Comscore Tracker

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!

Mulai dari cegah hacker hingga menggunakan shortcut keyboard

Pada era di mana semuanya serba instan tak terkecuali perpesanan dan video chat, email masih menjadi ‘alat komunikasi’ penting bagi beberapa orang. Salah satu layanan email terpopuler adalah Gmail, yang telah ada sejak tahun 2004 dan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Meski nampak sederhana, Gmail kenyataannya memiliki sejumlah trik khusus untuk mempermudah penggunanya. Trik-trik ini dapat diterapkan untuk membantu mengatasi beberapa masalah seperti spam yang berlebihan dan pengoperasian Gmail yang lebih efektif. Penasaran? Berikut ulasannya!

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

1. Cegah hacker dengan menggunakan autentikasi dua faktor

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!cnet.com

Terdapat cukup banyak kasus di mana akun Gmail disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data penting atau sekadar mengirim pesan spam. Terdapat dua cara untuk mencegah hal ini.

Yang pertama adalah memblokir alamat IP dari perangkat yang mungkin sempat menggunakan akun Gmail kamu dan yang kedua mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk perlindungan berlapis. Untuk cara kedua ini cukup mudah, kamu hanya perlu login ke myaccount.google.com, lalu ke tab Security dan pilih 2-Step Verification.

2. Blokir pesan berlangganan dan spam

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!businessinsider.com.au

Jika kamu merasa terganggu dengan pesan berlangganan yang terus-terusan memenuhi kotak masuk kamu, kamu selalu bisa berhenti berlangganan pesan rutin itu. Caranya, di bawah header informasi pesan, klik linkunsubscribe” untuk mencegah ‘banjir pesan’ ke kotak kamu.

Apabila pesan spam yang kamu dapatkan tidak menampilkan link unsubscribe, kamu bisa klik tiga titik di pojok kanan atas pesan spam kamu dan pilih di antara block untuk memblokir atau report spam/phising untuk melaporkan dan mencegah pesan serupa untuk masuk ke akun Gmail pengguna lainnya.  

3. Membatalkan pesan yang terkirim

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!techlog360.com

Gmail memiliki fitur yang mungkin belum diketahui sebagian orang yaitu undo pesan. Setelah pesan terkirim, Gmail akan memberi opsi untuk membatalkan pengiriman pesan lewat pop-up kecil yang muncul di bagian bawah layar.

Secara default, kamu hanya memiliki waktu 5 detik untuk membatalkannya, namun kamu bisa memperpanjang waktu itu hingga 30 detik. Untuk menambah durasi waktu pembatalan, kamu hanya tinggal pergi ke Settings (dengan mengklik ikon gear di sisi kanan atas), dan di tab General, pilih di antara 10, 20, 30 pada bagian Undo Send.

Baca Juga: 7 Fitur Unik Gmail yang Harus Kamu Tahu, Cocok untuk Si Super Sibuk

4. Gunakan Smart Compose

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!techcrunch.com

Cara terbaik untuk menghemat waktu ketika menulis pesan di Gmail adalah dengan memanfaatkan Smart Compose. Fitur ini aktif secara default dan kamu bisa mematikan atau mengaktifkannya kembali lewat pengaturan. Smart Compose pada dasarnya memprediksi teks dan menyarankan frasa yang kamu coba ketikkan.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu mengklik tombol Tab pada keyboard. Selain membuat penulisan pesan menjadi lebih cepat, Smart Compose juga dapat membantu pesan kamu agar bebas kesalahan dengan menggunakan kata-kata yang dieja dengan benar dan tata bahasa yang tepat.

5. Mendapatkan notifikasi dari pesan yang belum terbaca

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!businessinsider.com

Gmail tidak memiliki jingle atau suara khusus untuk memberi tahu kamu mengenai pesan yang belum terbaca, namun kamu bisa memilih untuk mengaktifkan ikon notifikasi. Setelah pergi ke Settings, pilih tab Advanced dan klik Enable pada bagian Unread message icon.

Jangan lupa untuk meng-klik Save Changes untuk menyimpan perubahan. Dengan mengaktifkan ini, ikon Gmail akan memiliki keterangan angka yang memiliki arti berapa banyak pesan yang belum dibaca. Ini juga jadi cara hemat untuk mengetahui pesan baru yang masuk tanpa harus membuka kotak masuk.

6. Mengaktifkan shortcut keyboard eksklusif

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!ampercent.com

Banyak orang yang mungkin tidak mengetahui bahwa Gmail memiliki shortcut keyboard sendiri. Beberapa merupakan shortcut generik yang umumnya digunakan di aplikasi lain seperti Shift + B untuk teks tebal, namun yang lain hadir untuk membantu menandai, membuang dan menulis pesan email.

Sebagai contohnya, menekan C akan membuka jendela composition baru, S untuk menandai pesan sebagai penting dan # untuk mengirim pesan yang sudah dibaca ke tempat sampah. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa menekan Shift + ?.

7. Meminta dan menerima uang melalui akun Gmail

Wajib Tahu, Ini 7 Trik Menggunakan Gmail Lebih Efektif!apkpure.com

Jika kamu memiliki akun Google Pay, kamu bisa mengirim atau meminta uang lewat pesan di Gmail. Caranya, tulis pesan dengan detail permintaan kamu, lalu klik logo $ di bagian bawah toolbar.

Ini akan membuka akun Google Pay kamu dan memberikan link aman untuk kamu sertakan dengan pesan dan permintaan jumlah uang yang kamu inginkan. Ketika seseorang menerima pesan kamu, mereka dapat mengklik link dari pesan yang telah kamu kirim dan dengan aman mengirim uang secara langsung ke akun Google Pay kamu.

Itulah tadi sedikit ulasan sekaligus tip atau trik untuk menggunakan Gmail lebih efektif. Selain pada Gmail versi browser, trik ini juga bisa kamu terapkan pada aplikasi Gmail baik di Android maupun iOS. Semoga membantu!

Baca Juga: Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya