Comscore Tracker

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021

Mulai dari untuk pemula hingga atlit profesional

Smartwatch merupakan jam tangan pintar yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang membuatnya bisa digunakan sebagai alternatif HP ketika dibutuhkan. Selain itu, kebanyakan smartwatch saat ini juga dirancang agar bisa memenuhi aktivitas olahraga pengguna, salah satunya lari atau jogging.

Di luar sana, ada cukup banyak smartwatch menarik yang cocok untuk pencinta olahraga lari yang dibekali dengan sejumlah fitur keren seperti peta offline, monitor detak jantung dan banyak lagi. Berikut 7 di antaranya yang direkomendasikan.

1. Garmin Forerunner 945

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021tomsguide.com

Garmin Forerunner 945 jadi salah satu smartwatch terbaik di 2021 yang mengemas beragam fitur yang dibutuhkan oleh mereka yang gemar berolahraga lari. Ini memiliki fitur pelacak lokasi dan biometrik yang akurat di samping beberapa alat latihan tambahan.

Beberapa yang terbaik adalah monitor Training Load yang dapat mengukur hasil latihan pengguna dalam 7 hari terakhir dan Body Battery untuk membantu latihan lari seefektif itu. Terakhir, ini juga punya fitur peta full-color atau penuh warna dan segudang dukungan kustomisasi untuk dilakukan.

2. Garmin Forerunner 245 Music

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021tomsguide.com

Garmin Forerunner 245 Music merupakan smartwatch ringan yang dibekali dengan semua yang dibutuhkan oleh jam tangan lari seperti fitur pelacakan akurat, kemampuan untuk kontrol lagu dan dukungan untuk membuat latihan kustom. Smartwatch ini juga menawarkan akses ke banyak fitur latihan buatan Garmin, yang tidak hanya dapat membantu membuat rencana latihan namun juga waktu recovery.

Layar Forerunner 245 Music juga punya layar yang mudah untuk dibaca, meski dalam kondisi luar ruangan. Satu-satunya yang kurang dari ini mungkin kurangnya ekosistem aplikasi pihak ketiga.

3. Fitbit Sense

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021nextpit.com

Sementara smartwatch ini tidak memiliki fitur panggilan telepon seperti Samsung Galaxy Watch 3 dan Apple Watch Series 6, Fitbit Sense menawarkan fitur latihan kesehatan yang lebih baik. Di samping itu, Sense juga memiliki fitur pembaca temperatur kulit dan EDA – yang tidak bisa ditemukan di smartwatch lain – dan sensor ECG yang telah disetujui FDA.

Lalu, ada pula dukungan untuk melihat video latihan yang eksklusif untuk pengguna Fitbit. Daya tahan baterai HP ini juga lebih baik jika dibandingkan dengan smartwatch dari Apple dan Samsung.

Baca Juga: 7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaan

4. Polar Vantage V2

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021getdesfit.com

Latihan yang berlebihan jadi salah satu penyebab cedera ketika berolahraga lari namun lewat berbagai fitur yang diusungnya, Polar Vantage V2 dapat membantu pengguna untuk melakukan recovery maksimal pasca cedera. Setelah berlari, pengguna bisa memanfaatkan fitur Leg Recovery Test untuk melihat berapa waktu istirahat yang dibutuhkan sebelum kembali berlari.

Smartwatch mungkin punya fitur recovery serupa, namun tidak spesifik seperti Vantage V2. Selain itu, ini juga memiliki fitur Nightly Recharge untuk membantu mendapat kualitas tidur terbaik ketika sedang pemulihan.

5. Amazfit T-Rex

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021techradar.com

Jika desain gemuk tidak jadi masalah dan yang paling utama dibutuhkan adalah murah namun tahan banting, maka Amazfit T-Rex jadi opsi terbaik untuk dipilih. Ini hadir dengan layar AMOLED yang terbilang langka untuk harganya.

Layarnya akan otomatis terkunci ketika pengguna mulai berolahraga dan pengguna dapat melakukan navigasi via tombol yang ada agar tidak ribet menyentuh layar ketika berkeringat. Di samping itu, ini juga menyediakan metrik seperti ketinggian dan kompas ketika berlari, yang mana itu juga langka untuk smartwatch di harganya.

6. Garmin Vivoactive 4

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021expertreviews.co.uk

Tidak hanya bisa untuk bergaya lewat desainnya yang keren, Garmin Vivoactive 4 juga memiliki banyak fitur canggih dan cocok untuk mereka yang suka berolahraga lari. Sama seperti banyak smartwatch di daftar ini – terutama dari Garmin – Vivoactive 4 juga dibekali dengan monitor detak jantung, GPS, dukungan multi-olahraga dan fitur streaming lagu untuk Deezer dan Spotify.

Untuk baterai, Vivoactive 4 bisa bertahan selama 4-5 hari untuk penggunaan normal atau 18 jam dalam kondisi latihan dengan GPS selalu menyala. Ini direkomendasikan.

7. Apple Watch 6

7 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Lari di 2021hodinkee.com

Apple Watch 6 mungkin tidak punya fitur latihan selengkap yang lain di daftar ini, namun ini punya beberapa fitur olahraga yang pas untuk mereka yang berlari hanya untuk senang-senang dan bukan kompetisi. Untuk urusan fitur, Watch 6 tidak jauh berbeda dengan Watch 5, namun fitur pelacakan Sp02 barunya menarik untuk yang gemar berlari.

Selain itu, layar smartwatch ini juga telah mendukung always-on display sehingga pengguna bisa melihat statistik latihan mereka tanpa perlu mengetuk layar. Plus, ini juga punya fitur monitor detak jantung yang akurat dan dukungan aplikasi pihak ketiga seperti Strava.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi smartwatch terbaik untuk olahraga lari di 2021. Tertarik dengan salah satu smartwatch di atas?

Baca Juga: 7 Smartwatch Garmin Terbaik 2021, Cocok untuk Pencinta Olahraga

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya