Comscore Tracker

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021

Ditunggu-tunggu oleh para penggemar

Terlepas dari pandemi yang kini sedang melanda dunia, industri smartphone tidak serta merta berhenti melahirkan produk terbaiknya. Di kelas flagship, beberapa brand besar seperti Samsung dan OnePlus, telah merilis HP andalan mereka seperti Galaxy S20 Series, OnePlus 8 Series dan Galaxy Note 20 Series.

Ketiganya merupakan beberapa dari banyaknya HP flagship yang telah dirilis tahun ini. Dengan sisa sekitar empat bulan sebelum peralihan tahun, industri smartphone masih punya beberapa HP flagship unggulan untuk dirilis ke pasaran. Berikut 7 di antaranya.

1. Sony Xperia 5 II

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021gizmochina.com

Sementara Sony Xperia 1 II membawa cukup banyak kejutan, Xperia 5 II diharapkan untuk mengusung spesifikasi dan fitur yang tidak banyak berbeda. Bocoran info terkait Xperia 5 II telah muncul ke permukaan internet, dengan menyebut bahwa penerus Xperia 5 ini akan ditenagai oleh Snapdragon 865, RAM hingga 8GB dan penyimpanan 128GB.

Layar 6,1 incinya juga diharapkan untuk hadir dengan refresh rate 120hz dan aspect ratio 21:9 yang kini telah jadi ciri khas Sony. Untuk kamera belakang, dikabarkan akan berjumlah tiga dengan masing-masing adalah kamera utama 12MP, telephoto 12MP dan ultra-wide 12MP.

2. OnePlus 8T

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021gsmarena.com

Mendekati perilisan yang kabarnya akan jatuh pada awal Oktober mendatang, lebih banyak informasi mengenai OnePlus 8T yang keluar di internet. Salah satu di antaranya adalah Android 11 Developer Preview ‘membocorkan’ bahwa 8T akan punya desain yang tidak jauh berbeda dari 8.

Rumor lainnya menyebut bahwa fitur pada 8 Pro seperti layar 120Hz, juga akan hadir di 8T, di samping laporan lain mengenai digunakannya konfigurasi empat kamera belakang. Yang terakhir, OnePlus mungkin tidak akan merilis 8T Pro, mengingat 8T telah mendapatkan semua fitur kelas atas dari 8 Pro.

3. Google Pixel 5

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021tomsguide.com

Kabar mengejutkan datang dari Google Pixel 5, yang dari bocoran render resmi Google, nampak sedikit lebih kecil dari Pixel 4a 5G. Desainnya punya juga mirip dengan kamera selfie punch-hole, bezel tipis di sekeliling layar dan sensor fingerprint belakang yang mengindikasikan bahwa Motion Sense dari Pixel 4 tidak akan kembali.

Tidak hanya itu saja, Pixel 5 juga disebut-sebut hanya akan dipersenjatai oleh chipset mid-range yaitu Snapdragon 765G, bersama dengan RAM 8GB, penyimpanan 128GB. Pixel 5 dilaporkan akan dirilis pada 25 September atau 8 Oktober mendatang.

Baca Juga: 7 HP Terjangkau dengan Kamera Setara Flagship di 2020

4. Google Pixel 4a 5G

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021gadgets.ndtv.com

Masih dari seri Pixel kebanggaan Google, Pixel 4a 5G dilaporkan akan dirilis bersamaan dengan peluncuran Pixel 5. Pixel 4a sendiri memang bukan HP flagship, namun dukungan konektivitas 5G yang diusungnya, membuatnya terasa seperti HP flagship yang mayoritas memang telah didukung dengan 5G.

Dari segi spesifikasi dan fitur, Pixel 4a 5G masih akan sama dengan Pixel 4a biasa, kecuali chipset. Pixel 4a 5G akan ditenagai oleh chipset mid-range dengan dukungan 5G yakni Snapdragon 765G, di samping RAM 6GB, penyimpanan 128GB dan baterai 3,800mAh.

5. Nokia 9.3 PureView

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021gizmochina.com

Nokia saat ini tengah mengerjakan suksesor 9 PureView tahun lalu, yang dikabarkan akan bernama 9.3 PureView. Di samping Snapdragon 865 sebagai dapur pacu utama, 9.3 PureView dikabarkan bakal jadi HP pertama yang mengadopsi sistem kamera selfie bawah layar.

Sistem canggih ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman full-screen tanpa penggunaan modul kamera pop-up. Selain kamera selfie, perubahan juga disebut akan terjadi di kamera belakang, dengan Nokia akan lebih tradisional terhadap 9.3 PureView, dengan hanya membawa tiga kamera (main/ultra-wide/telephoto) saja.

6. LG Wing

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021gamesvillage.it

2020 menjadi tahun yang baik bagi HP dengan desain mainstream. Setelah Samsung dengan Galaxy Z Fold 2-nya dan Microsoft dengan Surface Duo-nya, kini giliran LG unjuk gigi via Wing.

Pada 7 September kemarin, LG mengonfirmasi kehadiran Wing dan menyebut bahwa HP unik itu akan memiliki dua layar, dengan layar keduanya yang lebih kecil, akan muncul ketika layar utamanya diputar secara landscape. Untuk spesifikasi, LG Wing dikabarkan akan mendukung konektivitas 5G dan dipersenjatai oleh chipset mid-range sekelas flagship milik Pixel 4a 5G yaitu Snapdragon 765G.

7. Motorola Moto Razr 5G

7 HP Flagship Baru yang Akan Rilis Sebelum Tahun 2021androidpolice.com

Yang terakhir adalah Moto Razr 5G, penerus dari Moto Razr tahun lalu yang sesuainya namanya, telah didukung dengan konektivitas 5G. Motorola menyebut bahwa mereka telah mendesain ulang engsel pada entri terbaru ini, yang tahun lalu, jadi masalah Razr pertama. Razr 5G sendiri akan dibekali dengan dua layar.

Layar “quick view” 2,7 inci untuk mengakses hal-hal sederhana seperti pesan, pemutar lagu dan Google Maps, serta layar utama 6,2 inci berpanel P-OLED. Untuk memangkas harga tanpa mengorbankan banyak performa, Motorola juga dikatakan hanya akan menggunakan Snapdragon 765G pada Razr 5G.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa HP flagship baru yang akan segera rilis sebelum tahun 2021. Dari 7 HP di atas, ada HP incaran kamu?

Baca Juga: Flagship Murah, 7 HP Terbaik Alternatif Google Pixel 4a

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya