Comscore Tracker

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataan

Skateboard melayang? Sudah ada!

Selalu ada hal menarik dalam suguhan film bergenre fiksi ilmiah. Gak hanya sajian cerita fiktif semata, namun juga dibumbui dengan sains yang benar adanya, bahkan bisa jadi imajinatif. Salah satunya film besutan Steven Spielberg berjudul Back to the Future II pada  1989. Apa yang menjadi daya tarik dari film ini?

Back to the Future II menyuguhkan setting waktu 21 Oktober 2015, yang jadi waktu masa depan dalam ceritanya. Pada masanya, penonton dibuat takjub dengan gambaran masa depan dalam film ini, terutama penemuan teknologi yang ada. Ada yang meleset, tapi yang mengejutkan banyak prediksi yang benar loh! Kira-kira ada apa saja ya? Berikut ini daftarnya!

1. Hoverboard, papan skateboard yang bisa melayang di udara!

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataanimdb.com/Universal Studios

Salah satu teknologi unik yang jadi kenyataan adalah hoverboard! Sebuah perusahaan bernama Arx Pax berhasil membuat salah satunya. Hoverboard yang diperkirakan berharga Rp150 juta ini diberi nama Hendo. Gak tanggung-tanggung, pemain skateboard profesional, Tony Hawk juga punya kesempatan untuk mencobanya loh! 

2. Drone yang terbang di langit

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataanimdb.com/Universal Studios

Banyak drone beterbangan di langit masa depan Back to the Future II, mulai dari mengajak anjing jalan-jalan hingga memotret untuk mencari berita. Kenyataannya sekarang drone ada di mana-mana, bahkan ada juga versi murahnya. 

3. Perangkat biometrik untuk mengakses data

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataanmacworld.com

Jauh sebelum smartphone mengenal sensor sidik jari, pacar Marty dalam film Back to the Future sudah menggunakannya untuk membuka pintu rumah. Akurat banget ini ya.

4. Metode pembayaran elektronik

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataanappcessories.co.uk

Dalam film ini juga disuguhkan adegan pembayaran elektronik dengan perangkat rata yang mirip tablet. Di masa sekarang pembayaran elektronik semacam ini telah digunakan. 

5. Permainan video dengan sensor gerak

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataananandtech.com

Kalau era 80-an populer dengan mesin arcade segede gaban, film Back to the Future II menyuguhkan permainan video dengan sensor gerak. Zaman sekarang pun sudah ada, yaitu Xbox Kinect, Nintendo Wii dan PlayStation Move. 

Baca Juga: 5 Gadget Keren yang Bikin Latihan Olahragamu Makin Gak Membosankan!

6. Berbincang dengan orang lain menggunakan video call!

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataantheverge.com

Ya, teknologi video call juga telah diprediksi dalam film Back to the Future II! 

7. Mobil dengan bahan bakar sampah

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataanimdb.com/Universal Studios

Mobil mesin waktu DeLorean yang jadi legenda itu punya bahan bakar sampah loh! Itu benar-benar terbukti sekarang dengan hadirnya mobil Toyota, yang menggunakan bahan bakar serupa. Gak lupa perusahaan pun menampilkan aktor Michael J. Fox dan Christopher Lloyd untuk jadi model iklan. 

8. Kacamata video!

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataanimdb.com/Universal Studios

Dalam film, anak-anak Marty dan Jennifer menggunakan kacamata futuristik karena bisa menonton video dan menelepon. Teknologi ini pun diwujudkan oleh Google Glass, meskipun belum sepenuhnya sempurna. 

9. Sepatu yang bisa mengikat sendiri

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataantime.com

Meski terlihat mengada-ada, Nike benar-benar mewujudkan sepatu yang mereknya tampil dalam film ini.  Sama seperti dalam film, sepatu Nike ini bisa mengikat dengan sendirinya! Semoga saja nanti jadi populer. 

10. Pepsi Perfect!

10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataanslashgear.com

Untuk menyenangkan para fans, Pepsi mewujudkan minuman bernama “Pepsi Perfect” seperti dalam film dalam jumlah terbatas.

Berimajinasi memang gak boleh setengah-setengah. Meski dituangkan dalam karya fiksi sekalipun, apa pun bisa jadi nyata. Sekalipun awalnya mengada-ada, ada kemungkinan ide tersebut akan jadi inspirasi untuk diwujudkan di masa depan, sama seperti film Back to the Future II ini. Salut!

Baca Juga: Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depan

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya