Comscore Tracker

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang Hilang

Jangan langsung putus asa!

Sekarang ini, ponsel menjadi salah satu barang yang penting dalam kehidupan kita. Dengan berkembangnya ilmu di bidang teknologi, ponsel luncuran masa kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, yang notabene mempermudah hidup kita.

Makanya, sebagian besar orang cenderung panik ketika merasa ponselnya hilang. Bukan cuma masalah harga ponselnya, tapi kehilangan ponsel berarti kehilangan seluruh data penting yang tersimpan di dalamnya.

Masalahnya ketika kita panik, pikiran kita pun cenderung tidak fokus. Jadi untuk membuat pikiranmu lebih tenang, kamu bisa lakukan solusi berikut ini. Dijamin, cara-cara ini akan membantumu menemukan kembali ponsel yang hilang.

1. Mengingat-ingat momen terakhir kamu memegang ponsel

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang Hilangcoba mengingat-ingat kembali (unsplash.com/Magnet.me)

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah menarik napas dalam. Kamu tidak akan bisa fokus mencari ponsel kalau rasa panik masih mengontrol pikiranmu. Kalau perlu, sisihkan beberapa detik waktumu untuk duduk atau bersandar sejenak.

Setelah perasaanmu tenang, coba ingat kembali kapan dan dimana kamu terakhir sempat menggunakan ponsel. Kalau masih belum ingat, cobalah untuk mengingat semua kegiatanmu secara runut. Mungkin saja cara ini membantu kamu menyusun 'puzzle' ingatanmu yang masih terpencar.

2. Coba hubungi ke nomor ponselmu

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang Hilangmenelepon nomor ponselmu (unsplash.com/Chris Moore)

Cara ini mungkin menjadi solusi paling umum yang terpikirkan orang. Harapannya, dering ponselmu akan terdengar dan kamu bisa melacak lokasi ponsel berdasarkan sumber bunyi itu. Sayangnya, cara ini tidak bisa dipakai jika ponselmu dalam keadaan mati atau deringnya tidak berbunyi (silent mode).

Kamu juga bisa mengetahui kondisi ponselmu berdasarkan pesan kotak suara yang muncul ketika menelepon nomormu. Jika ponselmu tidak dapat dihubungi sama sekali, ada kemungkinan ponselmu sudah kehabisan daya baterai, rusak, atau sudah dibongkar oleh seseorang yang mengambil ponselmu.

3. Telusuri tempat-tempat yang pernah kamu lewati

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang Hilangmenelusuri tempat yang pernah dilalui (pixabay.com/Fotorech)

Kamu bisa menelusuri kembali tempat-tempat yang pernah kamu lalui. Selain membantu kamu mengingat kembali kegiatan kamu sebelumnya, mungkin saja ponselmu masih tergeletak di tempat itu.

Jika kamu melewati tempat umum, cobalah bertanya kepada polisi atau orang yang memang berjaga di area itu. Bisa saja ada orang yang menemukan ponselmu lebih dulu dan menitipkannya. 

4. Tanyakan kepada teman atau orang terdekat

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang Hilangbertanya pada orang-orang sekitar (pexels.com/Julia Larson)

Teman atau keluargamu mungkin bisa membantu kamu mengingat-ingat kapan terakhir kamu terlihat menggunakan ponsel. Atau mungkin, ponselmu sebenarnya hanya dipindahkan lokasinya oleh saudaramu sendiri.

Kalau sempat, kamu juga bisa minta tolong mereka untuk membantu mencarikan ponselmu itu. Mencari bersama-sama tentu lebih baik daripada mencari sendiri, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Seseorang Betah Berlama-lama dengan Ponsel

5. Gunakan fitur pelacak yang ada pada sebagian jenis ponsel

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang HilangIlustrasi fitur pelacak ponsel (unsplash.com/Mael BALLAND)

Beberapa ponsel keluaran terkini sudah dilengkapi fitur pelacak sinyal ponsel. Syaratnya tentu saja fitur tersebut harus dinyalakan sebelumnya. Biasanya dalam radius tertentu, sinyal ponselmu masih bisa terlacak.

Lagi-lagi, tidak semua ponsel dilengkapi fitur secanggih itu. Kalau memang ponsel kamu tidak ada fitur tersebut, terpaksa kamu harus mencari cara lain yang lebih cocok.

6. Cari ke sela-sela ruangan yang tidak kasat mata

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang Hilangmencari ponsel hingga ke area yang 'tersembunyi'(pixabay.com/tumisu)

Mungkin juga ponsel kamu terjatuh atau tergeser dari tempat semula. Siapa tahu ponselmu sebenarnya tergeletak tidak jauh dari lokasimu, hanya saja lokasinya sedikit tersembunyi dari pandanganmu.

Contoh lokasi yang berpotensi untuk 'terselip' adalah di bawah meja, sofa, atau lemari. Pokoknya, telusuri terus sampai ke sudut-sudut ruangan yang tidak terpikirkan sebelumnya.

7. Berhenti sejenak dan cari kembali setelah pikiran lebih tenang

7 Solusi Jitu untuk Bantu Mencari Ponselmu yang Hilangmengistirahatkan pikiran sejenak (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Mungkin karena terlalu panik, pikiranmu saat itu menjadi 'mumet'. Bisa saja hal itu yang menghambatmu dalam menemukan ponselmu. Maka tidak ada salahnya untuk kamu beristirahat sejenak setelah mencari mati-matian. Selanjutnya, kamu bisa lanjut mencari ponselmu tapi dengan pikiran yang lebih tenang.

Tapi kalau memang ponselmu masih belum ditemukan juga, lambat laun kamu harus menghadapi kenyataan itu. Jadikan kejadian ini sebagai pelajaran supaya kamu tidak ceroboh lagi ke depannya

Baca Juga: 5 Etika Menggunakan Ponsel, Ternyata Sering Dilanggar!

Leonaldo Lukito Photo Verified Writer Leonaldo Lukito

Interested in Health and Medicine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya