Comscore Tracker

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeli

Nomor 4 cocok untuk yang suka live streaming

Meski sudah lebih dari satu tahun sejak pertama kali dirilis, PS5 masih jadi salah satu konsol generasi terbaru yang masih langka terutama untuk bisa didapatkan dengan harga ritel. Di samping berbagai game eksklusif seperti Demon’s Souls, Ratchet & Clank: Rift Apart dan Returnal, PS5 juga memiliki beberapa aksesori baik dari pihak pertama maupun buatan pihak ketiga.

Sebagaimana aksesori suatu konsol pada umumnya, aksesori untuk PS5 bersifat opsional namun dapat memaksimalkan sesi gaming pemain jika digunakan. Berikut 7 di antaranya yang bisa kamu beli.

1. DualSense Wireless Controller

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeliilustrasi DualSense Wireless Controller (bgr.com)

Siapapun yang membeli PS5 juga akan mendapatkan satu DualSense Wireless Controller dan juga kabel pengisian, di samping mesin konsol itu sendiri. DualSense sendiri juga dijual secara terpisah bagi mereka yang merasa jika satu DualSense yang termasuk ke dalam paket pembelian PS5 masih kurang.

Sebagaimana PS5 yang begitu canggih, DualSense juga dibekali dengan beberapa fitur keren. Beberapa diantaranya seperti haptic feedback yang dapat memberi efek umpan balik atau getaran mengikuti apa yang ada di game dan adaptive trigger yang memungkinkan tombol bahu (L2, R2) terasa lebih hidup.

2. DualSense Charging Station

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeliilustrasi DualSense Charging Station (androidcentral.com)

Disamping DualSense, aksesori resmi PS5 lain yang wajib dimiliki adalah DualSense Charging Station. Sesuai namanya, aksesori ini memungkinkan pemain untuk mengisi daya DualSense mereka (tidak hanya satu, tapi dua DualSense sekaligus) tanpa harus menghubungkannya lewat kabel pengisian daya ke PS5.

Selain itu, aksesori ini juga dapat dijadikan dudukan ketika DualSense selesai digunakan. DualSense Charging Station sederhana namun sangat efektif karena secara tidak langsung memastikan bahwa DualSense pemain tetap dalam kondisi daya terisi penuh ketika akan digunakan.

3. PlayStation Media Remote

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeliilustrasi PlayStation Media Remote (pcmag.com)

Konsol generasi terbaru seperti PS5 tidak hanya jadi sekedar perangkat untuk digunakan bermain game. PS5 bahkan dirancang untuk bisa dipakai menonton film lewat layanan streaming populer seperti Netflix, HBO Max dan juga Hulu. Untuk mengakses dan menavigasikannya, pemain bisa melakukan lewat DualSense atau remote TV melalui HDMI-CEC.

Selain dua itu, Sony juga menawarkan alternatif lebih mudah lewat PlayStation Media Remote. Di samping semua tombol playback standar seperti yang ada di kebanyakan remote, PlayStation Media Remote juga memiliki tombol akses cepat ke Netflix, YouTube, Spotify dan Disney+.

Baca Juga: 7 Game PS5 Paling Dinanti Rilisnya di 2022, Seru Semuanya!

4. PlayStation HD Camera

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeliilustrasi PlayStation HD Camera (roadtovr.com)

Selanjutnya adalah aksesori resmi PS5 yang tidak boleh dilewatkan terutama untuk mereka yang gemar melakukan streaming ketika bermain game. PlayStation HD Camera hadir sebagai solusi bagi pemain yang suka merekam sesi gaming mereka untuk ditayangkan secara langsung maupun diunggah di platform seperti YouTube.

Bagi pemain yang lebih menyukai live streaming, PlayStation HD Camera juga telah mendukung streaming langsung melalui Twitch. Untuk spesifikasi, aksesori yang satu ini mampu merekam video di resolusi maksimal 1080p dan memiliki sejumlah fitur ekstra, salah satunya dukungan merubah background.

5. PlayStation Pulse 3D Wireless Headset

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeliilustrasi PlayStation Pulse 3D Wireless Headset (rtings.com)

Kompatibel untuk PS5, PS4 dan juga PC, PlayStation Pulse 3D Wireless Headset merupakan headset berkelas yang dirancang untuk bisa selaras dengan aksesori resmi PS5 yang lainnya seperti HD Camera, Media Remote dan DualSense.

Headset ini menawarkan daya tahan baterai hingga 12 jam (dalam penggunaan nirkabel), dukungan 3D audio dan beberapa opsi preset volume. Lalu, Pulse 3D Wireless Headset juga memiliki dua mikrofon bawaan dengan fitur noise-cancellation. Selain itu, pemain juga bisa melakukan kustomisasi equalizer melalui PS5 sesuai dengan preferensi mereka.

6. OIVO PS5 Stand

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeliilustrasi OIVO PS5 Stand (oivogames.com)

Dalam paket pembelian, PS5 juga menyertakan stand bawaan untuk penempatan dalam posisi vertikal maupun horizontal. Terlepas dari bagaimana PS5 ditempatkan, konsol garapan Sony itu tetap membutuhkan bantuan dari stand agar bisa “berdiri” atau “tidur” dalam posisi yang nyaman.

Bagi yang merasa jika stand bawaan PS5 masih kurang, terdapat alternatif dari pihak ketiga seperti OIVO PS5 Stand yang tidak kalah menarik. OIVO sendiri punya segudang pilihan stand, tapi yang ini jadi yang paling menarik karena juga hadir dengan tempat untuk mengisi daya DualSense, pendingin kipas dan slot untuk menyimpan hingga 12 game fisik.

7. SSD M.2

Maksimalkan Gaming, Ini 7 Aksesori PS5 yang Wajib Dibeliilustrasi SSD M.2 (wccftech.com)

PS5 hadir dengan penyimpanan SSD berkapasitas 825GB meski tidak semuanya bisa digunakan untuk menyimpan game karena setelah terpotong sistem, hanya tersisa 667GB. 667GB memang masih cukup besar, namun dengan ukuran game AAA yang kini mulai makin besar, kapasitas tersebut hanya cukup untuk menyimpan beberapa game saja.

Untungnya, agar bisa menyimpan lebih banyak game, PS5 menyediakan opsi ekspansi via SSD M.2. Tidak semua SSD M.2 dapat digunakan sebagai penyimpanan tambahan, namun di luar sana telah ada banyak SSD M.2 yang mendukung PS5 seperti Corsair MP600 Pro LPX, Crucial P5 Plus dan WD_Black SN850.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi aksesori PS5 terbaik yang wajib dibeli. Jika kamu punya saran aksesori lain untuk PS5, langsung tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: 7 Game PS5 Ini Bisa Berjalan di 4K 60fps, Gameplay Mulus!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya