Comscore Tracker

6 Fakta Cameo App, Bikin Seleb Dunia Ngucapin Ultah Kamu

Hari istimewamu makin spesial dengan Cameo!

Siapa yang tidak ingin berinteraksi dengan selebritas idolanya? Dari musisi, aktor, hingga atlet, jika kamu memiliki cukup dana, pastinya kamu ingin sepatah atau dua patah kata dari mereka saat kamu ulang tahun atau hanya ingin mereka mengulangi dialog, memeragakan aksi, atau menyanyikan lirik yang kamu sukai.

Sekarang, ini bukan mimpi lagi. Viral saat pandemik COVID-19, dengan aplikasi Cameo, kamu memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan mendapatkan pesan-pesan spesial dari para selebritas dunia hanya untukmu. Bagaimana cara kerja Cameo? Simak fakta selengkapnya!

1. Apa itu Cameo?

6 Fakta Cameo App, Bikin Seleb Dunia Ngucapin Ultah KamuCameo, platform interaksi dengan selebritas (cameo.com)

Cameo adalah aplikasi bermarkas di Amerika Serikat yang didesain untuk selebritas dunia dan untukmu. Layanan ini tersedia untuk platform PC dan bisa diunduh oleh para pengguna Android (Play Store) dan iOS (App Store).

Kamu bisa mendaftar Cameo secara cuma-cuma untuk melihat sederet selebritas — termasuk YouTuber hingga TikToker — yang ada di layanan tersebut. Pendaftaran bisa dilakukan dengan email, menghubungkan akun Facebook, atau memasukkan kode undangan VIP.

2. Bertemu selebritas kelas dunia

6 Fakta Cameo App, Bikin Seleb Dunia Ngucapin Ultah Kamusederet selebritas kelas dunia di Cameo (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Setelah kamu masuk ke Cameo, kamu akan disuguhkan berbagai foto dan nama selebritas yang mungkin sering kamu lihat di poster film, layar TV, hingga layar bioskop. Beberapa selebritas yang bisa kamu temui di Cameo yakni:

  • Snoop Dog (musisi rap AS)
  • Lindsay Lohan (selebritas AS)
  • Danny Trejo (aktor AS)
  • Tom Felton (aktor Inggris)
  • Tony Hawk (pemain skateboard AS)
  • Mike Tyson (petinju legendaris AS)
  • Floyd Mayweather Jr. (petinju legendaris AS)
  • Marquinhos (pesepak bola Brasil di Paris Saint Germain/PSG)
  • Kareem Abdul-Jabbar (pebasket legendaris AS)
  • Earvin "Magic" Johnson (pebasket legendaris AS)
  • Pierre Bouvier (vokalis band Kanada Simple Plan)
  • Oli Sykes (vokalis band Inggris Bring me the Horizon)
  • Ne-Yo (musisi AS)

Bahkan, beberapa politikus AS juga tersedia di Cameo. Sayangnya, belum semua selebritas kondang bisa kamu temui. Selain itu, masih sedikit selebritas Asia di Cameo, dan nihil yang berasal dari Indonesia.

3. Bukan layanan gratis

6 Fakta Cameo App, Bikin Seleb Dunia Ngucapin Ultah KamuMike Tyson dan Floyd Mayweather di aplikasi Cameo (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Sementara bergabung dengan Cameo tidak butuh dana, untuk booking layanannya tentu perlu biaya ekstra. Pembayaran dapat dilakukan dengan Visa, Mastercard, PayPal, Apple Pay, dan Google Pay.

Selebritas di Cameo mematok harga, dan harga itu berbeda-beda pada tiap seleb. Selain mengobrol via teks, beberapa selebritas di Cameo juga menawarkan Cameo Calls (video call) tentu dengan harga ekstra.

Opsi harga bisa terbagi jadi: Pribadi dan Bisnis. Sebagai contoh, aktris Lindsay Lohan mematok harga US$500 (Rp7,2 juta) untuk layanan pribadi (ulang tahun, memberi semangat, bertanya, hingga di-roasting). Untuk bisnis (mempromosikan produk dan sebagainya), pemeran Cady Heron di Mean Girls ini mematok US$5.000 (Rp72 juta).

Untuk saat ini, selebritas termahal di Cameo adalah Mike Tyson yang mematok harga fantastis US$20.000 (Rp288 juta), dan itu pun hanya untuk bisnis. Floyd Mayweather Jr. adalah selebritas termahal kedua di Cameo dengan US$15.000 (Rp216 juta).

Baca Juga: 5 Fakta Aplikasi Medsos Clubhouse, Populer karena Elon Musk

4. Cara booking jasa artis di Cameo

6 Fakta Cameo App, Bikin Seleb Dunia Ngucapin Ultah Kamufitur booking layanan selebritas di Cameo (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Jadi, bagaimana cara memesan jasa selebritas di Cameo? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Dari laman utama Cameo, pilih selebritas yang kamu inginkan
  • Jika selebritas sedang membuka jasa, pada bagian bawah laman, ketuk "Book Now (harga yang dipatok oleh selebritas dalam US$)"
  • Jika kamu yang melakukan booking, pilih "It's all mine". Namun, kalau booking untuk temanmu, masukkan nama dan foto lalu ketuk "Save"
  • Isi berbagai informasi mengenai pemesanan dan sertakan video berdurasi 20 detik mengenai dirimu dan tujuan pemesanan jasa

Setelah melakukan pembayaran, kamu bisa menunggu 7 hari dan video Cameo akan dikirimkan ke nomor telepon atau email-mu. Namun, jika kamu tak kunjung mendapatkannya, Cameo berjanji akan mengembalikan dana. Selebritas memiliki hak penuh untuk menerima atau menolak permintaan Cameo.

Perlu kamu ketahui, tidak semua selebritas selalu hadir di Cameo setiap waktu. Jika kamu benar-benar ingin bertemu sapa secara virtual dengan mereka, cukup tekan "Notify me when available", dan Cameo akan memberitahumu saat selebritas atau talent Cameo tersebut sedang open.

5. Ikut Fan Club untuk berbagai kemudahan

6 Fakta Cameo App, Bikin Seleb Dunia Ngucapin Ultah Kamufitur Fan Club di aplikasi Cameo (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Jika kamu memang menyukai selebritas di Cameo, jangan ragu untuk bergabung dengan fan club-nya. Kamu bisa melakukannya dengan mengakses profil selebritas atau talent Cameo, dan di kanan atas layar, tekan "Join Fan Club" untuk bergabung. Tenang, fitur ini tidak memungut biaya ekstra lagi, kok.

Dengan bergabung dengan Fan Club selebritas atau talenta Cameo, permintaan Cameo-mu bisa diprioritaskan dan kamu juga akan diinformasikan bila selebritas atau talent Cameo sedang live atau diskon harga booking. Cameo berjanji untuk menyertakan lebih banyak fitur Fan Club.

6. Kamu juga bisa jadi talent Cameo

6 Fakta Cameo App, Bikin Seleb Dunia Ngucapin Ultah Kamupendaftaran talent di Cameo (cameo.com)

Itulah cara-cara untuk mendaftar sebagai pelanggan dan memesan jasa Cameo. Oh, bagaimana jika kamu adalah seorang selebritas yang juga ingin mengobral jasa di platform tersebut? Tentu saja bisa!

Kamu bisa mengakses laman web Cameo dan memilih "Enroll as talent". Kamu akan diarahkan ke laman pendaftaran khusus untuk talent Cameo. Di sana, kamu perlu mengisi berbagai data, seperti:

  • Nama
  • Alamat email
  • Nomor telepon
  • Negara
  • Akun media sosial yang sering digunakan
  • Jumlah follower (minimal 20.000)
  • Informasi tambahan mengenai dirimu

Lalu, Cameo akan memproses lamaran talent-mu dan kamu akan diberitahu dalam 3 hari. Sebelumnya, Cameo sudah memperingatkan bahwa talent perlu memenuhi persyaratan Cameo untuk bisa jadi talent. Kamu merasa kamulah orang tersebut? Coba daftar!

Baca Juga: 8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-bling

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya