Comscore Tracker

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3

Nomor 5 paling penting

Samsung Galaxy Z Fold 2 merupakan contoh sempurna dari bagaimana kegagalan di generasi pertama diperbaiki dan dipoles menjadi lebih baik lagi di penerusnya. HP lipat yang dirilis pada akhir tahun 2020 itu menghadirkan banyak peningkatan dibanding pendahulunya seperti kaca ultra tipis untuk durabilitas lebih tinggi, engsel lebih baik dan layar lebih besar.

Suksesornya yaitu Galaxy Z Fold 3 dikabarkan akan dirilis tahun ini dan banyak hal yang penggemar inginkan untuk hadir di generasi ketiga dari seri Galaxy Z Fold itu. Berikut beberapa di antaranya.

1. Layar utama yang lebih tangguh

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3cnet.com

Samsung telah memperkenalkan Ultra Thin Glass (UTG) ke Galaxy Z Fold 2, yang memberi durabilitas lebih baik meski layarnya masih memiliki lapisan plastik di atasnya. Dengan Galaxy Z Fold 2 yang mendapat peningkatan di sisi itu, menarik untuk melihat apakah Galaxy Z Fold 3 akan mendapatkan peningkatan serupa.

Terlebih, perusahaan seperti Corning saat ini juga diketahui sedang mengembangkan Gorilla Glass untuk HP lipat. Kalaupun tidak menggunakan proteksi dari Corning, layar yang aman dari goresan kuku jari untuk Galaxy Z Fold 3 juga sudah lebih dari cukup.

2. Dukungan S Pen

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3thenextweb.com

Dengan layar berukuran besar layaknya tablet, tidak mengherankan apabila banyak yang menginginkan seri Galaxy Z Fold untuk bisa mendukung S Pen. Kabar baiknya, laporan terbaru dari Korea Selatan menyebut bahwa Samsung telah menemukan cara untuk membuat S Pen berfungsi pada Galaxy Z Fold 3 tanpa merusak panel atau layar. Dan dengan eksekutif Samsung yang mengonfirmasi bahwa seri Galaxy Note terbaru akan absen tahun ini, tidak menutup kemungkinan apabila Galaxy Z Fold 3 akan mengisi slot kosong itu sembari menghadirkan dukungan S Pen.

3. Desain lebih ramping

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3androidauthority.com

Salah satu masalah utama dari Galaxy Z Fold 2 adalah bentuknya yang ‘gemuk’ dan cukup berat. Galaxy Z Fold 2 punya bobot hampir 300g alias jauh lebih berat dari HP-HP terbesar di pasaran saat ini seperti Galaxy S21 Ultra, Xiaomi Mi 11 Ultra dan ASUS ROG Phone 5.

Dapat dimengerti bahwa kompleksitas pengembangan dan adanya dua layar jadi alasan utama, namun tetap itu sangat berat terutama jika digunakan sebagai daily driver. Karenanya, akan sangat diapresiasi apabila Samsung menemukan solusi dari masalah itu dan mengaplikasikannya untuk membuat Galaxy Z Fold 3 jadi lebih ramping dan ringan.

Baca Juga: Rekomendasi 7 HP Murah Terbaik dari Samsung di 2021

4. Fitur tahan air

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3engadget.com

HP lipat merupakan perangkat yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan HP pada umumnya dan karenanya, memberi fitur seperti tahan air jadi tantangan tersendiri. Akan tetapi, jika ada cara untuk menghadirkan, akan menarik untuk melihat fitur semacam itu hadir di Galaxy Z Fold 3.

Rating IP67 atau IP68 mungkin terlalu berlebihan sehingga sudah lebih dari cukup apabila Samsung hanya membuat desain splash-resistant atau anti cipratan air saja. Terlebih, Motorola Razr 5G yang juga HP lipat, telah membawa lapisan anti air ke dalam body-nya.

5. Harga lebih murah

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3cnet.com

Dengan desain yang anti-mainstream atau bisa dibilang futuristik, tidak mengherankan apabila Samsung mematok harga tinggi untuk Galaxy Z Fold 2 yang rilis tahun lalu. Pabrikan asal Korea Selatan itu membanderol Galaxy Z Fold 2 seharga US$2,000 atau sekitar Rp28,6 juta, menjadikannya salah satu HP paling mewah sekaligus termahal di pasaran. Harga tinggi semacam itu sebenarnya jadi salah satu kekurangan seri Galaxy Z Fold dan Samsung diharapkan untuk bisa memangkas harga Galaxy Z Fold 3 nantinya menjadi lebih murah lagi agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

6. Varian dengan harga terjangkau

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3androidauthority.com

Selain memberi label harga lebih murah, Samsung juga bisa menerapkan alternatif lain yaitu dengan cara membuat varian dengan harga terjangkau dari Galaxy Z Fold 3. Samsung sendiri tidak asing dengan varian terjangkau mengingat beberapa flagship mereka sempat memiliki varian ‘e’ atau ‘Lite’ yang hadir dengan harga lebih murah. Untuk Galaxy Z Fold 3 nantinya, Samsung bisa mengurangi beberapa bagian seperti RAM (12GB menjadi 8GB saja), kamera (menggunakan sensor lebih murah atau menghapus lensa telephoto) atau body (menggunakan plastik alih-alih kaca di body belakang).

7. Refresh rate tinggi di kedua layar

7 Hal yang Diharapkan Netizen di Samsung Galaxy Z Fold 3sammobile.com

Refresh rate tinggi jadi fitur yang kini umum di industri smartphone di mana banyak HP terjangkau yang mulai menawarkan layar dengan refresh rate 90Hz hingga 120Hz. Refresh rate tinggi sendiri memungkinkan scrolling dan animasi gerakan menjadi lebih mulus.

Galaxy Z Fold 2 tahun lalu menghadirkan refresh rate 120Hz pada layar utamanya, namun tidak untuk layar keduanya. Bagi beberapa orang, langkah yang dilakukan Samsung terbilang aneh dan oleh karena itu, banyak yang berharap jika Galaxy Z Fold 3 nantinya akan punya refresh rate tinggi di kedua layar.

Itulah tadi ulasan mengenai apa saja yang diinginkan untuk hadir di Samsung Galaxy Z Fold 3. Untuk kamu sendiri, fitur atau hal apa yang ingin kamu lihat di HP dengan desain keren itu? 

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Spesifikasi Setara Samsung Galaxy M42 5G

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya