Comscore Tracker

5 Alasan Komunitas Game Penting bagi Pengembang dan Gamers

Benarkah ampuh untuk menekan bujet promosi semata?

Jika kita bicara soal game, satu hal yang paling mencolok ada pada bagian pembentukan komunitas. Kebanyakan game bisa menggaet dalam ruang lingkup yang besar. 

Komunitas game merupakan sekelompok orang yang sama-sama menyukai game dengan tipe, genre, atau game yang sama secara spesifik. Artinya, komunitas tersebut membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan game itu sendiri.

Lantas, apa, sih, sebenarnya keuntungan dan kelebihan pembentukan suatu komunitas bagi pengembang dan para gamers? Kita ulas lewat inspirasi berikut, yuk!

1. Media promosi yang lebih efektif dan hemat budget

5 Alasan Komunitas Game Penting bagi Pengembang dan Gamersilustrasi bermain video game (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Komunitas game tidak hanya mengumpulkan sekumpulan orang yang menyukai video game tertentu. Kelompok ini bisa jadi sangat bermanfaat bagi pengembang game untuk menciptakan media promosi yang efektif dan hemat budget.

Ketika komunitas terbentuk, hal ini menciptakan ekosistem yang baik dalam perkembangan game. Makin banyak orang yang menyukainya, maka makin banyak pula orang yang tidak sungkan untuk mengajak dan secara tidak langsung mempromosikan game yang dimainkan.

Ini juga mempermudah pengembang game dalam memberikan informasi mengenai suatu event dan update ketika para pemain tidak berada dalam game. Tentu ini menjadi langkah yang besar dalam memberikan pengalaman yang baik bagi para gamers.

2. Jual beli barang virtual

5 Alasan Komunitas Game Penting bagi Pengembang dan Gamersilustrasi bermain video game (pexels.com/RODNAE Productions)

Di zaman sekarang, pembelian barang virtual di dalam game sudah menjadi hal umum dan lumrah terjadi. Namun, beberapa game tidak mendukung untuk melakukan transaksi secara langsung, bahkan butuh pihak ketiga sebagai penengah demi menghindari penipuan.

Nah, komunitas game sangat berperan besar dalam hal ini. Ketika sekelompok orang berkumpul menjadi satu dalam suatu komunitas, aktivitas jual beli barang virtual akan jauh lebih mudah dan efektif karena pembeli dan penjual bisa terhubung langsung dan diawasi oleh seluruh anggota komunitas.

Baca Juga: Deretan Game yang Diumumkan pada Tokyo Game Show 2022

3. Mengurangi pemasaran di dalam game yang sifatnya mengganggu

5 Alasan Komunitas Game Penting bagi Pengembang dan Gamersilustrasi bermain video game (pexels.com/SCREEN POST)

Ketika pengembang ingin menghadirkan suatu event di dalam game, media pemasaran yang digunakan biasanya ditempatkan pada sebuah banner yang mengambang atau terpampang besar di dalam game tersebut. Sayangnya, hal ini dapat mengurangi pengalaman bermain dan bahkan sifatnya bisa sangat mengganggu.

Artinya, hal itu sudah sangat tidak efektif untuk diterapkan, apalagi para gamers zaman sekarang ingin semuanya terlihat minimalis, namun, tetap elegan. Nah, fungsi dari komunitas di sini bisa sangat besar. Media pemasaran bisa dilakukan di luar dari game tersebut, misalnya untuk mengajak para pemain mengikuti suatu event tertentu tanpa harus mengganggu kualitas dan pengalaman bermain mereka di dalam game.

4. Berbagi pengalaman sekaligus tips dan trik bermain

5 Alasan Komunitas Game Penting bagi Pengembang dan Gamersilustrasi bermain video game (pexels.com/Yan Krukov)

Video game zaman sekarang memiliki gameplay yang variatif dengan berbagai macam tingkat kesulitan di dalamnya. Bahkan, tak jarang para pemain perlu menggunakan kecerdasan tingkat tinggi agar game yang dimainkan bisa berlangsung maksimal dan efektif.

Nah, karena kesulitan tersebut, keberadaan komunitas game bisa sangat penting dan krusial. Para pemain bisa berbagi pengalamannya dengan orang lain seputar bagaimana tips dan trik bermain yang bisa jadi inspirasi para pemain.

5. Memperbanyak teman dengan minat yang sama

5 Alasan Komunitas Game Penting bagi Pengembang dan Gamersilustrasi bermain video game (pexels.com/RODNAE Productions)

Bakal sangat mengasyikan ketika kita memiliki teman dengan minat yang sama. Komunitas di sini berperan sangat penting dalam mengumpulkan para pemain game di dalam satu wadah yang sama.

Artinya, hal ini akan mendorong kamu untuk memperbanyak teman dengan hobi serupa. Selain menyenangkan, kamu juga bisa bersosialisasi dengan orang banyak dan bahkan belum pernah kamu temui sebelumnya.

Komunitas game punya peran yang cukup penting dan menguntungkan bagi pengembang game maupun para gamers itu sendiri. Maka dari itu, buatlah komunitas yang baik dan tidak merusak ekosistem yang telah dibuat sehingga komunitas game mampu bermanfaat dari berbagai sisi, ya!

Baca Juga: 5 Sisi Menarik Cowok Gamers, Jangan Pandang Buruk Dulu!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya