Comscore Tracker

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5

Mulai dari spesifikasi utama hingga harga

Repulic of Gamers atau yang biasa disingkat ROG merupakan lini produk khusus gaming dari ASUS yang popularitas dan kualitas dari tiap produknya tidak perlu diragukan lagi. Setelah merilis banyak PC, laptop hingga perangkat peripheral gaming, pada tahun 2018, ASUS merilis ROG Phone untuk menyaingi HP gaming lain seperti Nubia Red Magic, Xiaomi Black Shark dan Razer Phone.

Nah di tahun 2021 ini, anggota baru dari seri HP gaming super tangguh itu dirilis dan bernama ASUS ROG Phone 5. Bagi kamu yang mungkin tertarik dengan ROG Phone 5, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui darinya.

1. Spesifikasi utama

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5cnet.com

Sebagai HP gaming dengan performa sebagai nilai jual utama, tak heran jika ROG Phone 5 punya spesifikasi yang terbilang “gila”. Chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888 dipercaya sebagai dapur pacu utama HP ini, dibantu oleh RAM 8/16GB, penyimpanan 128/256GB dan baterai 6,000mAh.

Selain spesifikasi, layar juga jadi aspek penting dari HP premium semacam ROG Phone 5. HP yang satu ini dibekali dengan layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi FHD+, refresh rate 144Hz, response time 1ms, dukungan HDR10+ dan juga dilapisi oleh Gorilla Glass Victus untuk proteksi tambahan.

2. Kualitas kamera

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5techadvisor.com

Sistem kamera ROG Phone 5 pada dasarnya sama seperti pendahulunya di mana kamu akan mendapati kamera utama 64MP, yang ditemani oleh ultra-wide 13MP dan macro 5MP. Untuk bagian depan, kamera 24MP dipercaya sebagai kamera selfie satu-satunya.

Oleh banyak reviewer, kamera ROG Phone 5 dianggap punya kualitas warna yang akurat di samping dynamic range yang baik. Satu-satunya yang kurang dari ROG Phone 5 mungkin hanyalah lensa telephoto untuk zoom yang tidak pecah. Di luar itu, ROG Phone 5 mampu menghasilkan kualitas foto layaknya HP flagship populer lainnya.

3. Daya tahan baterai

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5nextpit.com

Baterai 6,000mAh yang diusung ROG Phone 5 merupakan kombinasi dari dua baterai berkapasitas 3,000mAh. Angka itu mungkin cukup besar, namun masih akan terasa kurang apabila digunakan untuk bermain game di refresh rate 144Hz yang notabene sangat menguras daya baterai.

Namun tenang, jika baterai cepat habis sekalipun, proses pengisian daya kembali tidak akan memakan waktu lama. Sebab, ROG Phone 5 telah mendukung fast-charging 65W via USB-C yang diklaim mampu mengisi daya baterai dari 0 persen hingga 100 persen dalam waktu kurang dari satu jam.

Baca Juga: 7 Tips Meningkatkan Performa Gaming Mobile, Anti Ngelag

4. Perbedaan dibanding ROG Phone 3

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5theverge.com

Pendahulu dari ROG Phone 5 adalah ROG Phone 3 dan keduanya punya sejumlah perbedaan. Beberapa yang paling signifikan adalah chipset, desain keseluruhan dan dukungan pengisian daya kabel. Lalu, Air Trigger untuk gaming pada ROG Phone 5 juga ditingkatkan dengan akurasi yang lebih baik di samping headphone jack yang akhirnya kembali setelah sebelumnya absen di ROG Phone 3.

Di luar beberapa hal itu, spesifikasi atau fitur inti dari kedua HP tak jauh berbeda. Sama seperti ROG Phone 3, ROG Phone 5 juga belum memiliki fitur seperti wireless charging, rating IP dan dukungan untuk memperluas penyimpanan internal.

5. Harga

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5androidauthority.com

Dengan cukup banyak fitur dan spesifikasi baru dibanding pendahulunya, ASUS mematok harga yang cukup tinggi namun masuk akal untuk ROG Phone 5. HP gaming ini tersedia dalam tiga varian RAM dan penyimpanan internal yaitu 8GB/128GB, 12GB/256GB dan 16GB/256GB.

Untuk varian paling rendah dibanderol di harga kisaran Rp13,5 juta, sementara varian tengah dan tertinggi masing-masing punya harga Rp15,2 juta dan Rp16,9 juta. Harga yang dipatok mungkin lumayan tinggi namun masuk akal mengingat nama besar dari ROG itu sendiri.

6. Software

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5techadvisor.com

ROG Phone 5 cukup menarik karena tidak hanya menawarkan satu skin atau UI saja, namun dua. HP yang menjalankan Android 11 punya dua skin yaitu ROG UI dan Zen UI. ROG UI merupakan UI dengan tampilan agresif layaknya desain body dari HP ini, yang punya banyak aksen lampu neon yang dipadukan dengan gaya desain futuristik.

Zen UI di sisi lain, merupakan UI default dari HP ASUS terutama seri ZenFone yang jauh lebih sederhana dan tidak terlihat gaming. Saking simpelnya, Zen UI punya tampilan yang tidak jauh berbeda dari Android stock yang ada pada HP-HP Google Pixel.

7. Layak dibeli?

7 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Beli ASUS ROG Phone 5ign.com

Jika kamu mencari HP yang dikhususkan untuk kebutuhan bermain game, maka ROG Phone 5 menjadi HP yang wajib kamu pinang. Chipset kelas atas, layar 144Hz, audio sejernih kristal dan segudang fitur gaming bawaan, ROG Phone 5 mungkin merupakan HP gaming terbaik di pasaran saat ini.

Sekalipun tidak digunakan untuk bermain game, ROG Phone 5 juga masih cocok digunakan sebagai daily driver untuk melakukan hal-hal lain seperti menonton Netflix, multitasking, memotret pemandangan dan banyak lagi. Plus, seperti yang sudah disebut sebelumnya, ini punya dua UI yang salah satunya cocok untuk penggunaan non-gaming.

Itulah tadi ulasan mengenai apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum membeli ASUS ROG Phone 5. Setelah membaca ulasan di atas, apa kamu makin tertarik untuk membelinya?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Memilih Smartphone Gaming 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya