Comscore Tracker

Kabar Baik, Instagram akan Beri Tahu Jika Konten Kita Dibatasi!

Akan beri tahu jika konten kita tak masuk rekomendasi

Salah satu keluhan para konten kreator terkait Instagram adalah saat performa konten kita tak sesuai ekspektasi. Performa konten di Instagram memang cenderung fluktuatif. Kadang konten bisa mendapat banyak like atau views, namun terkadang konten yang sudah kita buat hanya mendapat sedikit like atau views. Banyak konten kreator yang mengeluhkan hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Adam Mosseri, Head of Instagram, mengungkap bahwa pihaknya akan segera merilis fitur baru. Fitur tersebut nantinya akan memberi tahu jika konten kita dibatasi dan tak masuk ke dalam rekomendasi, baik di feed maupun di Instagram explore!

Pembatasan jadi salah satu penyebab konten minin like dan views

Adam mengatakan bahwa salah satu penyebab performa Instagram kita menurun adalah karena akun atau konten kita tak masuk di rekomendasi Instagram, baik itu di feed maupun explore. Hal tersebut membuat reach konten kita jadi kecil karena konten yang kita buat tak bisa menjangkau orang-orang yang tidak mem-follow akun kita.

Alasan pihak Instagram membatasi persebaran konten kita adalah karena adanya indikasi bahwa konten yang kita buat, baik itu foto atau video, melanggar community guideline dan recommendation guidelines milik anak perusahaan Meta tersebut. Jika sudah dibatasi, maka otomatis hanya orang-orang yang mem-follow akun kita dan orang-orang yang mengaksesnya dari akun kita saja yang akan bisa melihat konten tersebut.

Baca Juga: Survei: Topik, Influencer, dan Tagar Paling Hits di Instagram 2022

Transparency Tools diharapkan bisa jadi solusi

Kabar Baik, Instagram akan Beri Tahu Jika Konten Kita Dibatasi!Unsplash/ Katka Pavlickova

Head of Instagram tersebut memberi pengumuman bahwa pihaknya merilis sebuah fitur yang disebut dengan Transparency Tools. Fitur tersebut berfungsi untuk memberi informasi terkait konten-konten kita. Termasuk apakah konten kita bisa masuk rekomendasi feed dan explore atau justru dibatasi karena terindikasi melakukan pelanggaran terhadap community guidelines dan recommendation guidelines.

Dengan adanya fitur tersebut, diharapkan kreator bisa mengevaluasi sendiri konten-konten yang mereka buat. Kita dapat mengedit konten tersebut sehingga bisa sesuai dengan aturan Instagram dan bisa masuk rekomendasi, menghapus kontennya, atau melakukan "appeal" jika merasa konten kita tak melanggar community guidelines dan recommendation guidelines milik Instagram.

Cara mengakses Transparency Tools

Kabar Baik, Instagram akan Beri Tahu Jika Konten Kita Dibatasi!Unsplash/Deeksha Pahariya

Untuk mengakses fitur Transparency Tools tersebut sejatinya cukup mudah. Buat kamu yang sudah status akunnya sudah Professional Account, kamu tinggal ikuti langkah berikut:

  • Buka "Profile, pilih "Menu"
  • Kemudian pilih "Settings"
  • Klik bagian "Account"
  • Pilih "Account Status"

Pada bagian "Account Status" tersebut kita bisa melihat konten-konten kita yang terindikasi melanggar dan dibatasi dari rekomendasi.

Update pada halaman "Account Status" merupakan langkah Instagram guna memberikan kejelasan terkait persebaran konten para kreator. Banyak konten kreator yang merasa akun mereka terkena "Shadowban" sehingga reach konten mereka jauh berkurang. 

Dengan adanya fitur baru ini setidaknya akan memberikan kejelasan lebih bagi kreator atau brand yang melihat penurunan reach pada akun mereka dan ingin meminta kejelasan informasi terkait alasannya.

Baca Juga: Cara Bikin Gambar Avatar AI yang Viral di Instagram

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya