Comscore Tracker

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOS

Ampuh tangkal virus dan malware secara cuma-cuma

Terlepas dari banyaknya perdebatan di luar sana mengenai apakah perangkat berbasis MacOS membutuhkan antivirus atau tidak, tetap bakal lebih aman jika memasang antivirus meski memang jika dibandingkan dengan Windows, MacOS tidak terlalu rentan terkena virus. Dan mengingat sistem keamanan terhadap virus yang diusung MacOS sudah sangat bagus, maka tidak begitu diperlukan antivirus yang premium dan berbayar.

Yang gratis sudah lebih dari cukup di mana banyak diantaranya punya kemampuan menangkal virus yang sangat baik, terutama untuk melengkapi proteksi virus bawaan MacOS itu sendiri. Berikut beberapa antivirus gratis terbaik untuk MacOS!

1. Malwarebytes

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOSilustrasi Malwarebytes (blog.malwarebytes.com)

Malwarebytes menjanjikan proses pemindaian virus yang singkat di bawah 30 detik saja. Jika kemudian ditemukan file atau sesuatu yang mencurigakan, Malwarebytes kemudian akan memberi opsi kepada pengguna untuk mengabaikannya atau menghapusnya.

Malwarebytes bisa digunakan secara gratis dan diawal penggunaan, pengguna akan diberi kesempatan untuk mencoba versi premium-nya selama 14 hari. Versi premium-nya tentu hadir dengan lebih banyak fitur, namun versi gratisnya sudah lebih dari cukup terutama jika hanya digunakan untuk sekadar mencari dan menghapus virus atau malware berbahaya.

2. Avast Security

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOSilustrasi Avast Security (pcmag.com)

Avast Security jadi opsi sempurna untuk pengguna MacOS. Antivirus yang satu ini dilengkapi dengan banyak fitur yang dapat membantu pengguna untuk memblokir ransomware, virus atau malware berbahaya yang dapat mengganggu sistem keamanan MacOS itu sendiri.

Ketika pengguna browsing di Safari misalnya, Avast Security juga bakal memberi peringatan apabila situs yang dikunjungi dinilai berbahaya. Tidak hanya itu, Avast Security juga dapat mencegah email mencurigakan dan akan memberi tahu pengguna jika ada masalah keamanan dengan koneksi Wi-Fi yang sedang dipakai.

3. Bitdefender Virus Scanner

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOSilustrasi Bitdefender Virus Scanner (softpedia.com)

Bitdefender Virus Scanner memang tidak membawa banyak fitur-fitur mengagumkan, namun secara kualitas, antivirus ini masih bisa diandalkan untuk menangkal virus atau malware di MacOS. Antivirus yang satu ini hebat terutama untuk memindai file atau aplikasi tertentu secara spesifik.

Selain itu, ketika melakukan pemindaian, pengguna juga bisa mengecualikan folder tertentu sehingga proses pemindaian bisa berjalan lebih cepat. Perlu dicatat jika antivirus ini tidak bisa secara otomatis melakukan pemindaian, namun bakal secara otomatis memperbarui database virus untuk memastikan pengguna mendapatkan proteksi terbaik.

Baca Juga: 7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk HP Android

4. Avira Free Security

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOSilustrasi Avira Free Security (avira.com)

Selain jadi salah satu yang paling direkomendasi di Windows, Avira Free Security juga sangat disarankan untuk digunakan di perangkat berbasis MacOS. Selain menjaga keamanan dari MacOS itu sendiri, Avira Free Security juga memastikan jika perangkat pengguna tidak dihuni oleh virus atau malware berbahaya.

Meski gratis, antivirus ini juga dibekali dengan sejumlah fitur penting, salah satunya adalah pemindaian terjadwal yang akan berjalan secara otomatis di waktu yang ditentukan oleh pengguna. Selain itu, disamping pemindaian penuh, pengguna juga bisa memindai file atau folder tertentu lewat antivirus ini.

5. Sophos Home

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOSilustrasi Sophos Home (av-comparatives.org)

Ketika pertama kali diinstal, Sophos Home akan memberi pengguna free-trial selama 30 hari untuk versi premium-nya. Akan tetapi ketika masa percobaan itu telah habis, pengguna bisa menggunakan Sophos Home secara gratis meski beberapa fitur di versi premium jadi tak lagi bisa digunakan.

Meskipun begitu, Sophos Home sudah lebih dari cukup memproteksi MacOS di mana antivirus ini dapat mencari, mendeteksi lalu membinasakan berbagai jenis virus, malware, hingga ransomware. Yang menarik, lewat Sophos Home, pengguna juga bisa melakukan pemblokiran akses ke situs-situs tertentu.

6. AVG Antivirus

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOSilustrasi AVG Antivirus (pcmag.com)

Terlepas dari fakta bahwa bisa digunakan secara cuma-cuma, AVG Antivirus tetap jadi salah satu yang terbaik untuk memastikan perangkat pengguna aman dari ancaman virus. AVG Antivirus secara otomatis memperbarui database virusnya, sehingga pengguna bisa mendapat proteksi maksimal setiap waktu.

Antivirus yang satu ini terbilang mandiri dengan berjalan di latar belakang dan diam-diam menjaga perangkat pengguna untuk tidak terinfeksi virus atau hal-hal lain seperti email, situs dan file hasil download yang mencurigakan. Sama seperti yang lain, AVG Antivirus juga punya versi premium atau berbayar dengan fitur lebih lengkap.

7. Comodo Antivirus

7 Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik untuk MacOSilustrasi Comodo Antivirus (antivirus-review.com)

Comodo Antivirus menawarkan proteksi gratis terhadap virus lewat UI yang sederhana dan mudah dinavigasikan. Antivirus ini hadir dengan fitur pemindaian cepat disamping pemindaian penuh yang memakan waktu lumayan lama. Jika mau, pengguna juga bisa melakukan penjadwalan pemindaian.

Selain itu, Comodo Antivirus juga berusaha untuk terus up-to-date terhadap segala jenis virus dengan secara rutin melakukan update database. Disamping proteksi terhadap virus, antivirus ini juga bisa memblokir situs berbahaya lewat ekstensi Comodo Online Security yang bisa diunduh secara gratis di Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi antivirus gratis terbaik untuk MacOS. Jika kamu punya saran antivirus lain yang gratis, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah.

Baca Juga: 7 Kasus Serangan Malware Paling Merugikan Sepanjang Masa

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya