Comscore Tracker

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakan

Cocok untuk kamu yang sudah bosan dengan Tinder

Tinder merupakan salah satu aplikasi terpopuler di dunia sekaligus aplikasi dating atau cari jodoh paling dikenal. Kesederhanaan menjadi salah satu hal yang membuat Tinder banyak digunakan. Namun, tidak sulit untuk merasa bosan dengan Tinder.

Umumnya, pengguna bosan karena pilihan “calon pasangan” yang itu-itu saja atau tidak adanya “match” atau kecocokan. Untungnya di luar sana ada banyak alternatif aplikasi cari jodoh serupa Tinder yang tak kalah menarik. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Bumble

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakanilustrasi Bumble (play.google.com)

Bumble diciptakan oleh mantan karyawan Tinder dan dibuat dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan gender dalam aplikasi cari jodoh. Bumble secara garis besar sama seperti Tinder, tetapi dengan keunikan dalam kecocokan heteroseksual, perempuan menjadi yang pertama yang melakukan pergerakan atau mengirim pesan dan laki-laki punya waktu 24 jam untuk merespons sebelum kecocokan itu dihilangkan.

Selain berinteraksi via chat, Bumble juga menyediakan opsi untuk bercakap-cakap via panggilan suara atau video.

2. Hinge

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakanilustrasi Hinge (play.store.com)

Hinge tampil berbeda dibanding yang lainnya karena menggambarkan dirinya sebagai “aplikasi cari jodoh yang dirancang untuk dihapus”. Ketika pertama kali digunakan, Hinge akan meminta pengguna untuk mengisi profil terperinci tentang diri pengguna.

Selain foto, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan menarik yang disediakan juga sangat penting untuk membuat profil pengguna makin menarik. Alih-alih hal keseluruhan, kecocokan di Hinge dapat terpicu ketika pengguna menyukai bagian tertentu dari profil seseorang.

3. OkCupid

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakanilustrasi OkCupid (play.google.com)

OkCupid mengalami cukup banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir dan algoritma barunya kini membuatnya jadi salah satu aplikasi cari jodoh terbaik. Tidak hanya algoritma anyar, OkCupid kini juga memiliki desain yang lebih menarik di samping menawarkan lebih banyak opsi terhubung dengan calon pasangan potensial.

OkCupid membantu pengguna menemukan tambatan hatinya berdasarkan minat yang sama (seperti hobi atau hewan peliharaan misalnya) dan jawaban atas beragam pertanyaan yang diberikan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Android

4. Badoo

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakanilustrasi Badoo (play.google.com)

Badoo tak jauh berbeda dengan Tinder, tetapi menawarkan filter sehingga proses mencari calon pasangan bisa lebih terperinci dan sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, ada pula fitur verifikasi untuk memastikan jika orang yang cocok merupakan orang asli dan pengguna juga bisa melakukan interaksi via panggilan video, di samping perpesanan teks.

Salah satu fitur terbaik Badoo yang jarang ditemukan di aplikasi cari jodoh lain adalah dukungan untuk secara otomatis memberi sensor terhadap konten eksplisit yang dikirim via chat.

5. Happn

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakanilustrasi Happn (play.google.com)

Happn menarik dan cukup keren karena aplikasi cari jodoh yang satu ini akan menampilkan profil dari pengguna lain yang kebetulan atau tidak sengaja berpapasan di jalan atau di tempat umum.

Dari situ, pengguna bisa melihat profil pengguna lain secara jelas dan mengetahui secara kasar di area mana “papasan” itu terjadi. Jika ternyata sama-sama suka, Happn akan memberi notifikasi “crush” dan dari situ, pengguna bisa mulai melakukan interaksi. Seperti halnya Tinder, Happn juga bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

6. Coffee Meets Bagel

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakanilustrasi Coffee Meets Bagel (play.google.com)

Coffee Meets Bagel hadir sebagai alternatif Tinder yang sepenuhnya berbeda mengenai cara untuk memadukan dua insan yang sedang sama-sama mencari pasangan. Alih-alih berfokus pada “swipe” tak terbatas seperti Tinder, Coffee Meets Bagel akan menampilkan profil dengan potensi tinggi untuk cocok pada siang hari setiap harinya. Jika cocok, pengguna bisa langsung memulai percakapan baik via teks maupun video.

Sejauh ini, Coffee Meets Bagel mengklaim jika mereka telah membuat “kecocokan” hingga 150 juta kali.

7. Hily

Masih Jomblo? Ini 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik untuk Digunakanilustrasi Hily (play.google.com)

Nama Hily merupakan singkatan dari “Hey, I Like You” yang merefleksikan target pasar aplikasi ini yaitu remaja atau pengguna kasual. Hily menggunakan machine learning dan kuis kepribadian untuk menghubungkan tiap pengguna berdasarkan minat, kesukaan yang sama, dan gaya percakapan.

Tidak hanya itu, Hily juga dilengkapi dengan fitur “stories” seperti Instagram, yang mana pengguna bisa berbagi atau melihat cuplikan video pendek dari pengguna lain. Jika mau, pengguna juga bisa melakukan live streaming di aplikasi ini.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi cari jodoh terbaik untuk digunakan. Jika kamu punya rekomendasi aplikasi cari jodoh lain, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: 7 Alternatif Gratis dari Aplikasi Hits Berbayar di Android

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya