Comscore Tracker

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnya

Pembaruan besar-besaran untuk Home Screen!

Dari 22 Juni hingga 26 Juni, Apple menggelar Worldwide Developers Conference (WWDC) di Cupertino, California. Dikarenakan pandemik penyakit virus corona baru (COVID-19), WWDC tahun ini digelar secara virtual.

Jika kamu tidak sempat menonton WWDC, inilah video recap hari pertama WWDC 2020:

https://www.youtube.com/embed/4An0ndagZsQ

Selain beberapa produk baru yang akan diperkenalkan oleh perusahaan besutan Steve Jobs tersebut, Apple siap untuk meluncurkan versi sistem operasi (OS) teranyarnya untuk gawai-gawainya, terutama iPhone (iOS), iPad (iPadOS), Apple TV (tvOS) dan Apple Watch (watchOS).

Pada artikel ini, kami membahas pembaruan pada iOS, sistem operasi milik Apple untuk iPhone dan iPod Touch, memasuki versinya yang ke-14. iOS 14 diperkenalkan pada hari pertama WWDC.

Apa saja hal yang ditawarkan oleh iOS 14? Menitikberatkan pembaruan besar-besaran di sisi Home Screen, inilah tujuh hal baru yang dipertunjukkan oleh iOS 14.

1. Pengalaman Home Screen yang lebih mutakhir, aplikasi lebih rapi

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyayoutube.com

Craig Federighi, Senior Vice President (SVP) divisi Software Engineering Apple, mengatakan bahwa iOS 14 akan merubah pengalaman para pengguna Apple. Hal tersebut dimulai dari perubahan besar-besaran pada Home Screen.

"Home Screen masa kini amat mutakhir. Namun, semakin banyak kita mengunduh aplikasi, halaman pada Home Screen semakin menumpuk! Bukankah luar biasa jika ada satu cara untuk mengatur aplikasi-aplikasi tersebut secara mudah?" ujar Federighi.

Apa sajakah yang diperbarui dari Home Screen iOS 14?

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Federighi kemudian memperkenalkan App Library, ruang di akhir Home Screen yang secara otomatis mengatur seluruh aplikasimu dalam satu tampilan mudah!

Lewat App Library yang lebih mutakhir di iOS 14, Federighi mendemonstrasikan bagaimana "rapinya" tampilan Home Screen pada iOS 14 sehingga lebih enak dilihat. Tidak perlu repot mencari-cari lagi!

Kamu pun dapat mengatur berapa banyak halaman pada Home Screen-mu. Semakin sedikit, semakin mudah ke App Library. Misalnya, kamu hanya memiliki satu halaman Home Screen, kamu tinggal menggeser Home Screen, dan kamu akan melihat App Library.

Pada iOS 14, App Library secara otomatis mengatur semua aplikasi pada iPhone atau iPod menjadi satu tampilan yang sederhana dan mudah dinavigasi. Selain itu, App Library juga secara cerda mengurutkan aplikasi berdasarkan abjad, kategori, dan frekuensi penggunaan hanya dengan satu ketukan saja.

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Selain App Library yang semakin cerdas, Home Screen pada iOS 14 juga dilengkapi dengan widget yang didesain lebih ramah untuk mata dan memasok informasi lebih banyak dalam sekejap. Tentukan ukuran dan atur widget pada Home Screen sesuai dengan kemauanmu.

"Desain widget yang baru lebih kaya data dan dengan ukuran yang lebih bervariasi daripada sebelumnya," papar Federighi.

Widget pada iOS 14 diklasifikasikan berdasarkan berbagai kategori yang sesuai dengan kebutuhanmu. Lebih mengejutkan lagi, fitur Smart Stack pada iOS 14 juga secara cerdas menampilkan widget berdasarkan waktu, lokasi, dan aktivitasmu!

Widget tersebut kemudian dapat "ditarik" ke Home Screen-mu dan aplikasi akan mengatur dirinya secara otomatis agar tidak berantakan! Lewat widget gallery, kamu dapat melihat ukuran widget yang kamu mau.

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Ketiga, iOS 14 menambahkan fitur bernama "Picture-in-Picture Video" untuk perangkat iPhone dan iPod. Dengan fitur ini, kamu dapat mengakses aplikasi sambil menonton video atau sambil video call via Facetime.

"Picture-in-Picture Video adalah cara terbaik untuk menikmati video sambil menikmati fitur iPhone yang mutakhir," tutup Federighi.

Saat kamu menonton video atau sedang Facetime dengan orang lain lalu kembali ke Home Screen atau membuka aplikasi lain, video atau sesi Facetime-mu akan secara otomatis "melayang" di layar, jadi kamu dapat tetap menonton sambil melakukan aktivitas lain. Tentu saja, kamu dapat memperbesar ke layar penuh atau menutupnya.

Picture-in-Picture dapat ditarik ke bagian layar lain, atau diperbesar dan diperkecil sesukamu. Tak perlu khawatir akan tertutup saat berpindah aplikasi. Video tersebut akan tetap di posisi yang sama dan berputar tanpa kendala!

Terganggu dengan video yang menhalangi tulisan? Tarik ke samping, maka gambar video akan diminimalisir dan audio dari video akan tetap berjalan! Tinggal kamu tarik dari samping, dan gambar video akan kembali.

2. Pembaruan di bagian Messages, dari Memoji hingga bisa mention anggota Group

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyayoutube.com

Mengingat keadaan dunia yang menerapkan social distancing, Federighi mengatakan bahwa fitur Messages pada produk Apple digunakan lebih banyak di tahun 2020.

"Messages adalah cara kita berhubungan dengan orang-orang terpenting untuk kita. Dan, sekarang, kita menggunakannya lebih banyak dari sebelumnya. Dibandingkan tahun lalu, jumlah pengirim pesan dan jumlah pesan yang terkirim sama-sama memecahkan rekor. Selain itu, kami melihat semakin banyak orang menggunakan fitur Messages untuk tetap terhubung dengan grup-grup terdekat," papar Federighi.  

Dibandingkan tahun 2019, fitur Messages pada Apple melihat kenaikan hingga 40 persen jumlah pesan yang terkirim. Sementara, pesan grup meningkat dua kali lipat!

Apa sajakah fitur baru pada Messages di iOS 14? Yuk, cek di sini!

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Stacey Lysik, Direktur Senior OS Program Management Apple, menjelaskan fitur Pinned Conversation terbaru pada Messages di iOS 14.

"Fitur terbaru pada Messages di iOS 14 adalah 'Pinned Conversation' yang baru, pemutakhiran menarik pada 'Memoji', dan perbaikan fitur 'Group'," ujar Lysik.

Terlalu banyak percakapan dapat membuatmu kewalahan, bukan? Oleh karena itu, Apple memasukkan fitur untuk menyematkan pesan yang penting di daftar teratas agar kamu tidak lupa. Dengan tampilan yang menarik, kamu tidak perlu takut melewatkan pesan dari orang-orang tersayang atau terpenting.

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyayoutube.com

Lysik kemudian menjelaskan fitur Memoji. Terdapat lebih dari satu triliun cara untuk mengekspresikan diri lewat Memoji. Pada iOS 14, Memoji memperkenalkan 20 model rambut dan aksesoris kepala baru untuk menampilkan identitasmu!

Oh ya, Memoji pada iOS 14 juga tidak ketinggalan zaman. Masker juga ikut serta menjadi aksesori untuk Memoji, menunjukkan solidaritas terhadap kebersihan diri dan pencegahan COVID-19. Selain itu, Memoji pada iOS 14 juga menambahkan opsi usia, sehingga kamu bisa menyesuaikan Memoji-mu dengan usiamu!

Kamu pun dapat menggunakan Memoji sebagai stiker. Terdapat tiga stiker baru untuk Memoji, yaitu "peluk", "fist bump", dan "tersipu malu".

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Terakhir, Lysik membicarakan fitur "Group" pada Messages di iOS 14. Tidak jarang, kita kewalahan dengan berbagai obrolan di grup sehingga bingung harus mulai scroll dari mana. Iya, kan? Dengan iOS 14, kamu tidak perlu khawatir lagi!

Messages memperkenalkan fitur "In-line Replies" yang membuatmu bisa membalas satu pesan spesifik langsung. Kamu bisa melihat percakapanmu dengan satu anggota grup tersebut dalam tampilan penuh, atau dalam utasan terpisah antara kamu dan dia!

Agar semakin jelas tujuannya, Messages sekarang diperlengkapi dengan fitur "Mentions". Sesuai namanya, kamu tinggal masukkan nama orang yang dituju agar pesan tersebut langsung terkirim.

Selain fitur-fitur tersebut, dari segi estetika, tampilan anggota grup di Messages menjadi lebih menarik dengan ikon. Untuk pertama kalinya, kamu bisa mengatur foto grupmu lewat foto atau Memoji.

3. Pembaruan di bagian Maps, dari rekomendasi lewat Guides hingga transportasi hijau

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyayoutube.com

Federighi menyatakan bahwa fitur Maps pada produk Apple adalah navigasi dan cara berkeliling dunia terbaik tanpa harus khawatir soal privasi. Maps memberikan navigasi yang lebih baik dan detail jalan, serta jalur pejalan kaki. Federighi kemudian mengutip ulasan Apple Maps dari salah satu pengguna Maps, (penggemar Android, tahan diri!)

"Apple Maps benar-benar telah berkembang dan menjadi salah satu pesaing terberat Google Maps. Tak diragukan, Apple Maps memiliki tampilan antar pengguna yang lebih baik, dan kebijakan privasi yang lebih baik, kuulangi sekali lagi, kebijakan privasi yang lebih baik!" ulas Michael Grothaus dari Fast Company, majalah bisnis Amerika.

Apple Maps menjangkau semakin banyak negara di 2020, yaitu Britania Raya, Irlandia, dan Kanada. Jadi, apa saja fitur lain yang dibanggakan oleh Maps? Frasa kuncinya adalah "Ramah Lingkungan".

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Meg Frost, Direktur divisi Product Design for Apple Maps, mengatakan bahwa Maps mampu mengarahkanmu ke tempat-tempat yang menarik lewat fitur "Guides".

"Kami melihat jutaan orang mengakses Maps setiap hari untuk menjelajahi tempat-tempat menarik. Dari tujuan liburan hingga sekadar restoran terdekat. Dengan iOS 14, tim Maps bekerja sama dengan berbagai merek dagang terbaik dunia untuk menawarkan fitur 'Guides'," papar Frost.

Guides akan menunjukkan restoran, tempat berbelanja, nongkrong, atau mewujudkan mimpimu menjelajahi kota-kota dunia. Kamu dapat menyimpan Guides dan mengaksesnya di saat perlu. Tak perlu takut kehilangan informasi! Guides secara otomatis memutakhirkan informasi dan rekomendasi terkini.

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Selanjutnya, Frost mengatakan bahwa Maps juga ingin berkontribusi terhadap lingkungan dengan menyarankan moda transportasi hijau terpopuler tahun ini, yaitu bersepeda.

"Bertahun-tahun, Maps menawarkan opsi transportasi yang ramah lingkungan seperti angkutan umum dan jalan kaki. Dengan iOS 14, Maps memperkenalkan fitur hijau baru untuk mengurangi emisi karbon, yaitu dengan bersepeda," tutur Frost.

Terdapat penambahan opsi "bersepeda" di Maps yang akan mengarahkanmu ke jalur sepeda di seluruh kota. Maps juga menyesuaikan rute sesuai dengan kemauanmu. Mau sambil berolahraga di jalan yang menanjak hingga bersepeda santai menikmati hembusan angin? Maps akan sesuaikan untukmu!

Maps juga akan memberitahumu jika jalan yang dituju sedang macet, jalan menanjak, atau kamu harus menggendong sepedamu melewati tangga. Tentu saja, rintangan terakhir dapat kamu hindari dengan opsi pada Maps.

Pengguna Apple di Indonesia harus sedikit sabar karena fitur "bersepeda dengan Apple Maps" baru tersedia di lima kota berikut:

  • New York City,
  • Los Angeles,
  • San Francisco Bay Area,
  • Shanghai, dan
  • Beijing.
WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Selanjutnya, Frost mengungkapkan fitur "EV Routing", diperuntukkan bagi mereka yang memiliki mobil elektrik (EV)!

Saat ini, Maps bekerja sama dengan berbagai pembuat mobil elektrik, termasuk Ford dan BMW. Jangan khawatir, seiring waktu, akan semakin banyak merek mobil elektrik yang akan dimasukkan.

Takut baterai mobil elektrikmu mati di tengah jalan? Jangan khawatir! Maps membantumu memperhitungkan daya terkini di mobil elektrikmu. Lalu, setelah memperhitungkan jarak rute dan berbagai faktor seperti jalan menanjak dan cuaca, Maps akan menunjukkan perhentian di mana kamu dapat mengisi daya mobil elektrikmu!

Maps juga akan menyocokkan perhentian untuk isi daya dengan tipe mobil elektrikmu agar kamu berhenti di lokasi pengisian daya yang kompatibel!

Untuk meningkatkan kualitas udara dan mengurangi kemacetan, Maps menambahkan legenda kemacetan dan zona hijau. Jika kamu berkendara di Tiongkok, kamu dapat memasukkan nomor plat mobilmu agar kamu tahu saat yang tepat untuk berkendara tanpa takut macet.

4. Pembaruan di bagian Translate, bisa interpreting hingga 11 pasangan bahasa

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Yael Garden, Direktur divisi Siri Data Science & Engineering Apple, memaparkan bahwa Siri dapat digunakan untuk berinteraksi dengan khalayak mancanegara.

"Kami yakin pengguna Apple tak hanya ingin menerjemahkan frasa saja, melainkan juga percakapan. Dan, kami percaya percakapan antar dua bahasa harus terasa natural, mudah, dan terjaga kerahasiaannya. Oleh karena itu, kami memperkenalkan aplikasi 'Translate'," kata Garden.

Didesain sebagai aplikasi penerjemah terbaik untuk percakapan, Translate bisa digunakan secara luring.

Dengan menggunakan pembelajaran mesin (machine learning) dan Neural Engine milik Apple, kamu bisa menerjemahkan percakapan dan teks hingga ke 11 pasangan bahasa baru! Di 2020 dan dengan iOS 14, Siri menargetkan dukungan penerjemahan untuk lebih banyak pasangan bahasa.

Tinggal ketuk ikon "Mikrofon", katakan kalimatmu, dan Translate akan secara otomatis dan andal.

Putar iPhone atau iPod-mu, dan tampilannya akan berubah menjadi "Conversation Mode", mode sisi-ke-sisi agar lawan bicaramu juga dapat mengerti perkataanmu. Lebih interaktif, "Mikrofon" pada Translate secara cerdas mendeteksi bahasa dan menampilkan terjemahannya sesuai sisi yang diperlukan.

5. Pembaruan di bagian Siri, 20x lebih pintar dari tiga tahun lalu

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyayoutube.com

Kata kunci untuk Siri pada iOS 14 aalah "konteks". Asisten virtual buatan Apple ini telah menjadi salah satu bagian penting pada produk Apple. Dengan desain yang diperbarui, Siri menjadi semakin cerdas!

Akan tetapi, Federighi menunjukkan kelemahan Siri, yaitu saat mengaksesnya, seluruh layar tertutup oleh Siri, mengaburkan konteks.

"Tahun ini, kami benar-benar mendesain ulang pengalaman menggunakan Siri," ujar Federighi.

Dengan desain yang lebih kecil, Siri muncul di bawah layar dan mengeksekusi perintah tanpa kendala. Misalkan, kamu memerintahkan Siri untuk membuka Safari, maka ikon Siri akan muncul di bawah layar dan langsung membuka Safari. Lalu, kamu meminta Siri menampilkan cuaca hari ini? Cuaca muncul di atas layar.

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Garden memaparkan bahwa Siri menjadi semakin "cerdas" dan lebih berguna. Tiap bulannya, Siri mendapatkan banyak perintah, hingga 25 miliar!

"Siri membantumu hingga di hal-hal terkecil, seperti memutar berita pagi, memesan kopi, mengarahkan jalan, mengatur alarm sebelum tidur, dan kegunaan lainnya," papar Garden.

Selanjutnya, Garden memaparkan bahwa Siri memasok fakta 20 kali lebih banyak dibandingkan tiga tahun yang lalu, berkat pencarian web yang lebih mutakhir. Kamu sekarang bisa menanyakan hal-hal yang berbau ilmiah hingga konyol pada Siri, dan kamu akan mendapatkan jawabannya! Jadi, Siri bisa menjadi guru virtualmu.

Tanganmu terlalu sibuk untuk mengetik? Siri dapat membantumu merekam pesan suara atau mendikte suaramu ke bentuk teks secara akurat. Teknologi pendiktean pada iOS 14 menggunakan sistem pengenal suara yang sama dengan Siri, sehingga proses mendikte suara ke teks menjadi lebih akurat.

"Memanfaatkan Neural Engine, iOS mampu menjalankan Neural Dictation, sehingga proses mendikte suara ke teks lebih akurat dan terjaga privasinya," ujar Garden.

Baca Juga: 7 Keunggulan Utama iOS dibandingkan dengan Android, Setuju?

6. Pembaruan di bagian Home App, membuat rumah semakin pintar dengan iOS 14

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Dengan iOS 14, kamu juga dapat membuat rumahmu lebih pintar, hanya berbekal iPhone dan iPod. Tentu saja, untuk fitur ini, pastikan rumahmu juga sudah "smart".

Unduh HomeKit, dan aplikasi Home di iOS 14 akan segera membuat rumahmu cerdas. Kamu bisa mengatur rumahmu agar lebih efisien dalam hal waktu dan energi. Dengan Adaptive Lighting pada HomeKit, kamu bisa mengatur kapan lampu menyala dan mati.

Demi keamanan, Home juga memiliki sistem pengenal wajah yang dapat ditempelkan ke kamera pada bel pintu atau kamera CCTV. Dengan begitu, kamu dapat memasukkan wajah siapa saja yang dapat kamu izinkan masuk. Yang tidak dikenali? Jangan harap!

Status visual baru di aplikasi Home memprioritaskan aksesori yang paling membutuhkan perhatianmu dan memudahkanmu untuk mengontrolnya.

7. Car Key & CarPlay, membuka mobil tanpa kunci dengan iOS 14

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyayoutube.com

Untuk berkendara secara aman dan menggunakan aplikasi Apple lebih cerdas di mobilmu, iOS 14 memperkenalkan CarPlay. Di AS sendiri, Federighi memaparkan 97% pengguna Apple sudah akrab dengan CarPlay; dengan kata lain, setiap mobil baru di AS sudah mendukung CarPlay. Sedangkan, di seluruh dunia, baru 80%.

Jadi apakah fitur yang ditawarkan CarPlay? Federighi menunjukkan wallpaper baru dan kategori bantuan baru untuk CarPlay, yaitu parkir, pengisian daya EV, dan bantuan pemesanan makanan secara kilat.

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyayoutube.com

Selain CarPlay, iOS 14 juga menunjukkan "hubungan baru antar pengguna Apple dengan mobilnya" yaitu dengan merilis fitur Car Keys, kunci mobil. Agar terbiasa, Federighi mengatakan bahwa Car Keys juga akan tersedia di iOS 13.

Emily Schubert, Manajer Senior Car Experience Engineering Apple, mengatakan dengan Car Keys, kamu bisa berpamitan dengan kunci mobilmu di rumah dan menyalakan mobilmu dengan iPhone atau iPod.

Memanfaatkan fitur Near-Field Communication (NFC), kamu tinggal mengusap iPhone atau iPod di gagang pintu mobilmu, dan voila, pintu tak terkunci. Untuk memperkenalkan fitur Car Keys, Schubert mendemonstrasikannya bersama mobil BMW 5 Series 2021.

Car Keys juga tidak kalah dalam soal keamanan dan pencegahan kecelakaan. Jika (amit-amit) iPhone atau iPod-mu dicuri orang, maka kamu dapat mematikan Car Keys dari jarak jauh lewat iCloud. Kamu ingin berbagi kunci dengan orang lain? Lebih mudah dengan Messages.

Untuk mencegah pengendara di bawah umum dan kecelakaan, kamu dapat menetapkan profil pengendara terbatas.

8. Pembaruan di bagian App Store, App Clip untuk mengunduh aplikasi secara spontan

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal RilisnyaDokumentasi Apple

Khawatir harus repot membuka App Store untuk mengunduh aplikasi yang kamu perlu? Tak perlu khawatir. Dengan App Clip, kamu bisa mengunduh aplikasi yang kamu perlukan tanpa perlu membuka App Store yaitu dengan memindai kode App Clip, kode buatan Apple yang menggabungkan kode visual dan NFC.

Untuk para pebisnis, App Clip adalah alternatif paling mutakhir jika perusahaan mereka memiliki aplikasi mandiri!

"App Clip adalah cara untuk tahu potensi penuh yang ditawarkan App Store," ujar Federighi.

Kamu ingin menyewa scooter elektrik tetapi tidak memiliki aplikasinya? Sentuh dengan iPhone atau iPod-mu, dan App Clip akan menunjukkan aplikasi yang tepat. Untuk membayar, kamu dapat menggunakan opsi Apple Pay, tanpa repot memasukkan kartu kreditmu. Tak bisa masuk? Masuk secara otomatis dengan "Sign in with Apple".

Tak hanya di waktu nyata, App Clip dapat diluncurkan via situs web, dari Messages, atau Maps. Ingin membayar parkir tapi tak punya aplikasinya? Gunakan App Clip, yang akan melacak lewat NFC atau kode QR!

9. Fitur iOS 14 lainnya

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyacnet.com

Selain fitur-fitur di atas, iOS 14 memasok fitur-fitur berikut:

  • Pergantian koneksi perangkat yang lebih cepat dan kualitas audio yang lebih baik untuk AirPods dan AirPods Pro.
  • Fitur "Find My" tidak hanya terbatas untuk iPhone atau iPod, melainkan juga benda-benda penting lainnya.
  • Safari menawarkan fitur Privacy Report demi keamanan berselancar di internet dan mengurangi kemungkinan peretasan.
  • Fitur Health pada iOS 14 memantau pola tidur dan kesehatan pendengaran dengan Health Checklist baru yang mencakup Emergency SOS, Medical ID, EKG, Fall Detection, serta aspek kesehatan lainnya.
  • Fitur Headphone Accommodations pada opsi Aksesibilitas iOS 14 memperkuat suara saat menyetel audio untuk musik, film, panggilan telepon, dan siniar (podcast) agar terdengar lebih jernih nan jelas, serta mendeteksi bahasa isyarat di Group FaceTime.
  • VoiceOver, pembaca layar terkemuka untuk komunitas tunanetra, sekarang secara otomatis mengenali apa yang ditampilkan secara visual di layar, sehingga lebih banyak aplikasi dan pengalaman web dapat diakses oleh lebih banyak kaum tunanetra.
  • Aplikasi dan widget Weather pada iOS 14 selalu diperbarui tentang peristiwa cuaca buruk dan saat diperkirakan akan hujan, Weather akan memutakhirkan data dan menampilkan bagan curah hujan baru yang menunjukkan curah hujan per menit.

10. Gawai Apple yang bisa dimutakhirkan ke iOS 14

WWDC 2020: 10 Fitur Baru iOS 14 dan Jadwal Rilisnyaphonearena.com

Melihat fitur-fitur di atas, apakah kamu siap untuk memutakhirkan iOS di iPhone dan iPod-mu ke iOS 14? Jika iya, pastikan kamu memiliki iPhone dan iPod berikut:

  • iPhone 11,
  • iPhone 11 Pro,
  • iPhone 11 Pro Max,
  • iPhone XS,
  • iPhone XS Max,
  • iPhone XR,
  • iPhone X,
  • iPhone 8,
  • iPhone 8 Plus,
  • iPhone 7,
  • iPhone 7 Plus,
  • iPhone 6s,
  • iPhone 6s Plus,
  • iPhone SE Gen. 1,
  • iPhone SE Gen. 2, dan
  • iPod touch Gen. 7.

Itulah fitur-fitur iOS 14 yang dapat kamu antisipasi untuk memutakhirkan iPhone dan iPod-mu. Apple menjadwalkan peluncuran iOS 14 di musim gugur tahun 2020, yaitu Juni ini! iOS 14 sudah dapat diakses secara umum dalam versi beta mulai Selasa (23/6).

iOS 14 kemungkinan besar akan diluncurkan secara global pada Juli untuk perangkat Apple di atas. Tunggu tanggal mainnya!

Baca Juga: Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya