Comscore Tracker

5 Fakta Sekuel Doraemon Story of Seasons, Rilis di Nintendo Switch!

Rilis pada 2022 meski belum ada jadwal pasti

Story of Seasons telah menuai sukses sejak 1990-an. Mereka kini menjadi semacam legenda dalam dunia agricultural simulation role-playing video game.

Waralaba Doraemon bahkan berani menggandeng Marvelous, pengembang Story of Seasons, untuk membuat game kolaborasi bergenre serupa di bawah panji Bandai Namco Entertainment. Game pertamanya sudah rilis pada 2019 sementara game barunya akan rilis pada 2022 ini.

Sambil menunggu game baru ini rilis, ada baiknya kamu menyimak lima fakta sekuel Doraemon Story of Seasons yang rilis di Nintendo Switch!

1. Doraemon Story of Seasons pertama kali rilis di Nintendo Switch pada 2019

https://www.youtube.com/embed/YuKO0tUVoQI

Bandai Namco Entertainment bekerja sama dengan Marvelous dan Brownies untuk mengembangkan Doraemon Story of Seasons. Mereka merilis game ini pada medio 2019 di Nintendo Switch.

Doraemon Story of Seasons menjadi seri pembuka kolaborasi waralaba Doraemon dan Story of Seasons. Bandai tertarik bekerja sama untuk mengembangkan game simulasi macam Story of Seasons. Mereka memilih Marvelous sebagai rekanan yang memang sudah melegenda bersama game simulasi tersebut sejak 1990-an.

Kehadiran game ini juga sekaligus membuka jalan bagi dua seri Story of Seasons lain di Nintendo Switch. Marvelous merilis Story of Seasons: Friends of Mineral Town (2020) dan Story of Seasons: Pioneers of Olive Town (2021) setelah merilis Doraemon Story of Seasons.

Doraemon Story of Seasons sendiri sebenarnya bukan bagian dari seri utama Story of Seasons. Game ini masuk ke dalam kategori spin-off. Ia tidak memiliki benang merah yang kuat dengan seri utama.

2. Berlanjut ke Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom

5 Fakta Sekuel Doraemon Story of Seasons, Rilis di Nintendo Switch!ilustrasi game Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom (Bandai Namco Entertainment/Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom)

Selang 3 tahun setelah Doraemon Story of Seasons rilis, Bandai Namco Entertainment kembali memberi kejutan untuk penggemarnya. Mereka mengabarkan akan merilis game hasil kolaborasi waralaba Doraemon dengan Story of Seasons lagi.

Koji Nakajima, produser, melalui siaran videonya di YouTube Bandai Namco Entertainment pada 29 Juni 2022, mengungkap judul baru game kolaborasi tersebut. Mereka menamainya Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom.

Game ini merupakan sekuel dari seri pertamanya. Namun, Nakajima memastikan bahwa Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom berbeda dari pendahulunya.

Baca Juga: 7 Game Multiplayer Gratis untuk Dimainkan di Nintendo Switch

3. Sekuel ini punya dunia dan alur cerita berbeda dari seri pertama

https://www.youtube.com/embed/cfd4ri5QBN8

Meski disebut sekuel, Bandai Namco Entertainment menerapkan dunia dan alur cerita yang berbeda pada Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom. Dalam game ini, Nobita tinggal di peternakan dalam satu rumah dengan karakter lainnya, seperti Doraemon, Shizuka, Gian, dan Suneo.

Latar dunia dari trailer pertama Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom sekilas memang tampak berbeda. Jika seri pertamanya berlatar di Shizen Town yang terlihat seperti Jepang zaman dahulu, maka sekuelnya berlatar di Great Kingdom yang terlihat kebarat-baratan.

Bandai dan Marvelous juga mengembangkan karakter-karakter baru. Salah duanya Lumis dan Gidori. Mereka kebetulan muncul dalam trailer pertama.

4. Masih mengadopsi visual dari buku dongeng dengan beberapa pemutakhiran dari segi UI

5 Fakta Sekuel Doraemon Story of Seasons, Rilis di Nintendo Switch!ilustrasi game Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom (Bandai Namco Entertainment/Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom)

Doraemon Story of Seasons mengadopsi visual dari buku dongeng anak-anak. Upaya pengembang dalam menghadirkan rupa yang mengesankan mata itu mendapat pujian dari berbagai kritikus game.

Marvelous lantas membawa kembali visual ini ke dalam game barunya. Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom masih menggunakan tampilan serupa, tetapi dengan beberapa pemutakhiran dari segi user interface (UI).

Marvelous dan Bandai kabarnya sedang berupaya meningkatkan keseimbangan game. Mereka melakukan berbagai upaya agar sekuel Doraemon Story of Seasons lebih mudah dimainkan dan dinikmati.

"Lingkungan dunia yang sangat disukai dalam game sebelumnya kini telah dikembangkan menjadi lebih indah," ungkap Koji Nakajima, "dengan tambahan cahaya alami, angin, dan efek realistis lainnya."

Nakajima menambahkan bahwa Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom memiliki fitur baru. Salah duanya adalah dunia di atas awan yang bisa digunakan untuk berkebun dan dunia di bawah laut yang bisa dijelajahi.

5. Produser akan merilis demo agar penggemar bisa mencoba sekuel Doraemon Story of Seasons

https://www.youtube.com/embed/34xfPs8kvrs

Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom kabarnya mengembangkan fitur lain berupa multiplayer. Artinya, game ini bisa dimainkan secara berpasangan. Pemain pertama menggerakan Nobita sementara pemain kedua menggerakkan Doraemon.

Dengan segala pemutakhiran di atas, rasanya game ini jadi makin layak untuk ditunggu. Namun, Bandai Namco Entertainment sendiri belum mengungkap jadwal rilisnya. Mereka akan mengumumkan itu pada kemudian hari.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, sebab Koji Nakajima memastikan Bandai akan mengeluarkan versi demo sebelum rilis. Ini dilakukan agar penggemar bisa mencoba sekuel Doraemon Story of Seasons tersebut sampai versi utamanya rampung.

"Kami harap kalian akan datang dan mengunjungi dunia yang indah ini saat gamenya rilis," pungkas Nakajima.

Baca Juga: Jadi Petani Virtual, Ini 5 Game Story of Seasons yang Mesti Kamu Coba

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya