Comscore Tracker

Banyak Fitur Baru, Ini Tampilan DualSense: Controller PlayStation 5

Ukurannya lebih besar dari seri sebelumnya

Sony mengumumkan secara resmi controller untuk konsol generasi selanjutnya, PlayStation 5 tadi pagi. Tidak lagi bernama DualShock, kali ini controller game tersebut dinamakan DualSense. Seperti apakah penampakannya dan apakah kemampuannya? Berikut ini adalah informasi langsung yang diberikan di playstation.com.

1. DualSense akan berwarna putih dan tampak lebih besar daripada DualShock 4

Dari gambar yang diberikan, kamu bisa melihat sendiri bagaimana bentuk dan warna yang diberikan Sony untuk controller PS5 ini. Berwarna putih dengan garis hitam, desain controller ini merupakan pengembangan dari DualShock 4 yang telah mendapatkan banyak feedback dari pengembang maupun pengguna.

2. Controller ini akan dilengkapi fitur audio yang lebih canggih

Banyak Fitur Baru, Ini Tampilan DualSense: Controller PlayStation 5blog.us.playstation.com

Tertulis pada artikel resmi PlayStation tersebut jika audio sudah menjadi perhatian pengembang konsol PlayStation sejak dulu, namun baru bisa dikembangkan sekarang. Sony pun menjajal eksplorasinya di DualSense ini dengan memberikan fitur bernama Tempest 3D AudioTech. Tidak diinfokan akan seperti apakah inovasi ini.

3. Tombol yang mantap untuk L2 dan R2

Banyak Fitur Baru, Ini Tampilan DualSense: Controller PlayStation 5blog.us.playstation.com

Salah satu hal yang paling tampak menonjol adalah tombol atas untuk L1, L2, R1 dan R2. Dengan warna hitamnya, tombol tersebut tampak lebih besar daripada controller sebelumnya. Sony memang sengaja membuatnya seperti itu dan mereka mengatakan jika tombol-tombol tersebut akan jauh lebih responsif ketimbang sebelumnya, khususnya L2 dan R2.

“Kami juga mengaplikasikan pemicu yang lebih adaptif untuk tombol L2 dan R2 DualSense sehingga kamu bisa merasakan sensasi sesungguhnya dari aksi yang kamu lakukan, seperti menarik panah untuk menembak,” tulis keterangan di PlayStation.blog tersebut.

Baca Juga: 5 Calon Game Playstation 5 yang Sedang Berada di Tahap Pengembangan

4. Ukurannya coba diperkecil

Inovasi pemicu yang lebih adaptif ini diakui membesarkan controller. Karena itu pihak pengembang berusaha sebisa mungkin untuk mengurangi ukuran DualSense agar tetap nyaman untuk digenggam dan dimainkan. Mereka juga mengatakan sedikit mengubah sudut tombol-tombol atas tersebut dan menyesuaikan lagi untuk masalah genggaman.

5. Tidak ada lagi tombol “share” di controller ini

Banyak Fitur Baru, Ini Tampilan DualSense: Controller PlayStation 5blog.us.playstation.com

PlayStation dengan sengaja membuang tombol ini secara desain, tetapi tidak secara konsep. Tombol “share” tersebut sekarang diganti dengan tombol “create.” Alasannya adalah PlayStation berharap para pemain tidak sekadar berbagi pengalaman, namun menciptakan pengalaman yang lebih. Tidak ada detail lebih lanjut akan fitur ini. Mereka hanya mengatakan akan segera memberi detailnya ketika mendekati perilisan.

6. Memiliki mic dalam

Banyak Fitur Baru, Ini Tampilan DualSense: Controller PlayStation 5screenrant.com

Untuk menjamin komunikasi yang lebih baik antar sesama pemain di dunia online, DualSense diberikan microphone layaknya DualShock 4. Tentu saja mic ini akan berfungsi lebih baik dari controller generasi sebelumnya. Hanya saja PlayStation tetap menghimbau untuk mempersiapkan headset jika ingin berkomunikasi lebih baik lagi.

7. Dibuat seergonomis mungkin

https://www.youtube.com/embed/MuEVSZYtDl4

Pengembangan konsep dan desain dari Dual Sense dikatakan berlangsung beberapa tahun. Pihak pengembang telah melakukan beberapa tes untuk masalah genggam dengan mengujicobakannya dengan berbagai ukuran tangan. Tujuannya tidak lain adalah agar para gamer bisa bermain serasa tidak menggunakan controller.

https://www.youtube.com/embed/ph8LyNIT9sg

Informasi PS5 akan terus diberikan walaupun hanya sebatas via online saja. Sedikit lucu mengingat beberapa ada yang berkomentar tidak terlalu cocok dengan desain dan fiturnya. Seperti fitur mic dalam yang ditakutkan bisa mendengar pembicaraan pemain. Terlepas dari itu mari kita tunggu saja akan seperti apakah PS5 ini.

Baca Juga: 5 Fitur Canggih PlayStation 5, Salah Satunya Didukung 4K Blu-ray

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya