Comscore Tracker

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12

Android 12 baru saja mendapat Developer Preview

Android 12 akhirnya menemui titik terang di mana Google selaku pengembang, merilis developer preview pertama untuk Android 12 ke publik. Dengan begitu, mereka yang beruntung bisa mencicipi dan melihat kira-kira hal baru apa saja yang ditawarkan oleh Android 12.

Maka sama seperti generasi-generasi sebelumnya, hal baru yang ditekankan di Android 12 adalah fitur anyar yang diharapkan dapat membantu penggunanya. Selain ada banyak fitur yang telah dikonfirmasi bakal hadir, tidak sedikit pula yang dirumorkan akan jadi bagian fitur unggulan untuk Android 12. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak ulasan berikut ini.

1. Berbagi Wi-Fi dengan lebih mudah

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12thenextweb.com

Di Android 11, jika ingin berbagi koneksi Wi-Fi dengan orang lain, dapat dilakukan dengan cara mudah yakni lewat kode QR. Nah, di Android 12, Android makin mempermudah itu dengan alih-alih melalui kode QR sendiri, pengguna bisa langsung berbagi lewat tombol “Nearby” di bawah kode QR.

Ini menggunakan fitur Nearby Share untuk mengirimkan koneksi Wi-Fi ke siapapun yang diinginkan. Selain lebih segar dan sederhana, lewat fitur ini pengguna bisa berbagi koneksi ke banyak orang tanpa harus menampilkan kode QR ke tiap orang.

2. Sistem tema berbasis wallpaper

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12androidpolice.com

Sistem tema berbasis wallpaper yang sempat hanya sekadar rumor kini telah resmi menjadi fitur unggulan yang dibawa Android 12. Fitur yang pertama kali diketahui pada akhir Januari kemarin ini, menggunakan warna dominan dari wallpaper untuk mengatur warna tema dari UI Android 12 itu sendiri.

Nantinya, warna tersebut akan diaplikasikan ke sejumlah bagian seperti notifikasi, menu pengaturan dan lock screen. Fitur ini sekarang tersedia di Android 12 Developer Preview 1 meski belum diketahui apakah Google akan tetap mempertahankannya di versi finalnya nanti.

3. Peningkatan notifikasi

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12xda-developers.com

Sistem notifikasi Android 12 akan mendapatkan perombakan desain untuk meningkatkan nilai estetika, kegunaan dan fungsionalitas. Google akan mengubah bagian drawer dan kontrol, serta menyegarkan animasi dan juga transisinya. Responsivitas yang lebih baik juga jadi salah satu misi utama Google di bagian ini.

Android 12 akan membuang “trampolines” sehingga pengguna bisa langsung diarahkan ke aplikasi ketika mengetuk notifikasi. Intinya, Google ingin membuat notifikasi Android 12 jauh lebih intuitif, di samping menawarkan penampilan baru yang segar.

4. Transcoding media yang kompatibel

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12indianexpress.com

Terlepas dari fakta bahwa HEVC saat ini telah sangat populer, standar untuk kompresi video itu sejauh ini belum didukung oleh semua aplikasi. Kabar baiknya, Google akan memperkenalkan lapisan transcoding ke Android 12 yang memungkinkan aplikasi yang tidak didukung untuk bisa menggunakan teknologi kompresi video itu.

Aplikasi pemutar video yang tidak mendukung HEVC kini dapat meminta Android 12 untuk mengonversinya ke format AVC yang lebih mainstream. Fitur ini, nantinya akan tersedia di semua perangkat Android 12 dan bisa dipakai di semua aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga: 7 Smartphone Android Paling Ditunggu 2021, Ada HP Gulung

5. Manajemen penyimpanan aplikasi yang lebih pintar

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12androidpolice.com

Beralih ke fitur yang masih sekadar rumor, Google dikabarkan bakal menyertakan fitur App Hibernation ke dalam Android 12. Fitur yang telah termasuk di dalam Android Open Source Project (AOSP) ini akan secara otomatis memungkinkan sistem operasi untuk memberikan cache aplikasi yang diberi label “hibernasi”.

Sejauh ini tidak diketahui maksud dari aplikasi yang berhibernasi dan apakah label itu ditentukan oleh pengguna sendiri atau oleh sistem operasi secara otomatis. Namun satu yang pasti, fitur ini baru bakal terasa untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan sedikit atau terbatas.

6. Gestur double-tap untuk Pixel

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12xda-developers.com

Ketika Android 11 Developer Preview meluncurkan, itu dibekali dengan fitur double-tap menarik di mana pengguna (khusus HP Pixel) dapat mengontrol hardware ataupun membuka aplikasi hanya dengan tap dua kali di bagian body belakang. Dengan ini, pengguna bisa mengakses fitur-fitur dengan cepat tanpa perlu menyentuh bagian layar.

Sayangnya, fitur ini tidak lolos ke Android 11 versi final namun 9to5Google, mengklaim jika fitur ini akhirnya akan dirilis di Android 12. Pengguna yang tertarik nantinya bisa mengatur sensivitas fitur ini atau jika tidak tertarik, bisa menonaktifkannya.

7. UI yang lebih segar

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12gadgets.ndtv.com

Sementara fitur tema berbasis wallpaper telah dikonfirmasi ada, belum diketahui apakah desain UI terbaru dari Android 12 akan lolos ke versi final nantinya. Developer Preview pertama untuk Android 12 tidak hadir dengan pembaruan ini dan diperkirakan baru akan tiba di DP kesekian menjelang perilisan versi finalnya.

Lewat beberapa screenshot yang bocor, UI baru Android 12 menampilkan lockscreen, always-on display dan panel quick setting yang sepenuhnya punya desain baru. Banyak yang beranggapan jika ini tidak akan dijadikan UI baru Android 12 karena tampilannya yang dinilai kurang matang.

8. Rotasi otomatis berbasis wajah

8 Fitur yang Telah Dikonfirmasi dan Dirumorkan dari Android 12androidpolice.com

Ketika HP digunakan dalam mode lanskap, biasanya itu akan secara otomatis menampilkan konten di layar mode yang sama. Umumnya, hal ini bisa terjadi karena sensor gyro yang tertanam di dalam HP.

Nah di Android 12, Google akan membawa fitur rotasi otomatis yang memanfaatkan wajah pengguna untuk menentukan mode mana di antara lanskap atau portrait yang lebih sesuai. 9to5Google mengatakan fitur ini kemungkinan besar akan tersedia eksklusif untuk HP Pixel dan tentu saja, menggunakan kamera depan untuk mengetahui posisi wajah pengguna.

Demikian tadi ulasan mengenai fitur-fitur yang telah dikonfirmasi dan dirumorkan dari Android 12. Selain fitur-fitur di atas, Android 12 juga dikabarkan akan punya fitur privasi yang ditingkatkan, dukungan screenshot scrolling dan nama lain yang terinspirasi dari makanan manis yaitu “Snow Cone”.

Baca Juga: Cara Kirim SMS Gratis di Android, Gak Pakai Pulsa

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya