Comscore Tracker

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahun

Tiap tahun mereka perkenalkan fitur baru

Pada Hari Minggu lalu (24/2), WhatsApp merayakan ulang tahunnya yang kesepuluh. Perusahaan aplikasi messenger yang telah diakusisi Facebook tersebut membuat sebuah video highlight bagaimana perjalanan karir mereka selama 10 tahun tersebut.

Tidak banyak informasi yang disampaikan oleh video tersebut. Karena itu, IDN Times membuat artikel bagaimana sejarah perusahaan besar satu ini. Berikut ini adalah karir 10 tahun mereka di bidang aplikasi messenger.

1. 2009: WhatsApp mulai beroperasi

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunyoutube.com Old Wide Web

Pada tahun ini WhatsApp secara resmi diluncurkan untuk pengguna iPhone. Brian Acton dan Jan Koum membuat aplikasi ini setelah mereka keluar dari Yahoo! pada September 2007 dan ditolak oleh Facebook ketika melamar kerja di sana. Koum sadar bahwa industri aplikasi sangatlah berpotensi menjadi besar ketika membeli iPhone.

2. 2010: WhatsApp memperkenalkan fitur terbarunya, yaitu membagi lokasi

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunperu.com

Di tahun ini WhatsApp baru mulai masuk ke dalam dunia Android, tepatnya pada Agustus 2010. Namun sebelum itu, WhatsApp memperkenalkan sebuah fitur baru bernama sharing location. Lewat fitur ini, para pengguna bisa memberitahukan lokasinya ke kerabat lainnya untuk menginfokan keamanan mereka.

3. 2011: WhatsApp mulai terkenal di kalangan pengguna smartphone

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunnaukrinama.com

WhatsApp menjadi aplikasi yang masuk dalam 20 besar app store Apple. Mereka memecahkan rekor dengan adanya pesan yang dikirimkan dalam satu hari mencapai satu triliun. Pada 2011 juga WhatsApp kembali memperkenalkan fitur baru group chat yang membuat penggunanya dapat berbincang beramai-ramai di satu kolom chat yang sama.

4. 2012: WhatsApp sempat diserang hacker

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunremotespysoftware.com

Tidak banyak pengenalan fitur baru di tahun ini, tetapi yang ramai dibicarakan adalah adanya serangan hacker ke pihak WhatsApp. Serangan hacker tersebut memunculkan sebuah situs web yang memungkinkan mengubah status seorang pengguna WhatsApp selama nomor teleponnya diketahui. Tujuan hacker ini adalah mencoba menunjukkan kalau WhatsApp tidak menjamin keamanan privasimu.

5. 2013: Berkirim pesan merambah ke dalam bentuk suara

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunnews4c.com

Di 2013, WhatsApp kembali memperkenalkan fitur baru bernama voice messages. Lewat fitur ini, pengguna bisa langsung mengirimkan pesan suaranya tanpa perlu menelepon. Pada tahun yang sama, pengguna WhatsApp membludak, mencapai lebih dari 200 juta pengguna aktif, yang mana diklaim perusahaan jika pengguna tiap bulannya mencapai 400 juta dan membuat aplikasi ini, dari yang berlangganan menjadi gratis.

Baca Juga: WhatsApp, Instagram & Facebook Messenger Akan "Merger", Ini 5 Faktanya

6. 2014: Facebook mengakusisi WhatsApp menjadi bagian dari perusahaannya

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunctvnews.ca

2014 menjadi tahun yang sangat krusial. Pada Bulan April, WhatsApp mencapai 500 juta pengguna aktif dan memberikan fitur bernama read receipts yang mana bisa membuat pengguna mengetahui apakah pesan mereka sudah dibaca lawan bicaranya atau belum. Tahun ini juga Facebook membeli WhatsApp dengan harga US$ 19 triliun, atau sekitar Rp126 ribu triliun.

7. 2015: WhatsApp merambah ke web

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahuntechspot.com

Dengan kerja samanya WhatsApp dengan Facebook, maka sudah tentu ada perubahan yang cukup dramatis terjadi pada aplikasi messenger satu ini. Bernama WhatsApp Web, pengguna WhatsApp dapat menggunakan aplikasi ini via komputer dengan cara mengakses situs web.whatsapp.com.

8. 2016: fitur video calling diperkenalkan di WhatsApp

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunidownloadblog.com

WhatsApp meningkatkan fiturnya yang membuat pengguna dapat bertatap muka dan mengobrol langsung via aplikasi tersebut. Di 2016 ini pula, WhatsApp meningkatkan keamanannya menjadi end-to-end encryption.

Perusahaan mencoba meyakinkan masyarakat dan media bahwa aplikasi ini sangat aman. Bahkan orang-orang WhatsApp sendiri pun tidak mampu melihat isinya.

9. 2017: peluncuran fitur serupa Snapchat dan Facebook stories di ulang tahun ke delapannya

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahundailysocial.id

Update terbaru dari WhatsApp adalah memperkenalkan fitur stories. Lewat fitur ini, status pengguna hanya dapat bertahan 24 jam dan setelah itu menghilang. Tahun ini sangat mengubah muka WhatsApp karena pendiri WhatsApp sendiri, Brian Acton, memutuskan keluar dari perusahaan yang dibangunnya untuk membangun perusahaan pribadi bernama Signal Foundation.

10. 2018: luncurkan aplikasi yang dikhususkan untuk keperluan bisnis

Rayakan Ultah yang Ke-10, Ini Perjalanan WhatsApp dalam Sepuluh Tahunweirdobytes.com

Bernama WhatsApp Business, aplikasi ini terpisah dari aplikasi WhatsApp yang umum digunakan. Di sini, profil yang ditampilkan adalah profil bisnis itu sendiri, mulai dari alamat, kontak yang bisa dihubungi, deskripsi bisnis dan lainnya. Transaksi bisnis juga bisa dilakukan di aplikasi ini.

Itulah perjalanan karir perusahaan WhatsApp dari tahun ke tahun. Apa kamu sudah menggunakannya sejak pertama kali dari 2009? Tahun berapa kamu baru mulai pakai WhatsApp? 

Baca Juga: 5 Fitur Terbaru Ini Diperkirakan Segera Hadir di Update WhatsApp 2019

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya