Comscore Tracker

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020

Bakal berlangsung di minggu kedua bulan Mei

Google mengonfirmasi bahwa event tahunan mereka yaitu I/O, tahun ini berlangsung dari tanggal 12-14 Mei. Menariknya, tanggal rilis ini diungkap setelah sejumlah pengguna berpartisipasi dan memecahkan ‘I/O teaser’ – yang tahun ini berupa game kolaboratif online tentang satelit.

I/O 2020 sendiri dapat dipastikan akan mengumumkan versi Android terbaru yaitu Android 11. Selain itu, Pixel 4a – varian mid-range dari Pixel 4 juga memiliki kemungkinan besar untuk diungkap, bersama dengan Pixel Watch yang sudah lama dirumorkan. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Android 11

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020androidpit.com

Mengingat versi Android terbaru selalu dipamerkan di IO setiap tahunnya, Android 11 hampir bisa dipastikan akan menjadi pengumuman terbesar di I/O tahun ini. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Android 11 nampaknya baru akan meluncur ke HP pada September atau Oktober, di samping Pixel 5.

Sejauh ini, tidak ada banyak hal yang diketahui tentang Android 11 – kecuali “Scoped Storage”, fitur baru yang disebut-sebut dapat mengubah cara aplikasi untuk mengakses file lain di perangkat pengguna, dengan tujuan meningkatkan kecepatan dan keamanan.  

2. Google Pixel 4a

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020pocket-lint.com

Pixel 5 kemungkinan baru akan dirilis ada Oktober mendatang, namun Google siap untuk merilis HP Pixel baru sebelum itu. Berkaca dari I/O tahun kemarin, I/O tahun ini kemungkinan besar akan mengungkap Pixel 4a.

Ini diposisikan sebagai varian murah dari Pixel 4, yang menurut bocoran, akan hadir dengan desain yang berbeda. Pixel 4a akan memiliki layar punch-hole, port headphone jack 3.5mm dan dukungan konektivitas 5G. Spesifikasi belum diketahui, namun fitur dari Pixel 4 yang dikabarkan akan hilang di Pixel 4a adalah Motion Sense.

3. Google Assistant

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020androidark.com

Google selalu peduli dengan Assistant, yang mana pada I/O 2019 kemarin, mereka mengungkap teknologi yang membuat Assistant jadi lebih cepat, di samping mode mengemudi baru. Untuk I/O 2020, Google nampaknya masih akan melakukan hal yang sama dengan mengumumkan fitur dan peningkatan baru.

Sebelumnya, Google menghadiri CES 2020 dan mengungkap segudang fitur Assistant baru seperti ‘actions’ yang terjadwal dan speed dial. Jadi, ada kemungkinan yang cukup besar jika beberapa dari fitur baru itu akan dirilis secara resmi di I/O mendatang.

Baca Juga: Ini 7 Perusahaan yang Diakuisisi Google dan Kondisinya Sekarang!

4. Google Pixel Watch

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020techradar.com

Pixel Watch menjadi salah satu perangkat dari Google yang rumornya paling banyak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir. Meski kemungkinannya kecil, I/O 2020 bisa jadi tempat di mana smartwatch flagship pertama dari Google itu diungkap.

Perilisannya sendiri kemungkinan baru di akhir tahun bersama dengan Pixel 5 dan perangkat Google baru lainnya. Jika memang diungkap di I/O tahun ini, nampaknya Pixel Watch tidak akan sendiri karena Google juga dikabarkan tengah menyiapkan update besar untuk Wear OS mereka, yang disebut-sebut akan diumumkan di I/O tahun ini juga.

5. Perangkat rumah pintar

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020digitaltrends.com

Smart home device atau perangkat rumah pintar selalu menghiasi pagelaran I/O dari tahun ke tahun ini. Mulai dari speaker, smart display hingga kamera, I/O 2020 sepertinya akan kembali dihiasi dengan beberapa perangkat rumah pintar. Tahun lalu pada I/O 2019, Google memamerkan salah satu smart display unggulan mereka – Nest Hub Max.

Tidak hanya itu saja, Google juga menampilkan perangkat rumah pintar lain seperti Nest Hello, Nest Wi-Fi, Nest Mini Speaker dan banyak lagi. Jadi, I/O tahun ini kemungkinan akan mengungkap entri terbaru dari lini produk tersebut.

6. Google Stadia

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020techradar.com

Layanan streaming game dari Google yaitu Stadia memang sudah dirilis, namun hanya versi ‘Pro’ atau yang berbayar saja. Google sendiri telah berjanji bahwa Stadia suatu saat akan bisa digunakan gratis dan I/O 2020 bisa jadi event yang pas untuk menepati janji itu.

Selain itu, fitur ‘Crowd Play’ yang memungkinan pengguna untuk ikut bermain dengan streamer, juga diharapkan untuk ikut diluncurkan. Dari sekian banyaknya permintaan dan janji, mungkin yang paling ditunggu-tunggu adalah ‘terbukanya’ Stadia untuk bisa digunakan di HP non-Pixel.

7. Google Play Pass

Android 11 dan 6 Hal Penting yang Diharapkan Muncul di Google I/O 2020androidpolice.com

Google Play Pass, sama seperti Stadia, sudah dirilis, namun saat ini baru tersedia di Amerika Serikat saja. Hanya masalah waktu saja sebelum Play Pass akhirnya diluncurkan di wilayah lain, dan I/O 2020 bisa jadi tempat yang menarik untuk memperluas jangkauan itu.

Plus, jika Google ingin menyaingi layanan serupa dari Apple yaitu Arcade, mungkin mereka perlu merilis banyak game baru dan membuatnya eksklusif. Sejauh ini, Play Pass hanya mencakup game yang berbayar saja, yang notabene masih bisa dinikmati tanpa harus berlangganan Play Pass.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai apa saja yang diprediksi bakal hadir di I/O 2020. Sama seperti tahun kemarin, I/O tahun ini juga akan dilangsungkan di Shoreline Amphitheatre dan bisa ditonton secara langsung via live streaming di situs resmi I/O maupun YouTube.

Baca Juga: 7 Fitur Tersembunyi Google Maps, Pernah Coba yang Mana? Terapkan yuk!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya