Comscore Tracker

8 Game Nintendo Switch Terbaik untuk Anak-Anak, Dijamin Seru Dan Aman!

Minim kekerasan dengan gameplay yang menyenangkan

Jika dibandingkan dengan konsol rumahan seperti PlayStation 4 dan Xbox One, Nintendo Switch jauh lebih ramah terhadap anak-anak. Selain karena maskot seperti Mario yang nampak bersahabat bagi anak-anak, Nintendo pada awalnya memang menargetkan konsol mereka untuk anak-anak, yang mana itu juga berlanjut di Switch.

Meski kini Switch telah hadir dengan sejumlah game ‘eksplisit’ seperti DOOM, Mortal Kombat 11 dan Wolfenstein II: The New Colossus, masih ada cukup banyak game yang cocok untuk anak-anak. Sebagian besar menghadirkan karakter-karakter ikonik Nintendo seperti Mario, Luigi dan Yoshi. Berikut daftarnya.

1. Animal Crossing: New Horizons

https://www.youtube.com/embed/5LAKjL3p6Gw

Animal Crossing merupakan game Nintendo Switch terbaik untuk anak-anak pertama di daftar ini. Game ini tidak memiliki unsur kekerasan apapun, hanya bersenang-senang di sebuah pulau.

Pada game ini, pemain memulai permainan dengan hanya dua penduduk saja di sebuah pulau, namun seiring berjalannya permainan, pemain dapat mengundang lebih banyak penduduk dan mengatur pulau sesuka hati. Selain itu, pemain juga bisa mengumpulkan bahan, untuk membangun item, mencari fosil atau mendekorasi penampilan keseluruhan pulau. Ini seru dan sangat direkomendasikan.

2. Mario Kart 8 Deluxe

https://www.youtube.com/embed/ZKB9FEXhJ68

Dari semua game Mario Kart, Mario Kart 8 Deluxe jadi yang terbaik. Nintendo mengambil semua trek dari game Mario Kart sebelumnya, lalu membuat ulang trek tersebut menjadi lebih bagus lagi di Marti Kart 8 Deluxe. Dengan banyaknya trofi untuk diraih dan berbagai tingkatan kecepatan untuk dikuasai, sulit untuk merasa jenuh bermain game ini.

Lebih lanjut, game ini juga ramah anak karena menyediakan opsi bantuan seperti Smart Steering dan Auto Acceleration. Bantuan semacam itu membuat anak-anak tetap bisa bersenang-senang tanpa perlu mengeluhkan kontrol yang sulit.

3. Yoshi’s Crafted World

https://www.youtube.com/embed/dcndZNVUxFM

Yoshi’s Crafted World merupakan game Nintendo Switch ramah anak selanjutnya yang punya gaya animasi yang menyenangkan untuk dilihat dan gameplay yang mudah untuk dipahami. Karenanya, ini dengan mudah jadi salah satu game Switch terbaik untuk anak berusia 3 atau 4 tahun.

Terutama jika punya kontroler ekstra, game ini bisa dimainkan berdua. Yoshi’s Crafted World sendiri mengusung genre petualangan dengan mekanisme side-scrolling yang simpel, di mana gerakan utama pemain hanyalah berjalan, melompat dan memakan musuh.

4. Pokemon: Let’s Go

https://www.youtube.com/embed/7Wtfkl-g-VE

Hampir semua game Pokemon di Nintendo Switch cocok untuk dimainkan oleh anak-anak, namun yang paling disarankan di sini adalah Pokemon: Let’s Go (Pikachu atau Eevee). Ini bisa dikatakan jauh lebih aman dan bebas elemen kekerasan dibanding Pokemon Sword atau Shield.

Pokemon: Let’s Go lebih seperti Pokemon GO, di mana pemain mengoleksi Pokemon di alam liar menggunakan kontrol berbasis gerakan untuk melempar Poke Ball. Plus, game ini juga akan membantu pemain menentukan area mana yang sekiranya perlu dijelajahi sembari memberi kebebasan untuk pergi ke manapun.

Baca Juga: 7 Game Gratis Terbaik Nintendo Switch, Hemat Duit untuk yang Lain

5. Captain Toad: Treasure Tracker

https://www.youtube.com/embed/Y8zQxSWaotc

Captain Toad: Treasure Tracker merupakan game teka-teki petualangan menyenangkan, yang sama seperti Yoshi’s Crafted World, bisa dimainkan oleh dua pemain. Ini cocok untuk mereka yang punya lebih dari satu anak, atau ingin bermain dengan anaknya.

Pada game ini, pemain memiliki misi untuk menemukan harta karun yang dicuri oleh burung tamak bernama Wingo dan untuk bisa mendapatkan itu, pemain harus memecahkan teka-teki di sepanjang permainan. Kerennya lagi, game ini bahkan memungkinkan pemain untuk bermain sebagai Toadette.

6. PAW Patrol: On A Roll!

https://www.youtube.com/embed/PhusMTkSNLI

Bagi anak-anak, terutama yang menyukai serial animasi PAW Patrol, tidak ada alasan untuk tidak tertarik dengan game menggemaskan yang satu ini. Pada game ini, pemain dapat bermain sebagai salah satu dari delapan anggota PAW Patrol termasuk Everest dan Tracker, yang masing-masing punya kemampuan unik sendiri-sendiri.

Terdapat 16 misi unik untuk dijalankan dan diselesaikan pada game ini, yang mana itu tersebar di delapan lokasi Adventure Bay. Lebih lanjut, pemain tidak hanya bisa bermain sebagai satu tapi dua anggota PAW Patrol berbeda di setiap misi.

7. Super Mario Party

https://www.youtube.com/embed/D7zTJLIYJds

Jika yang dicari adalah game menakjubkan untuk dimainkan bersama keluarga termasuk anak-anak, maka Super Mario Party jadi pilihan yang tepat. Game ini pada dasarnya merupakan game board virtual dengan banyak elemen menyenangkan.

Sebagai tambahan dari mini game yang dimainkan di tengah-tengah permainan, pemain juga bisa memainkan mini game itu secara terpisah. Ada lebih dari 80 mini game yang dikemas pada game ini. Bagi yang tertarik, game yang bisa dimainkan bersama total empat pemain ini, bisa ditemukan dan dibeli di Nintendo eShop.

8. Luigi’s Mansion 3

https://www.youtube.com/embed/rgldcSmxY5o

Mario mungkin bintang utama dari dua bersaudara yang terkenal yaitu Mario & Luigi, namun Luigi tidak kalah mengagumkan. Pada gamenya sendiri untuk Nintendo Switch yaitu Luigi’s Mansion 3, Luigi berperan sebagai pemburu hantu dengan pekerjaan untuk mengusir hantu-hantu itu dari sebuah hotel angker.

Di sepanjang jalan, pemain dapat menyelamatkan teman dan mendapatkan pencapaian khusus jika bertemu dengan hantu-hantu spesial. Di atas konten game utamanya, ada pula segudang mini game yang bisa dimainkan di ScareScraper. Ini jadi salah satu game Switch yang tidak boleh dilewatkan.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi game Nintendo Switch terbaik untuk anak-anak. Jadi tunggu apa lagi, kunjungi Nintendo eShop dan mainkan sejumlah game seru di atas.

Baca Juga: 7 Game RPG Terbaik untuk Nintendo Switch, Harus Coba!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya