Comscore Tracker

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaru

Kuat dan efisien

Apple resmi meluncurkan MacBook Pro baru dan produk lain melalui event-nya yang berjudul 'Unleashed' pada Selasa (19/10/2021) tengah malam 00:00 WIB. Meskipun terdapat pengumuman berbagai produk Apple, MacBook Pro teranyar tentunya disorot karena menjadi daya tarik utama dalam acara itu.

Apa yang membuat MacBook Pro terbaru menjadi istimewa? Berikut IDN Times ulas spesifikasi dan harga MacBook Pro 2021 terbaru. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Dibagi menjadi dua model

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaruilustrasi MacBook Pro baru (youtube.com/Apple)

MacBook Pro baru dibagi menjadi dua model, yakni ukuran display 14 inci dan 16 inci. Produk terbaru Apple ini menawarkan display Liquid Retina XDR yang menggunakan teknologi mini-LED pada iPad Pro. Refresh rate notebook ini mencapai 120Hz, didukung teknologi ProMotion dalam menghemat energi.

Kedua model dengan sistem operasi macOS Monterey ini dirancang dengan menempatkan perhatian utama pada performa dan kegunaan. Oleh karena desain thermal-nya, performa MacBook Pro terbaru ini tetap stabil dengan temperatur yang tetap dingin dan suara yang sunyi.

Berat notebook dengan display 14 inci mencapai 1.5 kilogram dengan tebal 15.5 milimeter. Di sisi lain, berat notebook model 16 inci mencapai 2.1 kilogram dengan tebal 16.8 milimeter. Bezel bagian kiri dan kanan menjadi 24 persen lebih tipis, sedangkan bezel atas menjadi 60 persen lebih tipis.

2. Ditenagai chip terbaru Apple

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaruilustrasi M1 Pro dan M1 Max (youtube.com/Apple)

Lini MacBook Pro terkini ditenagai oleh chip M1 Pro dan M1 Max. M1 Pro menghadirkan kinerja CPU hingga 70 persen lebih cepat dibandingkan M1, diikuti dengan kinerja GPU hampir dua kali lebih cepat. Chip ini mampu mengirim bandwidth memori hingga 200 GB per detik.

Akan tetapi, performa M1 Pro masih kalah dibandingkan M1 Max, yang dijuluki sebagai 'chip yang paling kuat di dunia untuk sebuah notebook pro'. Kekuatan CPU M1 Max sama dengan M1 Pro. Kinerja GPU hampir empat kali lebih cepat dibandingkan M1. Pengiriman bandwidth memori dapat mencapai 400 GB per detik.

Sebagai notebook Mac yang paling kuat, kedua model ini memungkinkan terjadinya peningkatan performa secara drastis untuk berbagai aplikasi, seperti Xcode, Logic Pro, Final Cut Pro, dan Adobe Premiere Pro. Tidak heran bahwa developer aplikasi memberikan respons yang amat baik terhadap M1 Pro dan M1 Max.

Tahap editing yang sebelumnya mustahil menjadi mudah. Oleh karena itu, notebook dengan performa yang luar biasa ini sangat cocok bagi para kreator.

3. Menghadirkan berbagai port

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaruilustrasi MagSafe (apple.com)

Konektivitas menjadi salah satu aspek yang penting dalam produk Apple ini. Kedua model notebook menghadirkan tiga port Thunderbolt 4, slot untuk kartu SDXCport HDMI, dan headphone jack.

Menariknya, MagSafe kembali hadir dengan desain yang baru. Konektor yang dinamakan MagSafe 3 ini dirancang untuk mengirim lebih banyak daya ke dalam sistem.

Bicara soal konektivitas, pengguna M1 Pro dapat terkoneksi dengan dua Pro Display XDR, berbeda dengan pengguna M1 Max yang bisa terkoneksi dengan tiga Pro Display XDR dan TV 4K di saat yang bersamaan.

Baca Juga: Apple Resmi Rilis iPhone 13, Punya Fitur Rekam Video Film!

4. Touch Bar diganti menjadi tombol fisik

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaruilustrasi keyboard (apple.com)

Tombol fisik dan tombol 'escape' yang lebih lebar dikonfirmasi akan menggantikan Touch Bar. Dengan demikian, Apple membawa kembali sentuhan tombol yang akrab dan taktil. Keyboard yang baru ini juga dilengkapi dengan trackpad Force Touch.  

5. Baterainya tahan lama!

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaruilustrasi penggunaan notebook di tempat umum (apple.com)

Bagi orang yang selalu membawa laptopnya dan bekerja di kafe atau tempat umum lainnya, daya tahan baterai tentu menjadi esensial. Nah, penggunaan baterai notebook terbaru Apple akan sangat efisien. Performa pun tidak akan menurun meskipun kabel charge dicabut.

Model 14 inci dapat bertahan selama 17 jam ketika digunakan untuk menonton video sedangkan model 16 inci mampu bertahan selama 21 jam dalam praktik tersebut. Daya tahan baterai inilah yang membedakan notebook MacBook Pro dengan notebook lainnya.

6. Kualitas kamera dan audio patut diacungkan jempol

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaruilustrasi webcam MacBook Pro baru (apple.com)

Dalam sejarah notebook MacBook Pro, produk terbaru dengan chip M1 Pro dan M1 Max ini menjadi yang terbaik. Sebab, MacBook Pro ini dilengkapi kamera FaceTime HD 1080p. Jadi, dapat dikatakan bahwa resolusi secara keseluruhan dan performa dalam cahaya redup menjadi makin baik. Hal ini ditambah pula dengan fitur yang meningkatkan kualitas video dan membuat gambar terlihat makin tajam dan natural.

Tidak hanya visual, kualitas audio pun juga mendapatkan sorotan. Mikrofon dengan kualitas studio memungkinkan terjadinya panggilan dan perekaman suara yang lebih jernih. Sistem suara yang dibagi menjadi enam speaker mendukung audio spasial, sehingga menciptakan pengalaman mendengar dalam bentuk tiga dimensi.

7. Berapa harganya?

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 Terbaruilustrasi toko resmi Apple (apple.com)

Ingin segera membuat notebook tersebut menjadi milik kamu? Langsung saja memesan notebook pilihan kamu di situs resmi Apple!  Meskipun dapat dipesan sekarang, kedua notebook baru sampai atau tersedia di toko pada 26 Oktober.

Harga MacBook Pro 2021 model 14 inci dimulai dari US$1,999 (Rp28.2 juta). Jika ingin membeli model 16 inci, kamu harus menyiapkan uang dimulai dari US$2,499 (Rp35.3 juta). Kedua model tersedia dalam warna perak dan abu-abu.

Apakah kamu tertarik untuk membeli notebook yang keren ini? Bagikan jawaban kamu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 3 Info Apple Event 2021 Unleashed, Ada MacBook Pro Baru

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya