Comscore Tracker

Cara Mendapatkan Efek Bokeh dengan Kamera Smartphone, Mudah!

Efek bokeh ternyata bisa didapatkan dengan kamera HP

Jika berbicara mengenai fotografi, termasuk mobile photography, fitur efek bokeh merupakan salah satu fitur penting. Baik para fotografer profesional maupun penggemar fotografi menginginkan untuk menghadirkan efek bokeh yang rapi dari gambar yang mereka ambil.

Oleh karenanya banyak orang yang menilai kualitas kamera suatu smartphone dari hasil bokeh yang dihasilkan. Namun sebenarnya apa sih efek bokeh itu? Bagaimana cara mendapatkan bokeh yang bagus? Simak ulasan di bawah!

Apa itu bokeh?

Cara Mendapatkan Efek Bokeh dengan Kamera Smartphone, Mudah!Unsplash/Joshua Hoehne

Efek bokeh terjadi ketika gambar utama dalam sebuah foto tampil jelas dan tajam, sedangkan latar belakangnya terlihat buram dan samar. Efek bokeh ini dapat membantu menghasilkan foto yang lebih dramatis dan menarik perhatian.

Secara harfiah, "bokeh" berasal dari bahasa Jepang yang berarti "kabut" atau "kabut yang samar". Dalam fotografi, istilah ini merujuk pada area latar belakang yang tampak buram dan samar. Efek bokeh biasanya dihasilkan dengan membuka aperture kamera dalam mode manual atau dengan menggunakan lensa dengan aperture yang lebar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smartphone Terbaik yang Mampu Hasilkan Foto Bokeh

Tip mendapatkan efek bokeh dengan kamera smartphone

Cara Mendapatkan Efek Bokeh dengan Kamera Smartphone, Mudah!Unsplash/ Max Harlynking

Tak cuma kamera profesional yang bisa mengambil gambar dengan efek bokeh. Kamera smartphone yang memiliki mode portrait juga bisa menghasilkan efek bokeh secara otomatis ketika mengambil foto. Namun, pengguna juga dapat menyesuaikan efek bokeh pada kamera smartphone dengan menyesuaikan fokus dan jarak objek dengan latar belakang.

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghasilkan efek bokeh yang bagus dengan kamera smartphone:

  1. Gunakan mode potret pada kamera smartphone
    Mode potret pada kamera smartphone dirancang khusus untuk menghasilkan efek bokeh. Dalam mode potret, kamera smartphone akan secara otomatis mengenali wajah atau objek yang ingin diambil gambar dan mengaburkan latar belakangnya.
  2. Perhatikan jarak objek dengan latar belakang
    Jarak objek dengan latar belakang sangat penting dalam menghasilkan efek bokeh yang baik. Semakin jauh jarak objek dengan latar belakang, maka semakin buram dan samar latar belakangnya.
  3. Gunakan lensa telefoto
    Lensa telefoto dapat membantu memfokuskan objek pada jarak yang lebih jauh dan menghasilkan efek bokeh yang lebih dramatis.
  4. Gunakan aplikasi kamera pihak ketiga
    Beberapa aplikasi kamera pihak ketiga memiliki fitur yang lebih lengkap dan dapat membantu menghasilkan efek bokeh yang lebih baik.
  5. Gunakan editing foto
    Jika efek bokeh tidak terlihat cukup dramatis pada foto yang diambil, maka kamu dapat menggunakan aplikasi editing foto untuk memperkuat efek bokeh. Aplikasi seperti Adobe Photoshop Express, Snapseed, dan VSCO, bisa sangat membantu.

Perlu diingat bahwa efek bokeh tidak selalu cocok untuk setiap jenis foto. Untuk menghasilkan foto yang baik, kamu perlu mempertimbangkan kondisi dan objek sebelum menggunakannya. Dengan mengikuti beberapa tip di atas, semoga kamu bisa menghasilkan efek bokeh yang lebih maksimal!

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto Android dengan Efek Bokeh Terbaik

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya