Comscore Tracker

5 Game Management Terbaik untuk Stimulasi Otak

Problem yang dihadirkan bisa bikin kamu stres maksimal!

Mungkin kamu bakal bertanya, "Main game, kan, untuk menghilangkan stres? Tapi, ini kok malah bikin stres, sih?". Justru, di situlah letak tantangan untuk bermain game bertema manajemen.

Kamu bakal dihadapkan dengan berbagai masalah yang disajikan. Kamu butuh strategi dan kecermatan untuk bisa melalui setiap stage di dalam game

Nah, kalau kamu suka game dengan genre seperti itu, berikut penulis sudah merangkum kelima rekomendasi game manajemen terbaik yang bisa kamu coba! Ampuh untuk mengasah dan menstimulasi kinerja otak kamu, lho!

1. Emergency 20

https://www.youtube.com/embed/jiunAudwFKE

Dikembangkan dan dirilis oleh Sixteen Tons Entertainment untuk platform PC pada tahun 2017, Emergency 20 yang mengusung tema strategy-simulation dan management menawarkan gameplay dan grafis yang sangat menggugah selera.

Kamu diharuskan untuk mengatur sebuah lembaga di bidang emergency, seperti kepolisian, pemadam kebakaran, ambulans, dan Tim SAR. Dari setiap misi yang ada, kamu perlu perhitungan yang matang agar para korban dapat segera diselamatkan. Di setiap keberhasilan misi, kamu akan mendapat reward untuk mengembangkan masing-masing lembaga terkait.

2. Farm Manager 2021

https://www.youtube.com/embed/mtUp0AD2-Ck

Kamu ingin coba menjadi petani? Cobain belajar dari game ini, deh! Farm Manager 2021 dikembangkan oleh Cleversan Software, Cleversan Games, Cleversan Software Sp. z o.o., dan ConsoleWay S.A. yang mulai dirilis sejak tahun 2021. 

Game ini sajikan gameplay unik membuat sebuah pertanian dan peternakan di perkampungan rural yang memiliki empat musim. Kamu bebas untuk menanam tanaman dan memelihara hewan yang tersedia di katalog.

Tapi, kamu juga harus selektif terhadap apa yang kamu urus. Masalahnya, harga jual dan beli di setiap produk hasil tanimu fluktuatif. Kamu juga harus mengatur strategi terkait tanaman apa saja yang perlu ditanam dan dipanen di musim terkini.

Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa mainkan game ini di platform PlayStation 4, Xbox One, dan Microsoft Windows.

Baca Juga: 7 Video Game Paling Tua dalam Sejarah Video Game

3. Two Point Hospital

https://www.youtube.com/embed/SjrcU1gwkjc

Bangunlah rumah sakitmu sendiri di Two Point Hospital. Rekrutlah dokter dan perawat terbaik serta berikan fasilitas yang layak untuk menyembuhkan keluhan para pasien. Deteksi penyakit apa yang diderita oleh pasien dan berikan pengobatan yang tepat untuk mereka.

Two Point Hospital yang dikembangkan oleh Two Point Studios ini menerapkan konsep simulasi-management. Game ini dirilis pertama kali pada tahun 2018. Hanya saja, game ini cukup berat untuk dimainkan bagi kamu pengguna PC kentang. Cukup bersabar dan mulailah menabung jika kamu pengin memainkan Two Point Hospital, ya!

4. Cities : Skylines

https://www.youtube.com/embed/CpWe03NhXKs

Cities: Skylines ini digadang-gadang menjadi game bertema city build management terbaik yang pernah ada. Di game ini, kamu bertugas sebagai wali kota untuk membangun sebuah kota mulai dari nol banget!

Game yang dikembangkan oleh Colossal Order dan Tantalus Media, yang kemudian diterbitkan oleh Paradox Interactive, mendapatkan predikat yang memuaskan dari beberapa game reviewer. Salah satunya dari IGN yang memberikan predikat 8.5 dari 10 poin.

Ada beberapa platform juga jika kamu ingin memainkan game ini. Antara lain kamu bisa memainkannya di PC, Xbox One, PlayStation 4, Nintendo Switch, dan Google Stadia.

5. Motorsport Manager

https://www.youtube.com/embed/mUsRRIzY9HU

Bagi kamu penggemar balap mobil, wajib, nih, nyobain Motorsport Manager! Rasakan sensasi menjadi kepala tim yang mengatur keuangan, kontrak pembalap, riset komponen mobil, bahkan membangun fasilitas untuk tim.

Game ini dikembangkan oleh Playsport Games dan mulai diterbitkan oleh Playsport Games, Sega, dan Curve Games pada tahun 2016. Tapi, versi iOS sudah duluan dirilis pada tahun 2014, lho! Sementara itu, versi Android baru dirilis setahun setelahnya.

Kembangkan tim balap kamu mulai dari paling bawah hingga menjadi juara dunia! Buktikan kemampuan manajerial kamu di game ini, ya!

Yuk, asah otak sekaligus kemampuan manajemen kamu lewat sederet rekomendasi game di atas. Meski dijamin seru, jangan sampai kamu terlewat stres saat mencoba menyelesaikan tantangan-tantangannya, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Board Game Terbaik, Bisa Mengasah Otak!

Firman Fahroni Photo Verified Writer Firman Fahroni

Rocket science and planets exploration hobbyist. Keep moving forward!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya