Comscore Tracker

Facebook Dikabarkan Bakal Ganti Nama, Ini 5 Info Seputar Rebrandingnya

Facebook akan mengusung konsep metaverse

Kabar mengejutkan datang dari Facebook. Perusahaan teknologi raksasa tersebut dikabarkan berencana mengganti nama jejaring sosial itu. Isyarat ganti nama disampaikan langsung CEO Mark Zuckerberg.

Akan berganti nama menjadi apakah Facebook nanti? Apa pula yang mendasari rebranding tersebut? Berikut ini informasinya.

1. Facebook akan berganti nama pada minggu depan

Facebook Dikabarkan Bakal Ganti Nama, Ini 5 Info Seputar Rebrandingnyailustrasi rebranding Facebook (dailydot.com)

Dilansir The Verge, Mark Zuckerberg akan mengumumkan adanya perubahan nama dan rebranding Facebook pada minggu depan. Diperkirakan pengumuman tersebut bakal disampaikan saat konferensi Connect yang diadakan pada 28 Oktober.

Sampai sekarang, belum diketahui nama baru apa yang bakal menggantikan Facebook yang sudah akrab di telinga orang tersebut. Bahkan juru bicara Facebook tak mau berbicara tentang isu ini.

2. Rebranding untuk menyesuaikan dengan nama konsep yang sedang diusung Facebook

Facebook Dikabarkan Bakal Ganti Nama, Ini 5 Info Seputar Rebrandingnyailustrasi Facebook (dip.org.ua)

Masih dari artikel The Verge, alasan pergantian nama dilandasi perkembangan teknologi Facebook yang belakangan mengakuisisi banyak sektor. Mulai dari WhatsApp yang berada di ranah messaging, Instagram yang lebih fokus kepada foto, dan hingga Oculus yang mengembangkan teknologi virtual reality (VR).

Baca Juga: Ganggu Akses Pengawas, Update Baru Facebook Tuai Kritik

3. Metaverse akan menjadi konsep terbaru perusahaan raksasa tersebut

Facebook Dikabarkan Bakal Ganti Nama, Ini 5 Info Seputar Rebrandingnyailustrasi Mark Zuckerberg dan metaverse (theverge.com)

Konsep terbaru yang akan dibawa hingga berujung mengganti nama Facebook diduga masih terkait metaverse. Definisi metaverse dari Reuters adalah istilah yang mengacu kepada lingkungan dunia maya tempat orang-orang berinternet. Istilah tersebut sering digunakan dalam video game dan bisa merujuk kepada ruang digital yang lebih hidup karena VR dan augmented reality (AR).

Metaverse juga bisa merujuk kepada nama dunia virtual yang ditulis penulis novel sci-fi, Neal Stephenson. Dalam novel itu, digambarkan metaverse menjadi tempat pelarian orang-orang yang lelah dengan kondisi distopia atau dunia nyata.

4. Facebook bukan perusahaan teknologi pertama yang melakukan rebranding

Facebook Dikabarkan Bakal Ganti Nama, Ini 5 Info Seputar Rebrandingnyailustrasi Google Workspace (medium.com)

Isu terkait pergantian nama dan rebranding Facebook ini memang mengejutkan, namun bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Google sempat mengalami reorganisasi pada 2015 saat perusahaan induknya berganti dan dimiliki Alphabet. Semenjak saat itu, Google tak lagi hanya sebatas mesin pencarian, tetapi menjadi perusahaan yang berinovasi di bidang teknologi.

Pada 2016, Snapchat juga mengalami perombakan. Perusahaan teknologi yang terkenal sebagai pionir mempopulerkan konsep story itu berganti nama, dari Snapchat Inc. menjadi Snap Inc. Rebranding itu membuat perusahaan tak hanya ingin dikenal sebagai perusahaan aplikasi lagi, tetapi menjadi perusahaan kamera dan menghasilkan Spectacles, kacamata pintar yang fokus pada kamera dan video.

5. Nama baru Facebook diperkirakan akan berhubungan dengan kata horizon

Facebook Dikabarkan Bakal Ganti Nama, Ini 5 Info Seputar RebrandingnyaHorizon Workrooms (cnet.com)

Kembali kepada artikel The Verge, sang penulis yaitu Alex Health memperkirakan nama baru Facebook akan berhubungan dengan Horizon. Horizon sendiri merupakan nama produk VR yang sedang dikembangkan Facebook saat menggandeng Roblox beberapa waktu lalu dan sampai sekarang masih belum dirilis.

Menurut kamu nama apakah yang bakal menggantikan Facebook?

Baca Juga: Dibeli, Ini 10 Perusahaan yang Diakusisi oleh Facebook

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya