Comscore Tracker

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-bling

Kalau kamera HP tidak cukup bagus...

Cekrek! Cekrek! Cekrek!

Kamu suka fotografi? Mungkin hobi kamu harus tertahan sedikit karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mengharuskan kamu di rumah saja. Memang membosankan... Tetapi, demi menekan angka penyebaran virus corona baru (COVID-19) yang menyebabkan penyakit virus corona baru (COVID-19), yuk, bertahan!

Percayakah kamu dengan modal kamera ponsel cerdas (smartphone) dan pemandangan di sekitar rumahmu, kamu dapat menghasilkan sebuah foto yang tidak kalah dengan canggihnya kamera DSLR?

"Ah, lebai! Jangan samakan kinerja kamera DSLR yang jutaan dengan kamera smartphone dong."

Terkesan lebai?! Kalau begitu, cobalah delapan aplikasi edit foto ini untuk smartphone berbasis Android dan iOS rekomendasi langsung dari situs CNET. Yuk, unduh!

1. Snapseed

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-bling9to5google.com

Snapseed menduduki posisi pertama di daftar ini. Aplikasi penyunting foto besutan Google ini dapat menawarkan berbagai peralatan untuk mengganti nada warna dan exposure pada fotomu.

Selain itu, jika filter kamera smartphone-mu terasa kurang, Snapseed memiliki beragam filter untuk membuat fotomu semakin menarik! Mulai dari filter vintage hingga HDR scape, tinggal pilih! Touch up fotomu hingga kamu dapatkan hasil yang kamu mau.

Aplikasi Snapseed dapat kamu unduh di Play Store dan App Store gratis. Berikut adalah salah satu hasil edit dari Snapseed. Keren!

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingaperturebuzz.com

2. Lightroom

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingtested.com

Kalau soal edit foto, Adobe tidak perlu diragukan. Pada daftar ini, Adobe menyumbang dua aplikasi edit foto: Lightroom dan Photoshop Express. Yuk, bahas Lightroom dulu.

Sama dengan versi komputernya, Adobe Lightroom pada smartphone  berbasis Android dan iOS tetap menawarkan kualitas edit foto yang tidak kalah mutakhir! Bukan stiker atau emoji, kamu akan mendapatkan berbagai peralatan yang biasa kamu temukan pada Adobe Lightroom versi PC.

Kelebihan Adobe Lightroom yang kedua adalah penyimpanan awan. Jika kamu memiliki Adobe Lightroom di PC, kamu bisa menyunting fotomu di smartphone, lalu memindahkannya ke PC untuk diedit lebih lanjut!

Diunduh secara gratis di Play Store dan App Store, beberapa peralatan dalam Adobe Lightroom harus dibeli. Tetapi, worth itlho. Tidak percaya? Ini salah satu hasilnya.

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingphotographyconcentrate.com

3. Adobe Photoshop Express

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingchromecomputing.com

Yang kedua dari Adobe adalah Adobe Photoshop Express. Jika kamu suka menyunting gambar di PC, pastinya Adobe Photoshop adalah salah satu piranti lunak yang sering dipakai. Nah, ini adalah versi smartphone-nya.

Bersaudara dengan Adobe Lightroom, Adobe Photoshop Express memiliki banyak fitur yang mirip seperti termasuk opsi koreksi pencahayaan, kontras dan nada warna. Namun, Adobe Photoshop Express "menelantarkan" beberapa fitur dan sinkronisasi cloud. Untungnya, Adobe Photoshop Express tidak menarik biaya berlangganan!

Seperti versi PC-nya, Adobe Photoshop Express adalah aplikasi yang recommended untuk menyuntung gambar hingga kualitas terbaik dengan berbagai pilihan pilihan filter gambar dan tekstur lapisan. Selain itu, terdapat fitur untuk membuat kolase gambar yang unik dan keren, boys and girls.

Tersedia untuk Play Store dan App Store, dapatkan Adobe Photoshop Express secara gratis! Ini salah satu contoh penggunaan Photoshop Express.

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingiphonephotographyschool.com

4. Prisma

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingapps.apple.com

Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan Prisma Photo Editor dari Prisma Labs untuk menyunting fotomu di smartphone Android dan iOS. Prisma tidak memiliki filter sehalus dan fitur koreksi gambar dasar seperti aplikasi edit gambar lainnya di daftar ini. Sebaliknya, filter Prisma akan memperunik fotomu.

Jika kamu memiliki Prisma di smartphone-mu, kamu pasti tahu bahwa Prisma memiliki efek dan filter lukisan yang terinspirasi oleh seniman kenamaan, dari Salvador Dali hingga Pablo Picasso.

Dikarenakan intensitas filternya, kamu harus cermat memilih filter yang sesuai dengan fotomu. Ada filter yang lebih cocok dipakai untuk foto potret, sedangkan ada filter yang lebih cocok jika digunakan untuk foto lanskap.

Untuk smartphone Android dan iOS, unduh Prisma di Play Store dan App Store secara gratis. Memang, beberapa fitur perlu tambahan dana. Selamat bereksperimen layaknya seorang pelukis legendaris!

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingpinterest.com

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Dimiliki oleh Fotografer Profesional

5. Bazaart

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingapps.apple.com

Eksklusif untuk pengguna gawai iOS dari iPhone hingga iPad, kamu dapat menggunakan Bazaart Photo Editor & Design dari Bazaart Ltd. dan Enlight Photofox: Digital Art dari Lightricks Ltd. Yuk, bahas Bazaart dulu.

Aplikasi edit foto dari Bazaart Ltd. ini menyediakan fitur montase dan kolase, sehingga kamu dapat menggabungkan beberapa elemen berbeda - dari foto, teks, hingga grafik - menjadi satu karya seni buatanmu sendiri! Templat kolase Bazaart cocok banget bagi kamu yang suka unggah kolase di Instagram Story.

Selain itu, Bazaart memiliki "penghapus" yang dapat menghilangkan latar belakang langsung dari belakang subjek potret. Dan, kamu dapat menempatkan latar belakang yang baru beserta efek-efeknya.

Sepert aplikasi edit gambar lainnya di daftar ini, Bazaart dapat kamu unduh secara gratis di App Store. Namun, jika ingin menikmati fitur tambahan lainnya, kamu harus menambahkan dana berlangganan ekstra. Lihat saja hasilnya. Worth every Rupiah!

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingcnet.com

6. Photofox

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingapps.apple.com

Aplikasi edit foto kedua yang eksklusif untuk iOS adalah Enlight Photofox: Digital Art. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan Bazaart, menggunakan Photofox tidak akan menjadi masalah.

Malah, Photofox memiliki fitur "penghapus" untuk menghilangkan subjek dari latar belakang atau menambahkannya ke latar belakang yang baru dengan berbagai efek yang WOW.

Salah satu efek Photofox yang direkomendasikan adalah dispersion yang, sesuai namanya, membuat subjek pada foto tampak "meledak" menjadi partikel. Selain dispersion, Photofox memiliki efek glitch yang futuristik dan double exposure yang menumpuk dua gambar menjadi dua lapis satu sama lain.

Tentu saja, untuk menikmati berbagai fitur tambahan secara unlimited di Photofox, kamu harus mengeluarkan dana ekstra untuk berlangganan. Ayo bereksperimen dengan berbagai fitur dan efek yang membuatmu seperti photo editor sejati!

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingtapsmart.com

7. VSCO

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingvsco.co

Tidak lengkap rasanya membicarakan aplikasi edit foto untuk smartphone Android dan iOS tanpa memasukkan aplikasi VSCO ke dalamnya. Bagi kamu yang suka edit foto di waktu senggang, VSCO dari Visual Supply Company adalah aplikasi yang kudu kamu unduh di smartphone.

Dari membuat preset gradasi warna untuk Adobe Lightroom, asal-usul VSCO tersebut jelas terlihat dalam aplikasi standalone-nya.

Bukan stiker atau GIF, VSCO menyediakan filter dan preset warna kelas kakap. Ingin tampilan jadul? VSCO memiliki preset yang dirancang untuk meniru hasil gulungan film klasik dan hitam putih, dari Fujifilm, Kodak, sampai Ilford.

VSCO hadir secara gratis di Play Store dan App Store. Namun, untuk menikmati fitur tambahan (dari montase hingga fitur edit video), kamu harus membayar biaya berlangganan dengan masa percobaan gratis selama 7 hari. Lihat hasil edit foto di bawah. Lebih terlihat realistis dan jernih, kan?

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingmortalmuses.com

8. PicsArt

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingapps.apple.com

Aplikasi edit gambar terakhir dari daftar ini adalah PicsArt besutan PicsArt, Inc. Mendengar namanya, pasti kamu yang sering edit gambar di smartphone sudah tahu popularitasnya.

PicsArt memiliki sejumlah fitur pengeditan untuk fotomu, mulai dari koreksi dasar seperti pencahayaan dan kontras, hingga penilaian nada warna secara sinematik dan filter dramatis. Kamu dapat mengubah foto bak lukisan.

Selain foto potret dan lanskap, ada serangkaian pilihan untuk mengoreksi nada dan bentuk wajah pada swafotomu (selfie), dari terlihat cantik dan tampan, hingga terlihat aneh dan unik!

PicsArt tersedia secara gratis di Play Store dan App Store. Namun, untuk menikmati fitur tambahannya, ada biaya berlangganan yang perlu kamu bayar. Tetapi, dengan berlangganan, kamu bisa dapatkan hasil seperti di bawah ini.

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iOS, Makin Bling-blingpinterest.com

Itulah delapan aplikasi edit foto di smartphone berbasis Android dan iOS yang dapat kamu unduh dan gunakan untuk memperindah fotomu!

"Wah, benar! Tidak kalah dengan kamera DSLR, ya!"

Ya, kan? Tentu saja, bukan hanya aplikasi, kamu juga harus mempertajam skill fotografimu. Jangan bergantung dari aplikasi smartphone saja. Ambil smartphone-mu dan mulai foto sekitarmu!

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android, Bisa jadi Selebgram nih!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya