Comscore Tracker

Bukan Bug, Fitur Preview Foto Instagram di Twitter Memang Dimatikan

Yang mematikan fitur itu adalah Instagram sendiri

Apakah kamu sadar ada sesuatu yang berbeda di Twitter? Jika kamu tidak sadar, kami beritahukan jawabannya. Itu adalah tampilan gambar dari Instagram tidak lagi muncul di news feed atau cuitan Twitter. Aneh, karena foto di Instagram tersebut masih ada dan bisa diakses, tapi yang muncul di twit hanya link-nya saja.

Tentu saja ada penjelasan dari situasi ini. Berikut ini yang bisa kami laporkan.

1. Ini bukan bug

Bukan Bug, Fitur Preview Foto Instagram di Twitter Memang Dimatikantechradar.com

Kamu kemungkinan besar mengira bahwa Twitter sedang mengalami masalah. Nyatanya bukan. Gambar Instagram tidak ada di Twitter karena memang disengaja, bukan oleh pihak Twitter melainkan dari pihak Instagram. Fitur yang bertajuk Twitter Card functionality sepenuhnya dimatikan oleh anak perusahaan Facebook tersebut.

Baca Juga: 10 Kata Gaul yang Hanya Dipahami Sama Anak Twitter

2. Kamu tidak bisa lagi melihat segala foto dari Instagram di Twitter

Bukan Bug, Fitur Preview Foto Instagram di Twitter Memang DimatikanYouTube.com/Michael MJD

Akibat hal ini, foto-foto dari Instagram sepenuhnya tidak akan bisa dibuka, baik itu di news feed, cuitan ataupun galeri foto. Kamu tetap bisa mencuit foto di Instagram, tapi tidak bisa melihat fotonya secara preview. Hanya link saja yang tampak.

3. Birokrasi menjadi sumber utama perubahan fitur ini

Bukan Bug, Fitur Preview Foto Instagram di Twitter Memang Dimatikannbcnews.com

Ada beberapa hal yang bisa ditarik sebagai penyebab utama penghentian tampilan gambar Instagram di Twitter ini. Dilansir dari bigfin.com, pertama adalah kebijakan Twitter yang menghentikan opsi “Mencari teman via Twitter” lewat Instagram.

Yang kedua adalah keinginan Facebook agar foto-foto dibagikan di Facebook, bukan di Twitter. Itu artinya fitur gambar ini dihentikan karena adanya persaingan dari kedua perusahaan. IDN Times telah mencoba menghubungi Adam Mosseri, Head of Instagram pusat di Amerika, melalui pesan pribadi, tapi hingga kini belum ada balasan.

Menurut kalian bagaimana dengan kasus ini? Apakah persaingan kedua perusahaan ini penting untuk dibicarakan mengingat itu bisa mempengaruhi fitur di kedua platform? Semoga saja kedua perusahaan segera berdamai agar fitur-fitur ini kembali lagi.

Baca Juga: 7 Aplikasi Penyedia Template Instagram Story Terbaik

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya