Comscore Tracker

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!

Coba tebak cara pakainya

Rata-rata konsol resmi keluaran perusahaan game memiliki bentuk yang kurang lebih sama. Secara umum terdapat empat tombol input, empat tombol D-pad, dua joystick, dan empat shoulder button. Fungsi tombol ini juga rata-rata sama jika digunakan untuk bermain.

Namun, ada beberapa kontroler yang dibuat dengan bentuk yang berbeda. Bentuk-bentuk kontroler ini cenderung unik. Ada yang dibuat khusus untuk game atau edisi tertentu, ada juga yang dibuat dengan klaim untuk mempermudah kamu bermain. Cari tahu kontroler dengan bentuk unik di artikel ini.

1. Sega Fishing Rod

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!Sega Fishing Rod yang berbentuk seperti kail (dok. Den of Geek)

Populernya game memancing di Jepang memberikan ide bagi Sega. Mereka merilis kontroler berbentuk gagang kail untuk konsol Dreamcast. Kontroler ini memang dibuat khusus untuk memainkan game Bass Fishing.

Selain tombol dan gulungan pancing yang ada di samping, kontroler ini juga memiliki kontrol gerak. Tentunya  kontrol gerak ini akan membantu kamu untuk menarik ikan yang sudah memakan umpan. Kontrol gerak ini ternyata bisa digunakan di beberapa game lain seperti Soul Calibur, lho!

2. R.O.B.

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!R.O.B. yang bisa menemani kamu bermain (dok. Den of Geek)

Kontroler satu ini dirilis oleh Nintendo pada 1985. Nama R.O.B. sendiri merupakan singkatan dari Robotic Operating Buddy. Seperti namanya, kontroler ini ditujukan agar kamu bisa bermain game multiplayer tanpa pemain kedua. 

R.O.B. bekerja dengan memanfaatkan sinyal optik yang dikeluarkan oleh game. Sayangnya, kontroler ini kurang berhasil di pasaran. Hanya ada dua judul game yang mendukung R.O.B., yaitu Gyromite dan Stack-Up.

3. Konami LaserScope

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!Konami LaserScope yang memiliki lensa dan mikrofon (dok. Den of Geek)

Kontroler unik satu ini berbentuk seperti headset dengan tambahan lensa. Secara fungsi, kontroler ini mirip seperti pistol laser untuk game Duck Hunt. Hanya saja kontroler ini tidak dipegang melainkan kamu kenakan di kepala.

Kamu bisa menembak dengan kontroler ini melalui kontrol suara. Dengan meneriakkan "fire!", mikrofon akan mendeteksi input dan kontroler ini akan menembakkan laser ke arah layar. Tidak hanya mikrofon, kontroler ini juga bisa berfungsi sebagai headphone untuk mendengarkan musik. 

Baca Juga: Mengapa Kontroler PlayStation Itu Segitiga, Kotak, Lingkaran dan X?

4. NES Power Glove

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!NES Power Glove yang berbentuk seperti sarung tangan (dok. TheGamer)

Konsol retro memiliki berbagai macam kontroler dengan bentuk unik. Pada konsol NES, Nintendo merilis kontroler sarung tangan yang dinamakan Power Glove. Konsol ini dirilis pada 1989.

Kontroler ini memiliki input melalui gerakan tangan. Selain itu, terdapat sepuluh tombol program yang memiliki beragam fungsi. Sayangnya, kontroler ini kurang laku di pasaran karena harganya yang tergolong mahal.

5. NES Hands Free Controller

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!NES Hands Free Controller yang dipasang di dada (dok. TheGamer)

Salah satu kontroler unik buatan Nintendo. Kontroler ini dibuat agar kamu bisa bermain tanpa menggunakan tangan. Hands Free Controller dibuat bagi gamer yang memiliki kebutuhan khusus.

Kontroler ini diletakkan di dada dengan perekat velcro. Input kontroler ini tidak membutuhkan tangan, melainkan mulut untuk menekan tombol yang ada. Hands Free Controller dirilis pada 1989.

6. Tony Hawk Ride Skateboard

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!Papan skateboard ini dibuat khusus untuk game Tony Hawk: Ride (dok. TheGamer)

Kontroler unik satu ini memiliki bentuk seperti papan skateboard. Dirilis untuk game Tony Hawk: Ride, kontroler ini bisa digunakan di konsol Xbox 360, PlayStation 3, dan Nintendo Wii. Sayangnya, skateboard ini tidak memiliki roda sehingga kamu hanya bisa menggunakannya untuk bermain game saja.

Fungsi kontroler ini memiliki konsep yang sama seperti skateboard biasa. Kamu menggunakan kontroler ini dengan kaki. Sayangnya, kontroler ini kurang responsif, sehingga gamer lebih memilih menggunakan kontroler biasa.

7. Katana: The Soul

7 Kontroler Game Unik, ada Skateboard untuk Main Game!Kontroler Katana: The Soul yang dibuat untuk Onimusha 3 (dok. Den of Geek)

Kontroler unik ini dibuat untuk merayakan rilisnya Onimusha 3. Namun, rasanya kontroler berbentuk katana ini lebih cocok untuk dijadikan koleksi dibandingkan untuk bermain. Alasan utamanya adalah peletakan tombol pada kontroler ini.

Tombol-tombol yang ada diletakkan secara memanjang mengikuti bentuk sarung pedang. Selain itu, tombol input yang lain juga diletakkan secara berdekatan dan bisa saja kamu salah menekan tombol.

Kontroler-kontroler di atas memang memiliki bentuk yang unik, ya! Masih banyak kontroler yang memiliki bentuk unik lainnya, baik yang dibuat secara resmi atau buatan pihak ketiga. Kreativitas perusahaan game ini memang tiada habisnya.

Apakah kamu pernah memiliki kontroler yang berbentuk tidak biasa? Mana yang menjadi favoritmu? Bagikan tanggapan kamu melalui komentar yang ada pada kolom di bawah, ya.

Baca Juga: PlayStation dan Deretan Konsol Game yang Digandrungi pada Tahun 90-an

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya