Comscore Tracker

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!

Sudah coba semuanya belum?

Kalau kamu adalah salah satu orang yang menantik-nantikan perilisan Kingdom Hearts 3, kamu pasti kenal dengan developer dari game itu, yaitu Square Enix. Daripada kamu nganggur waktu masih nunggu, yuk cobain 7 RPG terbaik dari Square Enix. Berikut ini daftarnya!

7. Bravely Default

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!nintendo-europe.com

Memiliki lagu dan desain yang sudah tidak usah dipertanyakan, Bravely Default sangat disukai oleh gamer RPG yang menginginkan game dengan sistem job di dalamnya. Kamu akan memiliki kelas standar seperti Knight dan Black Mage.

Kemudian ada juga kelas prestige seperti Salve-Maker and Performer. Beberapa lebih kuat daripada yang lain. Kamu dapat mencampur dan mencocokkan kemampuan, tergantung bagaimana kamu ingin menjalankan gamemu.

6. Kingdom Hearts

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!n3rdabl3.com

Memang kalau kamu sudah menantikan KH3, kemungkinan besar kamu sudah memainkan dari seri yang pertama. Namun buat kamu yang belum, jangan ragu untuk mencoba. Disutradarai oleh seniman lama Final Fantasy Tetsuya Nomura, game ini berlatar cerita seputar dunia Disney, karakter Final Fantasy, dan pemeran aslinya.

Sora dilemparkan ke surga Disney dan mencoba untuk mencari tahu keyblade misterius serta hubungan antara dunia Disney dan miliknya sendiri. Di sana ia sambil bertarung dengan Sephiroth dan berusaha menemukan sahabatnya Kairi, serta menyelamatkan Riku.

5. Super Mario RPG - Legend Of The Seven Stars

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!nintendowire.com

Di sini Mario melanjutkan pencarian untuk mengalahkan Smithy dan akhirnya bekerja sama dengan Bowser untuk menghentikan si pandai besi yang jahat. Permainan ini menggunakan turn-based battle system dari Final Fantasy, tetapi disederhanakan dalam banyak cara untuk membuat permainan ini juga cocok dimainkan oleh yang lebih muda.

Baca Juga: Jangan Ngaku Penggemar MMORPG Sejati Kalau kamu Belum Main 7 Game Ini

4. Vagrant Story

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!amazon.com

Ini adalah permainan yang bisa dibilang underrated ketika dirilis pada tahun 2000. Terletak di sebuah kota fiksi klasik Prancis yang dikenal sebagai Leo Monde, permainan ini memang sepertinya bukan ditargetkan untuk disukai oleh semua orang. Namun selama bertahun-tahun, permainan ini terus memiliki fans yang setia.

Game ini sangat detail dan membutuhkan banyak sekali perhatian. Misalkan saja senjata yang adalah kelemahan utama dari seorang boss sulit ternyata tidak bisa dipakai untuk melawan tikus lemah di lokasi awal. Kamu akan memiliki segudang inventory yang beragam untuk berbagai keadaan. Seru kan!

3. Xenogears

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!youtube.com/Bizkit047

Salah satu seri yang paling dihormati di seluruh arsenal Square, Xenogears dirilis di Sony Playstation pada tahun 1998 untuk mendapatkan tanggapan yang sangat positif. Meskipun tidak pernah bertualang hingga ke pantai Eropa, ia terus tampil di hampir setiap daftar yang menamai game terhebat sepanjang masa.

Game ini berada di salah satu remake yang paling diminta kepada Square. Apa yang membuat Xenogears sangat menarik adalah alur cerita yang, ketika dipecah, mungkin yang terbesar dan paling rumit dari semua yang ada di daftar ini.

2. Chrono Trigger

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!squarespace.com

Permainan dari Square yang paling legendaris memang kebanyakan berada di tahun-tahun 90an seperti Chrono Trigger yang rilis di tahung 1995. Game ini juga merupakan hasil kolaborasi karya dari Hironobu Sakaguchi (Pencipta Final Fantasy), Yuji Horii (Pencipta Dragon Quest) dan Akira Toriyama, yang adalah seorang artis manga Dragonball. Mereka bergabung untuk menciptakan apa yang oleh sebagian orang game terbaik dari Square.

1. Final Fantasy tahun 90an

Sambil Menunggu Rilis Kingdom Hearts 3, Ini 7 RPG Terbaik Square Enix!mobygames.com

Kalau kamu perhatikan, game Final Fantasy yang paling sukses juga berada di sekitaran tahun 90an. Bahkan Final Fantasy XIV kemarin sempat mengalami penarikan dan re-release tahun depan. Kalau kamu baru ingin mencoba Final Fantasy, cobalah seri-seri awal seperti Final Fantasy VI (1994), Final Fantasy VII (1997), VIII (1999) dan IX (2000).

Yang mana yang belum kamu coba? Game di atas juga cocok untuk nostalgia dengan karya-karya lama dari Square Enix. Apalagi karya-karya lama mereka malah yang beberapa orang bilang lebih cemerlang daripada yang terbaru. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Jangan Bilang Kamu Fans Game RPG Taktik kalau Belum Main 5 Judul Ini

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya