Comscore Tracker

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!

5G menjadi salah satu teknologi paling bersinar di CES 2020

Sebagai salah satu pameran teknologi terbesar di dunia, Consumer Electronic Show atau yang biasa disingkat CES menjadi ‘rumah’ bagi banyak produk teknologi baru setiap tahunnya. Dan di tahun 2020 ini, CES kembali dengan segudang produk luar biasa.

Sementara aspek teknologi yang berkaitan dengan perangkat mobile berkurang dari tahun-tahun, CES 2020 nyatanya tetap dihuni dengan banyak pengumuman yang berkaitan dengan perangkat mobile seperti laptop, headphone, headset VR dan lain-lain. Berikut rangkuman pengumuman dari tiap brand teknologi besar di CES 2020.

1. Samsung

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!androidauthority.com

Samsung mengumumkan banyak hal baru di CES mulai dari HP baru, laptop, TV dan banyak lagi. Lebih lengkapnya, Samsung mengumumkan Galaxy S10 Lite dan Note 10 Lite – varian lebih murah dari Galaxy S10 series dan Note 10 series.

Selain itu, Samsung juga memamerkan Galaxy Chromebook yang membawa layar 4K dan TV Q950TS QLED dengan resolusi 8K yang minim bezel. Selanjutnya, bekerja sama dengan Neon, Samsung mengumumkan “manusia artifisial” pertama yang dideskripsikan sebagai “makhluk vritual yang diciptakan secara komputasi”.

2. Asus

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!youtube.com/Matthew Moniz

Pada CES 2020, ASUS mengungkap laptop baru dari lini TUF dan ROG, serta beberapa produk menarik lainnya. Untuk laptop baru dari lini gaming cukup banyak, di mana ASUS merilis empat laptop baru.

Itu adalah TUF A15 dan TUF A17 yang hadir dengan AMD Ryzen 4000 Series, serta ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G15 yang dipersenjatai dengan prosesor AMD terbaru. Selain laptop gaming, ASUS juga mengumumkan Chromebook Flip C436, yang dilengkapi dengan prosesor Intel generasi ke-10, RAM 16GB, SSD 512GB dan baterai dengan daya tahan mencapai 12 jam.

3. Lenovo

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!cnet.com

Lenovo lumayan sibuk di CES 2020, di mana mereka mengumumkan lebih dari 40 laptop baru di acara tersebut. Kebanyakan adalah varian terbaru dengan pembaruan minor, sementara yang lain adalah laptop baru dengan inovasi menarik.

Salah satu di antaranya adalah Thinkpad X1 Fold, yang bisa dikatakan merupakan upaya Lenovo untuk membawa layar yang bisa dilipat ke laptop. Selain itu, Lenovo juga memamerkan Yoga 5, yang diklaim menjadi laptop Yoga dengan dukungan 5G pertama di dunia. Itu mendukung mmWave dan sub-6GHz 5G.

Baca Juga: Marak Penipuan, Kenali 7 Ciri-ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

4. TCL

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!tomsguide.com

TCL mungkin bukan brand yang besar seperti Samsung atau Asus, namun pada CES 2020, brand asal Tiongkok ini mengumumkan sejumlah HP mid-range dan entry-level yang menarik. TCL 10 5G, 10 Pro dan 10L menjadi tiga HP mid-range terbaru dari mereka, yang semuanya dibekali dengan layar punch-hole dan empat kamera belakang. Lalu, ada juga Alcatel 3L, 1S, 1V dan 1B – HP entry-level dari sub-brand mereka yaitu Alcatel, yang mana dua di antaranya dibanderol di harga yang cukup murah di bawah US$100 (Rp1,3 juta).

5. Acer

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!kitguru.net

Acer memiliki beberapa produk menarik di CES 2020, dengan sebagian besar di antaranya adalah laptop. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah ConceptD 7 – laptop dengan engsel yang tidak hanya bisa diputar layaknya laptop 2-in-1, namun juga diposisikan di atas keyboard sehingga layarnya bisa seperti papan tulis.

Lalu, Acer juga memamerkan varian terbaru dari dua laptop konvensional unggulan mereka yaitu Spin 3 dan Spin. Yang terakhir adalah TravelMate P6, laptop yang didesain secara khusus untuk kebutuhan bisnis dan diklaim punya daya tahan baterai hingga 23 jam.

6. Razer

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!techeblog.com

Laptop biasanya menjadi perangkat pertama yang muncul di kepala ketika mendengar nama Razer, namun di CES 2020, fokus dialihkan ke gaming desktop, kontroler mobile baru dan perangkat 5G. Lebih jelasnya, Razer mengumumkan Tomahawk N1 – gaming dekstop seperti Intel NUC yang belum diketahui spesifikasi lebih lengkapnya.

Lalu ada Khisi, kontroler mobile yang mirip Junglecat, namun dengan band yang lebih elastis dan tidak memerlukan baterai. Yang terakhir adalah Razer 5G router concept, yang bisa dibilang merupakan upaya Razer untuk membuat router khusus gaming berbasis jaringan 5G.

7. Dell

Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!pcmag.com

Sama seperti Lenovo, Dell cukup sibuk dengan perilisan banyak produk mereka di CES 2020. XPS 13 menjadi yang utama, di mana laptop ‘tahunan’ ini membawa desain baru dan spesifikasi baru seperti prosesor Intel generasi ke-10, RAM 16GB, SSD 512GB dan layar beresolusi 4K.

Kemudian, ada juga Concept Ori, laptop dengan layar lipat yang secara garis besar mirip dengan X1 Fold dari Lenovo, namun spesifikasinya belum diketahui. Tidak hanya itu, Dell juga memamerkan Concept Duet – laptop dengan dua layar, di mana layar keduanya terletak di tempat keyboard dan touchpad.

Itulah tadi rangkuman singkat dari berbagai pengumuman brand teknologi besar di CES 2020. Dari ulasan di atas, bisa dilihat jika CES tahun ini lumayan berfokus kepada 5G dan perangkat dengan layar yang bisa dilipat.

Baca Juga: 7 Gadget Ini Gagal Bersinar di Pasar dalam 10 Tahun Terakhir, Apa Aja?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya