Comscore Tracker

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kamera

Bisa menambah wawasan fotografimu nih!

Dalam segi fungsionalitas, kartu memori merupakan sebuah perangkat atau komponen yang memang berfungsi untuk menyimpan sebuah foto yang telah di tangkap melalui kamera. Namun secara wawasan, mungkin tidak sedikit dari kalangan fotografer yang sejatinya belum mengetahui terhadap jenis-jenis memori yang digunakan pada kamera .

Dan untuk kali ini, IDN Times akan membahas seputar jenis memory card yang digunakan pada kamera. Simak yuk, terutama buat kamu yang baru mengawali hobi fotografi!

1. SD

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kameraamazon.co.uk

SD atau secure digital jenis kartu memori yang sering digunakan pada kamera sebagai media penyimpanan, serta sangat kompatibel terhadap semua jenis kamera.

2. SDHC

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kameraofficeworks.com.au

Secure Digital High Capacity yang bentuk fisiknya sama persis dengan kartu memori yang berjenis SD. Namun perbedaan yang spesifik antara kedua jenis memori ini terletak pada kapasitas. Dimana jenis kartu memori SDHC memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan kartu memori berjenis SD.

3. SDXC

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kamerabhphotovideo.com

Secure Digital Xtra Capacity hampir sama juga dengan SDHC dimana yang membedakan keduanya terletak pada kapasitas. Dimana kartu memori jenis ini memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan SDHC, serta untuk membaca memori ini diperlukan dukungan file system exFAT.

4. CF

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kameraamazon.co.uk

Compact Flash juga salah satu memori yang memiliki kapasitas yang lumayan besar. Biasanya kartu memori jenis ini diperuntukkan untuk kalangan fotografer professional.

Baca Juga: Segera Rilis, Redmi Note 7 Pro Smartphone dengan Kamera Utama 48MP

5. XD

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kamerabinbin.net

Xtreme Digital merupakan salah satu jenis memori yang digunakan untuk kamera Fuji dan Olympus yang intinya memori ini digunakan hanya untuk produk besutan Fujifilm.

6. Memory Stick Duo

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kameragizmodo.com

Memory Stick Duo merupakan salah satu jenis memori yang digunakan untuk kamera atau ponsel Sony keluaran lama. Sehingga, untuk eksistensinya sekarang ini sudah lumayan langka di pasaran.

7. MMC

Fotografer Wajib Baca! 7 Jenis Memori yang Digunakan Pada Kameraen.wikipedia.org

Multi Media Card merupakan memori yang bentuk fisiknya hampir sama dengan memori berjenis SD. Perbedaannya hanya jenis memori ini tidak memiliki kunci atau lock di sisinya. Selain itu memori ini juga mempunyai kapasitas yang terbilang kecil serta kecepatannya juga terbilang lambat.

Nah, semoga dari tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam bidang fotografi yang mengarah pada segi penyimpanan yang ada pada kamera. Dimana dari semua jenis memori diatas pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga: Untuk Fotografi, 5 Smartphone Canggih dengan Kamera Berlensa Telephoto

Noto Photo Verified Writer Noto

Writing is art

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Siantita Novaya

Just For You