi penunjuk baterai yang bermasalah.

Baca Juga: 7 HP dengan Daya Tahan Baterai Terbaik Edisi Oktober 2021

4. Bateraimu tidak pernah bisa terisi penuh

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah Hardwarenyavideoblocks.com

Apakah kamu sudah mengisi baterai HP-mu dan tidak peduli seberapa lama kamu mengisinya, indikasi bateraimu tidak pernah 100 persen? Selamat, itu berarti bateraimu sudah bermasalah dan perlu diganti.

5. Mudah panas

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah Hardwarenyailustrasi overheat (asurion.com)

Memakai HP untuk kegiatan main game atau menonton video streaming jelas akan membuat HP panas. Perlu kamu ketahui, ini bisa melukai bateraimu dan membuat kesehatannya melemah, hingga kamu harus menggantinya. Mudah panas juga bisa menjadi gejala lain kalau bateraimu bermasalah, semisal kondisi tersebut tak pernah terjadi sebelumnya.

6. Baterai menggembung

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah Hardwarenyailustrasi baterai menggembung (ifixit.com)

Baterai menggembung hingga mendorong layar HP mengindikasikan kesehatan bateraimu sudah terlampau parah. Alasan paling umum yang membuat baterai menggembung adalah overcharged atau pengisian dayanya terlalu lama. Ini sering terjadi apabila kamu membiarkan HP-mu terisi selama berjam-jam tanpa dilepas, seperti saat tidur.

7. Kesehatan bateraimu di bawah 90 persen

7 Tanda Harus Ganti Baterai HP, Bukan Masalah Hardwarenyailustrasi kesehatan baterai (howtogeek.com)

Seperti yang sudah tertulis pada poin pertama, kamu bisa mengecek kesehatan HP-mu lewat opsi pengaturan. Jika tidak ada pilihannya, maka kamu bisa menggunakan aplikasi AccuBattery.

Indikasi baterai yang sudah tidak sehat adalah kesehatannya berada di bawah 90 persen. Kamu perlu khawatir bila angkanya sudah mencapai 80 persen, terlebih jika berada di 70 persen.

Untuk masalah mengganti baterai saja atau langsung mengganti HP, kamu bisa mempertimbangkan dari usia HP-mu sendiri. Sudah berapa lama kamu gunakan HP tersebut?

Hal lumrah bila HP-mu sudah berumur lebih dari 3 tahun. Jika lama pemakaiannya sudah lebih itu, mungkin baiknya kamu sekalian membeli HP baru.

Baca Juga: 5 Tips biar Baterai Smartphone Kamu Awet dan Tahan Lama Nyalanya  

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya