Comscore Tracker

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!

Memiliki sejumlah perbedaan signifikan, terutama desain

Bersama dengan sejumlah smartphone baru yang kehadirannya telah diantisipasi seperti Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3, Samsung pada acara Galaxy Unpacked Agustus 2021 lalu juga mengumumkan dua smartwatch baru. Dua smartwatch baru itu adalah Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic, yang masing-masing ditargetkan untuk menjadi suksesor Galaxy Watch Active 2 dan Galaxy Watch 3.

Meski sama-sama merupakan jam tangan pintar, keduanya punya beberapa perbedaan baik dari segi desain, harga dan juga fitur. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Spesifikasi

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!Exynos W920 (sammobile.com)

Pertama adalah spesifikasi yang secara garis besar sangat identik. Baik Samsung Galaxy Watch 4 maupun Galaxy Watch 4 Classic, keduanya sama-sama ditenagai oleh chipset Exynos W920 dengan fabrikasi 5nm bersama dengan RAM 1,5GB dan penyimpanan internal 16GB.

Keduanya juga tersedia dalam versi Bluetooth-only dan LTE. Untuk baterai, model 44mm pada Galaxy Watch 4 dan 46mm pada Galaxy Watch 4 Classic punya baterai 361mAh, sementara model 40mm pada Galaxy Watch 4 dan 42mm pada Galaxy Watch 4 Classic punya baterai 247mAh. Semuanya diklaim bisa bertahan hingga 40 jam.

2. Desain

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!Samsung Galaxy Watch 4 (trustedreviews.com)

Sementara spesifikasi Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic, untuk sektor desain, keduanya punya cukup banyak perbedaan. Galaxy Watch 4 lebih mirip Galaxy Watch Active dengan desain yang lebih sporty dan body aluminium.

Sementara Galaxy Watch 4 Classic, lebih mirip dengan Galaxy Watch 3 dengan body stainless steel dan bezel yang bisa dirotasi untuk alat navigasi. Meskipun begitu, keduanya sama-sama memiliki durabilitas MIL-STD 810G dan rating 5ATM + IP68 untuk tahan air/debu. Selain itu, keduanya hadir dengan beragam pilihan jenis strap yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

3. Layar

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!Samsung Galaxy Watch 4 Classic (digitaltrends.com)

Galaxy Watch 4 punya dua model yaitu 40mm dan 44mm yang masing-masing hadir dengan layar Super AMOLED 1,2 inci dengan resolusi 396 x 396 dan Super AMOLED 1,4 inci dengan resolusi 450 x 450. Untuk Galaxy Watch 4 Classic, terdapat layar Super AMOLED 1,19 inci dengan resolusi 396 x 396 di model 42mm dan Super AMOLED 1,4 inci dengan resolusi 450 x 450. Untuk fitur, layar keduanya telah diproteksi dengan Gorilla Glass DX yang anti pantulan dan tahan goresan, serta always-on display seperti pada kebanyakan HP Samsung dengan panel Super AMOLED.

Baca Juga: 7 Smartwatch Terbaik dengan Baterai Paling Tahan Lama 2021

4. Software

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!Samsung Galaxy Watch 4 UI (tomsguide.com)

Beralih ke software atau sistem operasi, Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic berjalan di One UI Watch 3 berbasis Wear OS 3. Sedikit info, Wear OS 3 merupakan sistem operasi untuk perangkat wearable hasil kerja sama Google dan Samsung.

Fitur-fiturnya meliputi dukungan untuk Google Maps via kompas bawaan yang tertanam, dan kompabilitas untuk beragam aplikasi pihak ketiga seperti Spotify, Adidas Running, Strava dan Calm. Secara keseluruhan, kualitas atau software experience yang ditawarkan jauh lebih baik daripada Galaxy Watch sebelumnya.

5. Fitur

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!Salah satu fitur Samsung Galaxy 4 Classic (tomsguide.com)

Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic sama-sama dilengkapi dengan sensor BioActive serupa yang menawarkan kelengkapan fitur yang sama seperti dukungan untuk merekam detak jantung, tekanan darah, oksigen dalam darah, komposisi dalam tubuh dan banyak lagi. Untuk fitur kesehatan, keduanya terbilang punya fitur yang sangat lengkap.

Selain itu, keduanya juga menawarkan GPS bawaan, fitur pelacakan olahraga dan pelacakan kualitas tidur. Terakhir, Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 juga dibekali dengan NFC untuk fitur pembayaran digital seperti Samsung Pay.

6. Harga

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!ilustrasi uang (unsplash.com/@jpvalery)

Sama seperti kebanyakan produk Samsung, Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic juga dijual resmi di Indonesia. Untuk harganya, Galaxy Watch 4 dibanderol di harga Rp2,9 juta untuk model 40mm dengan pilihan warna Black serta Pink Gold, dan Rp3,4 juta untuk model 44mm dengan pilihan warna Black, Silver serta Green.

Sementara untuk Galaxy Watch 4 Classic, smartwatch dengan desain klasik itu dijual di harga Rp4,4 juta untuk model 42mm dengan Bluetooth, Rp4,9 untuk model 46mm dengan Bluetooth dan Rp5,9 juta untuk model 46mm dengan LTE. Untuk varian warna ada Black dan Silver di versi Bluetooth dan Black saja di versi LTE.

7. Mana yang lebih layak dipilih?

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan 4 Classic, Ketahui Sebelum Beli!Samsung Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic (tomsguide.com)

Ketika berbicara mengenai mana yang lebih layak dipilih, keduanya sebenarnya merupakan smartwatch yang bagus. Semua kembali ke preferensi desain dan juga budget. Galaxy Watch 4 cocok untuk mereka yang suka desain minimalis, namun tetap kaya akan fitur di samping harga terjangkau.

Sementara Galaxy Watch 4 Classic lebih diperuntukkan penggemar smartwatch Samsung yang suka dengan bezel yang bisa dirotasi dan desain yang lebih memikat. Meski memang lebih mahal, Galaxy Watch 4 Classic setidaknya tidak semahal Apple Watch Series 6.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 dan Galaxy Watch 4 Classic yang wajib diketahui sebelum membelinya. Dari dua smartwatch tersebut, mana yang paling membuat kamu jatuh hati?

Baca Juga: 7 Smartwatch Terbaik 2021 dengan Harga di Bawah Rp600 Ribu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya