Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Android

Cocok untuk musisi pemula!

Sering digunakannya perangkat berbasis Mac oleh para musisi untuk menciptakan lagu, membuat banyak orang mengira jika sistem operasi lainnya dari Apple yaitu iOS, jadi satu-satunya OS mobile yang sempurna untuk melakukan perekaman lagu.

Padahal itu tidak benar, karena Android juga dapat dipakai untuk merekam lagu dan bahkan punya cukup banyak aplikasi untuk mendukung itu yang sebagian besar di antaranya tak kalah dengan yang ada di iOS. Berikut beberapa di antaranya.

1. BandLab

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Androidilustrasi BandLab (dok. BandLab Technologies)

Sebagai platform membuat lagu yang lengkap, Bandlap merupakan aplikasi studio rekaman terbaik untuk Android saat ini. Bandlab lebih dari sekedar aplikasi untuk merekam lagu karena aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengedit dan me-remix lagu yang sedang kamu buat. Dengan mixer, tuner gitar, looper dan segudang sampel audio, Bandlab sempurna untuk band maupun musisi. Kualitas audio yang direkam oleh aplikasi ini termasuk yang terbaik dan kamu bahkan diberi opsi untuk merekam banyak lagu sekaligus.

2. Dolby On

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Androidilustrasi Dolby On (dok. Dolby Laboratories Inc)

Jika kamu tertarik untuk mengubah HP kamu menjadi alat perekam lagu yang mumpuni, Dolby On bisa membantu kamu dengan sangat mudah. Kamu bisa menggunakan Dolby On untuk merekam podcast, lagu, instrumen atau hal lainnya dengan kualitas audio berkelas sembari menghilangkan suara yang mengganggu di latar belakang. Selain itu, Dolby On juga memungkinkan kamu untuk mengkustomisasi hasil rekaman kamu dengan banyak efek gratis atau melakukan tuning menggunakan Dynamic EQ dari Dolby sendiri.

3. FL Studio Mobile

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Androidilustrasi FL Studio Mobile (dok. Image-Line)

Selanjutnya ada FL Studio Mobile yang juga layak untuk dilirik. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat proyek lagu yang kompleks di Android maupun Chromebook. FL Studio Mobile dilengkapi dengan segudang opsi untuk membantu kamu membuat beat, merekam vokal hingga melakukan mixing dan mastering. Meski UI-nya tidak sesederhana yang lain dan butuh penyesuaian, FL Studio Mobile tetap direkomendasikan untuk membuat lagu, terutama karena banderol harganya yang murah.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Manajer File Terbaik untuk Android

4. Voloco

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Androidilustrasi Voloco (dok. RESONANT CAVITY)

Voloco dapat membantu kamu merekam lagu dengan kualitas lebih baik, meningkatkan suara kamu ke kualitas profesional dan sangat mudah untuk digunakan. Dengan lebih dari 50 juta unduhan, Voloco menonjol karena aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat lagu dengan lebih dari 50 efek (Dikategorikan ke dalam 12 preset pack) dan ribuan sampel beat gratis. Selain itu, Voloco juga bisa secara otomatis menghilangkan noise di latar belakang dan menyesuaikan pitch dari suara kamu sehingga terdengar lebih pas.

5. Smart Recorder

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Androidilustrasi Smart Recorder (dok. SmartMob)

Smart Recorder merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk membuat audio berkualitas tinggi lewat UI bersih dan simpel yang dimilikinya. Ada pula fitur “skipping silence on-the-fly” yang dapat menghilangkan jeda pada audio yang telah direkam, sehingga dapat membantu mempersingkat rekamanmu. Di samping itu, Smart Recorder juga punya beberapa fitur lainnya seperti penganalisis spektrum audio, launcher shortcut, alat kalibrasi penguatan mikrofon dan pengodean gelombang PCM.

6. RecForge II

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Androidilustrasi RecForge II (dok. Dje073)

Dengan kemampuan merekam audio bersama dengan fitur-fitur canggih dan kualitas suara luar biasa, RecForge II menjadi salah satu aplikasi perekam audio terbaik di Android untuk saat ini. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mikrofon eksternal dan menawarkan pemantauan real-time, sehingga kamu bisa mendengar secara langsung suara yang sedang direkam. RecForge II mendukung banyak sekali format file, termasuk format audio yang paling umum. Dengan begitu, kamu bisa berbagi lagu buatanmu dengan lebih mudah.

7. ASR Voice Recorder

Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Rekam Lagu di Androidilustrasi ASR Voice Recorder (dok. NLL)

Sebagai aplikasi perekam suara yang mudah digunakan yang memungkinkan kamu untuk merekam suara dalam berbagai jenis format, ASR Voice Recorder juga bisa digunakan untuk merekam lagu atau audio lainnya lewat mikrofon Bluetooth. Aplikasi ini mendukung audio berkualitas tinggi dan menawarkan integrasi upload dengan layanan penyimpanan cloud populer seperti Google Drive dan Dropbox. Selain itu, ASR Voice Recorder juga memungkinkan kamu untuk mengelompokkan rekaman kamu berdasarkan tag.

 

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi terbaik untuk rekam lagu di Android. Punya rekomendasi aplikasi untuk merekam lagu yang lain? Jika ada, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Cuaca Terbaik di Android, Akurat!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya