Comscore Tracker

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!

Gak kalah seru dari game berbayar

Role-playing game atau yang biasa disingkat RPG merupakan landasan dari industri video game. Namun dengan industri yang terus berkembang setiap tahunnya, sejumlah elemen baru diperkenalkan guna menjaganya agar tetap relevan dengan konsumen modern.

Alhasil, lahirlah alternatif game RPG klasik yang menawarkan kisah ‘lebih luas dan panjang’ dalam bentuk multiplayer. Kerennya lagi, banyak di antaranya merupakan game free-to-play alias bisa diunduh secara gratis. Berikut daftarnya.

1. TERA

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!store.steampowered.com

Dikembangkan oleh Bluehole, developer yang juga menggarap PUBG, TERA adalah game bagi mereka yang ingin menikmati gameplay RPG yang berkualitas. Sementara cerita dan lore-nya terbilang lemah, TERA bersinar karena memiliki mekanisme True Action Combat yang mengesankan.

Timing menjadi kunci untuk mengalahkan AI atau musuh yang kompeten. Selain mekanisme combat yang sempurna, TERA juga menawarkan cara yang menarik bagi pemain untuk terlibat dengan komunitas dan pemain lain secara online.

2. Paladins

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!pushsquare.com

Paladins merupakan game hero-shooter dengan elemen RPG yang dirilis tidak lama setelah kehadiran Overwatch di tahun 2016. Sama seperti game hero-shooter lainnya, Paladins menawarkan berbagai macam hero dengan pendekatan yang berbeda-beda, dari beragam class.

Pada game ini, pemain dapat menggunakan kartu untuk memodifikasi statistik hero yang dimainkan. Paladins tidak memiliki sistem klan seperti yang lainnya, namun masih mode co-op bagi mereka yang ingin bermain dalam skuad yang sama bersama teman.

3. Warframe

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!warframe.fandom.com

Warframe menjadi salah satu game multiplayer paling populer karena selain memiliki gameplay yang seru, juga terdapat dunia yang kaya akan kisah latar belakang atau lore. Warframe hampir memiliki semua yang dibutuhkan dari game open-world RPG seperti kemampuan untuk upgrade karakter, senjata dan juga skill.

Warframe sendiri dipasarkan sebagai game petualangan solo/co-op, dengan segudang quest untuk diselesaikan baik bersama teman atau sendirian. Setiap beberapa bulan sekali, Warframe juga mengadakan event musiman khusus.

Baca Juga: 7 Game PS4 dan Xbox One Paling Diremehkan, Padahal Kualitasnya Bagus!

4. Path Of Exile

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!wccftech.com

Path Of Exile akhir-akhir ini kembali populer karena beberapa pengguna Twitch Prime mendapatkan konten gratis untuk gamenya. Game RPG dengan tema ‘dark fantasy’ ini memiliki dunia dengan banyak aktivitas untuk dilakukan dan dipelajari.

Path Of Exile juga mengambil pendekatan yang menarik pada sistem skill tree-nya yaitu Skill Gems, di mana pemain bisa mendapatkan skill melalui gems, yang ‘jatuh’ setelah mengalahkan dari musuh atau bos. Selain itu, ada juga beberapa event khusus dan mode ‘balapan’ di bagian PvP.

5. World Of Tanks Blitz

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!gameplay.tips

Selanjutnya adalah World Of Tanks Blitz, game MMO-shooter dengan tank sebagai ‘karakter’ utamanya. Ini juga menjadi awal dari masuknya World Of Tanks ke platform yang lebih besar, setelah sebelumnya populer di mobile. Blitz sepenuhnya berfokus pada PvP dengan pertempuran 7-vs-7.

Ada lebih dari 300 tank yang tersedia, untuk diajak bertempur ke atas medan perang. Setiap tank bisa dinaikkan ‘tier’ atau level-nya hingga 10 dan dikustomisasi atau di-upgrade. Selain itu, ada juga misi dan tantangan yang tidak kalah menarik untuk diselesaikan.

6. Final Fantasy XIV

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!bonusstage.co.uk

Final Fantasy XIV (Online) merupakan game MMORPG baik untuk fans veteran Final Fantasy maupun pendatang baru. Ada enam ras karakter dan tujuh kelas yang tersedia dan bisa pemain pilih.

Terlepas dari statusnya sebagai game online, FF XIV tetap dibekali dengan visual yang memukau, soundtrack yang luar biasa dan kisah yang menarik untuk diikuti. FF XIV hingga karakter pemain mencapai level 35. Setelah, jika ingin melanjutkan, pemain diharuskan membayar biaya berlangganan sebesar US$12,99 atau sekitar Rp183 ribu.

7. Destiny 2

7 Game Multiplayer Free to Play Terbaik untuk Pencinta RPG, Seru!dreamhack.com

Destiny 2 mengemas segala hal yang dapat membuat pemain terus sibuk seperti campaign, quest hingga aktivitas dengan hadiah senjata, armor, gear dan item menarik lainnya. Dengan elemen RPG di dalamnya, Destiny 2 juga memungkinkan pemain untuk mengustomisasi skin, senjata dan penampilan Guardian (sebutan karakter pemain) mereka.

Plus, ada banyak NPC yang juga akan membantu pemain di sepanjang permainan. Destiny 2 tersedia di hampir semua platform seperti Xbox One, PlayStation 4 dan PC via Steam. Dan sama seperti semua game di daftar ini, Destiny 2 bisa diunduh secara gratis.

Itulah tadi sedikit informasi sekaligus rekomendasi game multiplayer free-to-play terbaik untuk pencinta RPG. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja unduh dan mainkan deretan game di atas. Happy gaming!

Baca Juga: 7 Game Horor yang Butuh Waktu Paling Lama untuk Kamu Tamatkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You