Comscore Tracker

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021

Berapa kecepatan transfer data dan harganya?

Apa yang harus kita lakukan ketika kapasitas penyimpanan di laptop penuh? Selain mengunggah ke cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox, kita juga bisa menyimpannya di hard disk atau hard drive eksternal, jika punya budget lebih.

Dengan hard disk eksternal, kita bisa menyimpan file berukuran besar dengan aman dan membawanya ke mana-mana. Berikut ini beberapa rekomendasi hard disk eksternal terbaik di tahun 2021. Choose wisely!

1. Western-Digital My Passport 1TB

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021Western-Digital My Passport 1TB. (westerndigital.com)

Western-Digital (WD) My Passport adalah penyimpanan portabel yang aman dan terpercaya. Desainnya stylish, ramping, dan terasa pas di telapak tangan. Untuk versi 1TB, tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti hitam, biru, merah, dan putih.

Hard disk eksternal ini dilengkapi dengan software WD Backup yang bisa diatur untuk mencadangkan file secara otomatis. Selain itu, dengan enkripsi hardware AES 256-bit bawaan dengan perlindungan kata sandi membantu menjaga file tetap aman.

Bisa diandalkan, WD memberikan garansi terbatas 3 tahun untuk produknya. WD My Passport kompatibel dengan Windows 8.1, Windows 10, dan OS Chrome, namun perlu pemformatan ulang untuk sistem operasi lain. Harga jualnya di pasaran sekitar Rp700 ribu sampai Rp725 ribu.

2. Seagate Backup Plus Slim 1TB

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021Seagate Backup Plus Slim 1TB. (seagate.com)

Selanjutnya ada Seagate Backup Plus Slim 1TB, hard disk eksternal yang ramping dan punya enam pilihan warna, yaitu hitam, abu-abu, merah, biru, emas, dan perak. Sama seperti WD, Seagate juga menjanjikan garansi resmi 3 tahun.

Kecepatan hard disk ini sekitar 5.400 revolutions per minute (RPM). Kita bisa mentransfer data dengan cepat berkat USB 3.0. Dan Seagate Backup Plus Slim kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi, seperti Windows XP SP3 (32-bit dan 64-bit), Windows Vista, Windows 7, Windows 8, serta Windows 10.

Sedangkan, untuk pengoperasian di perangkat Apple atau Mac harus diformat terlebih dahulu. Di marketplace, harganya bervariasi mulai dari Rp701 ribu hingga Rp755 ribu.

3. Toshiba Canvio Basics 1TB

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021Toshiba Canvio Basics 1TB. (instagram.com/sak.connect)

Berikutnya adalah Toshiba Canvio Basics 1TB yang menyediakan 3 tahun garansi dari distributor resmi. Hard disk ini bisa mentransfer data dengan cepat berkat USB 3.0 (yang juga kompatibel dengan USB 2.0).

Kecepatan transfer maksimalnya adalah 5.0 Gbit per detik dengan rotation speed 5.400 RPM. Cukup kencang, walau kita hanya puas dengan satu pilihan warna saja, yaitu hitam.

Toshiba Canvio Basics siap dipakai di perangkat dengan OS Microsoft Windows dan tidak memerlukan instalasi software. Berdasarkan pantauan di e-commerce, hard disk eksternal ini dijual dengan harga Rp600 ribu sampai Rp695 ribu. Lebih murah!

4. Transcend StoreJet 25M3 1TB

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021Transcend StoreJet 25M3 1TB. (instagram.com/tech.broll)

Mencari hard drive portabel tangguh? Jawabannya adalah Transcend StoreJet 25M3 1TB yang tahan goncangan (shock-resistant) dan bisa mentransfer file sangat cepat berkat USB 3.1. Hard disk ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu iron gray dan military green.

FYI, Transcend StoreJet 25M3 memiliki sistem perlindungan guncangan tiga tahap yang telah lulus uji jatuh militer AS MIL-STD-810G. Terdapat tiga lapisan yang membuatnya aman yakni casing karet silikon, peredam suspensi internal untuk menyerap goncangan, serta hard case yang diperkuat.

Hard disk ini dilengkapi dengan tombol pencadangan otomatis satu sentuhan yang bisa melakukan back up data hanya dengan sekali tekan. Namun, kita harus meng-install software Transcend Elite dulu. Untuk memilikinya, siapkan dana Rp740 ribu ya!

Baca Juga: 7 Tips Memilih Harddisk Eksternal yang Tepat sebelum Beli

5. Seagate Expansion 1TB

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021Seagate Expansion 1TB. (instagram.com/4.0_online)

Masih dari Seagate, namun beda tipe, yaitu Expansion 1TB. Hard disk ini ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Tak perlu instalasi tambahan dan secara otomatis meng-install begitu disambungkan ke PC melalui kabel USB.

Dengan USB 3.0, kita bisa mentransfer data dengan kilat. Seagate Expansion 1TB kompatibel dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8. Sedangkan untuk OS lain, perlu diformat lebih dulu.

Garansi yang disediakan adalah 2 tahun dari distributor resmi di Indonesia. Untuk versi 1TB, harganya sekitar Rp665 ribu hingga Rp695 ribu. Terjangkau, kan?

6. WD Elements 1TB

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021WD Elements 1TB. (instagram.com/redstore095)

Berikutnya adalah WD Elements 1TB, hard disk portabel dengan USB 3.0 yang menawarkan konektivitas universal, laju transfer data cepat, serta penyimpanan berkapasitas besar. WD Elements tersedia hingga kapasitas 5TB.

Meski ramping dan ringan, hard disk ini memiliki ketahanan dan toleransi yang baik terhadap guncangan. WD Elements kompatibel untuk sistem operasi Windows 8.1 dan Windows 10, namun perlu diformat ulang untuk OS lain.

Soal garansi, hard disk ini dijamin garansi resmi hingga 2 tahun. Berbeda dengan WD My Passport yang memiliki banyak pilihan warna, hanya ada warna hitam untuk WD Elements. Dibanderol dengan harga sekitar Rp685 ribu, cukup bersahabat di kantong!

7. WD My Book 4TB

7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021WD My Book 4TB. (instagram.com/4.0_online)

Merasa kapasitas 1TB tidak cukup? Butuh hard disk eksternal untuk bisnis, gaming, maupun menyimpan file-file pribadi berkapasitas besar? Mungkin, WD My Book 4TB cocok untukmu!

Sama seperti hard disk eksternal yang lain, WD My Book kompatibel dengan port USB 3.0 namun masih bisa tersambung dengan yang versi 2.0. Bisa berjalan di banyak sistem operasi, mulai dari Windows 7, Windows 8, Windows 10, Mac OS X El Capitan, Mavericks, dan Yosemite.

Tak jauh berbeda dengan yang lain, WD My Book 4TB punya kecepatan pemutaran 5.400 RPM. Karena kapasitasnya besar, harganya juga ikut naik. Kira-kira dijual dengan harga Rp1.525.000.

Nah, itulah beberapa rekomendasi hard disk eksternal terbaik di tahun 2021 yang mungkin cocok untukmu. Pilih sesuai kebutuhan dan budget-mu, ya!

Baca Juga: 7 Earphone TWS Terbaik di Bawah Rp500 Ribu di 2021 Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya