Comscore Tracker

6 Game Andalan Nintendo di Konferensi E3, dari Robot Sampai Serangga

Super Smash Bros Ultimate jadi pencuri perhatian

Konferensi Electronic Entertainment Expo (E3) 2018 sudah berakhir, namun pamerannya sendiri baru dimulai. Hari terakhir tersebut digunakan sepenuhnya untuk pengumuman game dari pihak Nintendo.

Di tahun ini, Nintendo banyak berfokus kepada konsol Nintendo Switch di mana game-game yang sudah pernah dirilis, diaplikasikan ke dalam Nintendo Switch dengan tambahan beberapa update. Contoh adalah game yang cukup fenomenal saat ini, yaitu Fortnite.

Hanya ada enam game yang dirasa mencuri perhatian dari konferensi Nintendo kemarin, terlepas dari Fortnite. Salah satu diantaranya adalah Super Smash Bros Ultimate. Berikut adalah penjabaran game-game tersebut dengan trailer-trailer terbarunya.

1. Super Mario Party

https://www.youtube.com/embed/7pu9t5AL1Ss

Mario Party sudah menjadi andalan Nintendo sejak era konsol Nintendo 64. Bergaya mini game ala Snake and Ladder dan dapat dimainkan hingga empat orang, Mario Party mampu mengisi waktu luang hingga beberapa jam. Untuk satu sesinya sendiri, dapat mencapai waktu 30 hingga lebih dari 45 menit.

Pada Super Mario Party di Nintendo Switch, ada hal baru yang cukup menarik perhatian lewat trailer-nya. Di dalam permainan Super Mario Party ada sebuah fitur yang mampu menggabungkan peta dari dua konsol Nintendo Switch sehingga membuat mini game itu lebih menantang. Dengan fitur seperti itu, berarti pemain dapat mencoba berbagai variasi peta agar tidak bosan.

2. Xenoblade Chronicles 2

https://www.youtube.com/embed/-EP6XV1BmOk

Xenoblade Chronicles 2 sudah pernah rilis pada akhir 2017 kemarin dan eksklusif hanya untuk dimainkan di Nintendo Switch. Keeksklusifannya tersebut akan bertambah dengan hadirnya downloadable content terbaru berjudul Torna: The Golden Country. Dengan tambahan cerita, senjata, bahkan new game +, sepertinya para gamer yang belum pernah memainkannya harus segera mencoba dan menamatkannya, terlebih sebelum September ini.

3. Fire Emblem: Three Houses

https://www.youtube.com/embed/rkux5h0PeXo

Bagi yang mengikuti sepak terjang Nintendo, pastinya mengetahui game berjudul Fire Emblem. Fire Emblem adalah game taktik klasik yang sudah hadir sejak 1990. Ia sudah memiliki lebih dari 20 judul dan Fire Emblem: Three Houses akan menjadi judul terbaru dari seri Fire Emblem.

Pada trailer-nya kamu bisa melihat bagaimana Nintendo menggabungkan visual anime 2D dengan 3D untuk menguatkan ceritanya, sedangkan untuk gameplay pertarungannya sendiri, menggunakan sistem turn based. Layaknya game-game rpg pada umumnya kamu juga akan menggerakkan karakter utama untuk berkeliling menjelajahi kota serta melatih rekan setimmu.

4. Hollow Knight 

https://www.youtube.com/embed/kWo5g-tsBNk

Bagi mereka yang mengikuti indie games pastinya sudah pernah mendengar, mengenal atau bahkan memainkan game ini. Hollow Knight bercerita tentang dunia serangga di mana kamu memainkan protagonis seorang ksatria yang mencari kampung yang hilang. Petualangannya akan membawamu semakin memasuki dunia bawah tanah serta bertemu musuh besar yang beragam.

Sebelumnya Hollow Knight dirilis untuk konsol PC. Artstyle-nya yang lucu membawa game ini menuju Nintendo Switch. Pada trailer ini, diinfokan bahwa kamu juga akan mendapat downloadable content secara gratis dengan membeli game ini. Tak hanya itu, terdapat pula expansion pack berjudul Gods & Glory nantinya, dan sama seperti downloadable content, kamu juga akan mendapatkannya secara cuma-cuma. 

5. Super Smash Bros Ultimate

https://www.youtube.com/embed/L93H7YC-83o

Bersiaplah, karena ini adalah trailer game yang paling lama. Hampir menghabiskan waktu selama 30 menit. Mengapa? Itu karena di dalam trailer ini, pihak Nintendo menjelaskan update game mereka yang membedakan Super Smash Bros Ultimate dengan versi-versi sebelumnya. Seperti Final Smash milik Link, karakter Legend of Zelda, yang berubah.

Di dalam Super Smash Bros Ultimate, kamu bisa memainkan seluruh karakter dari generasi- generasi sebelumnya Super Smash Bros. Sebagai contoh adalah Snake dari seri Metal Gear Solid yang muncul pada Super Smash Bros Melee yang rilis 10 tahun lalu. Karakter itu diikuti pula dengan stage khas-nya. Oh iya, pada akhir trailer, ada karakter terbaru mereka yang belum pernah dikeluarkan sebelumnya.

6. DAEMON X MACHINA

https://www.youtube.com/embed/cxPlBdk4HXY

Jujur saja, Nintendo sangatlah pintar untuk menarik perhatian para gamer. Dengan membuka konferensinya melalui trailer game robotik ini, tentunya orang-orang akan penasaran dan meluangkan waktu untuk menunggu informasi mengenai detilnya. Lebih hebat lagi karena dalam konferensi penuh tersebut, tidak ada info lebih jelas yang disampaikan mengenai DAEMON X MACHINA.

Sekilas game ini terlihat seperti game Virtual On garapan SEGA yang digabung dengan Zone of Enders, tetapi itu hanya menjadi prediksi belaka. Yang bisa dipastikan adalah DAEMON X MACHINA adalah garapan Kenichiro Tsukuda yang dulunya membuat Armored Core. Menilik dari track record sang sutradara, sepertinya game ini sangat menjanjikan.

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Erina Wardoyo

Just For You