Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Playstation 4 Ketimbang Xbox One

Wajib dibaca buat gamer yang masih bingung beli yang mana

Ketika Nintendo Switch saat ini sedang mengukir sejarahnya sendiri, semua orang tahu bahwa pertempuran konsol yang serius masih diantara PlayStation dan Xbox. PlayStation 4 telah menikmati kesuksesan yang luar biasa diatas Xbox One sejak kedua konsol tersebut diluncurkan bersama pada tahun 2013, dengan PS4 mengungguli Xbox One dengan rasio 2:1.

Jika berbicara mengenai konsol mana yang terbaik dalam lima tahun belakangan, jelas PS4 jawabannya. Namun, Microsoft perlahan tapi pasti mengubah Xbox One menjadi produk yang secara signifikan lebih baik dalam beberapa tahun terakhir berkat sejumlah peningkatan di sisi hardware dan game-game eksklusif yang kini mulai diseriusi.

Meskipun begitu, perubahan yang dilakukan Xbox One tidak serta merta membuat PS4 menjadi terlihat lemah. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus beli PS4 ketimbang Xbox One.

1. Performa yang lebih baik untuk game third-party

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Playstation 4 Ketimbang Xbox Onecraveonline.com

Meskipun Xbox One memiliki harga yang jauh lebih mahal dari PS4, pada faktanya beberapa game yang berjalan di PS4 menghasilkan resolusi yang lebih tinggi sekaligus lebih jernih ketimbang Xbox One. Keuntungan kecil semacam ini, percaya atau tidak, berdampak terhadap pilihan gamer yang bingung ingin membeli konsol yang mana.

Salah satu contoh gamenya, adalah Metal Gear Solid V versi PS4 yang memiliki tekstur lebih lembut dan halus ketimbang versi Xbox One. Selain itu, beberapa game baru untuk PS4 saat ini juga sudah bisa dijalankan pada resolusi 1080p dengan 30 sampai 60fps. Sedangkan, Xbox One baru bisa mencapai resolusi 720p sampai 900p dengan 30 sampai 60fps.

2. Kontroler yang jauh lebih 'bersahabat'

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Playstation 4 Ketimbang Xbox Onecnet.com

Ada beberapa faktor yang mampu menjelaskan kenapa kontroler PS4 jauh lebih baik dan bersahabat ketimbang kontroller Xbox One. Yang pertama, adalah fakta bahwa kontroler PS4 merupakan peningkatan dari versi pendahulunya, sebab DualShock milik PS3 dianggap mengerikan dengan tombol yang diklaim sangat tidak nyaman, analog yang terkesan lengket, serta kualitas yang terlihat murahan.

Sebaliknya, kontroler Xbox One bisa dibilang merupakan penurunan dari Xbox 360, dengan trigger bersudut tajam yang sangat tidak nyaman ketika digunakan lama dan tombol yang keras dengan feedback yang benar-benar buruk. Sungguh disayangkan.

3. Virtual reality

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Playstation 4 Ketimbang Xbox Onetechlector.com

PlayStation 4 memiliki headset VR yang sudah bisa dibeli sekarang. Dan meskipun PlayStation VR tidak pada tingkat yang sama dengan HTC Vive atau Oculus Rift yang berjalan pada game PC, perangkat yang dirilis pada 2016 itu masih menyajikan pengalaman virtual reality yang sangat baik.

PS VR sangat nyaman digunakan, terlebih dengan beberapa game keren yang menyertainya seperti Batman Arkham VR, Resident Evil 7 dan Farpoint. Meskipun kombinasi PS4 dan PS VR tidaklah murah, namun itu masih merupakan cara termurah untuk mendapatkan pengalaman virtual reality berkualitas saat ini.

Dan untuk Microsoft, sejauh ini mereka masih melakukan tahap pengembangan untuk VR bagi Xbox One.

4. PlayStation Vita

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Playstation 4 Ketimbang Xbox Onetheverge.com

Ada beberapa keuntungan menarik bagi pemilik PS Vita yang juga sama-sama memiliki PS4. Salah satu keuntungan tersebut adalah 'remote-play' yang memungkinkan kamu untuk merubah PS Vita menjadi Mini PS4.

Meski bermain dari tempat yang jauh membutuhkan koneksi internet yang stabil, semua itu tertutupi dengan seberapa baiknya fitur ini, dengan beberapa game keren yang bekerja sangat baik ketika digunakan dalam mode genggam. Keuntungan menarik lainnya bagi memiliki PS Vita dan PS4 adalah ada beberapa game yang dapat dimainkan di kedua platform tersebut, dan dalam beberapa kasus, jika kamu membeli versi PS4 maka kamu juga akan mendapat versi PS Vita. Menguntungkan bukan?

5. Game eksklusif

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Beli Playstation 4 Ketimbang Xbox Onepress-start.com.au

Microsoft mungkin bisa mengungguli Sony di sisi hardware, mengingat Xbox One X memang secara obyektif lebih kuat ketimbang PS4. Namun, keunggulan itu tidak berarti apa-apa jika dukungan untuk game terutama yang eksklusif sangat minim.

Sederhananya, PS4 mengambil alih tahta keunggulan jika berbicara mengenai game-game eksklusif, yang sejauh ini membuat Microsoft hanya bisa malu dan tertunduk lesu. Pada tahun 2017 saja, PS4 telah merilis game-game eksklusif keren seperti Horizon Zero Dawn, Nioh, Nier-Automata, Uncharted: The Lost Legacy, dan Persona 5.

Belum lagi di tahun 2018, Sony siap menghajar Microsoft habis-habisan dengan mengeluarkan beberapa game keren lain seperti God Of War, Spide-Man, Detroit Become Human, The Last Of Us Part II dan Death Stranding.

Demikian tadi info mengenai beberapa alasan kenapa kamu harus beli PS4 ketimbang Xbox One. Jika dilihat dari segi penjualan dan basis fans, sejauh ini PlayStation 4 masih jauh lebih unggul. Dan nampaknya, beberapa tahun kedepan Sony akan tetap mendominasi pasar konsol game dan kembali mempermalukan Microsoft. Kita lihat saja!  

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You