Comscore Tracker

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga Privasi

Biar aplikasi penting gak mudah diakses orang lain

Fitur fingerprint atau sidik jari adalah inovasi yang luar biasa karena memberikan pengguna HP pintar keamanan yang dipersonalisasi. Ada beberapa alasan mengapa fingerprint dapat menjadi fitur keamanan yang luar biasa:

  • Tidak ada dua jari yang memiliki karakteristik dermal ridge yang sama sehingga memiliki akurasi identifikasi individu yang tinggi.
  • Fingerprint tidak dapat hilang, dibagikan, dan diduplikasi.
  • Mudah digunakan dan tidak memerlukan tindakan pencegahan tambahan.

Saat ini, hampir setiap HP pintar memiliki fitur fingerprint yang dapat digunakan untuk membuka kunci layar HP. Namun, fitur ini sering kali tidak membantu dalam mengunci aplikasi individual, seperti galeri, media sosial, pesan singkat, catatan, atau aplikasi perbankan. Karenanya, kamu membutuhkan aplikasi fingerprint tambahan untuk melindungi data sensitif. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi fingerprint yang layak dicoba oleh kamu pengguna HP Android.

1. AppLocker

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga PrivasiAppLock (dok. KewlApps)

AppLocker adalah salah satu aplikasi fingerprint terbaik untuk mengunci HP. Dengan ukuran kurang dari 10 MB, aplikasi ini dapat diandalkan untuk mengunci semua aplikasi dasar, seperti panggilan dan pesan. Selain itu, App Locker juga dapat digunakan untuk mengunci aplikasi pihak ketiga. 

Aplikasi ini dapat diinstal pada perangkat yang beroperasi pada Android 4 atau lebih baru. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan telah diunduh puluhan juta kali di Play Store.

2. App Lock – Real Fingerprint Protection

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga PrivasiApp Lock – Real Fingerprint Protection (dok. Kohinoor Apps)

App Lock – Real Fingerprint Protection adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunci setiap aplikasi dasar dan aplikasi pihak ketiga. Bukan hanya dengan fingerprint, aplikasi ini juga menawarkan penguncian dengan menggunakan kata sandi, pin, dan pola.

Aplikasi ini bisa diinstal di perangkat Android 4.0 atau yang lebih baru. Menariknya lagi, aplikasi ini akan langsung mengambil foto jika ada orang yang mencoba menyentuh perangkatmu.

3. Fingerprint Locker

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga PrivasiFingerprint Locker (dok. AppKarverZ)

Aplikasi Fingerprint Locker hanya memakan sedikit ruang dan memiliki kecepatan pemrosesan yang tinggi. Ditambah, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis tanpa iklan. 

Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat dengan sistem operasi Android 4.0 dan yang lebih baru. Terkadang, kamu mungkin menemukan sedikit gangguan saat membuka kunci aplikasi. Namun, secara umum, aplikasi ini masih sangat layak dicoba.

Baca Juga: 7 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android, Bisa Akses di Mana Saja

4. Smart AppLock (App Protector)

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga PrivasiSmart AppLock (dok. SpSoft)

Smart AppLock (App Protector) adalah salah satu aplikasi fingerprint terlengkap. Aplikasi ini hadir dengan banyak fitur yang akan memenuhi kebutuhan keamanan, mulai dari penguncian dengan sidik jari, pola, kunci palsu, dan mengambil foto orang yang mencoba membuka perangkat.

Selain itu, Smart AppLock (App Protector) juga memiliki banyak kelebihan, seperti:

  • Ringan dan mudah digunakan
  • Mendukung banyak bahasa
  • Dapat digunakan untuk mengatur ulang kata sandi yang hilang
  • Dapat digunakan pada perangkat Android 2.3 atau yang lebih baru.

5. AppLock by DoMobile Lab

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga PrivasiAppLock (dok. DoMobile Lab)

AppLock by DoMobile Lab sudah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. Selain dengan sidik jari, aplikasi ini juga memiliki mekanisme penguncian melalui kata sandi dan PIN.

Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan AppLock by DoMobile Lab: 

  • Keyboard acak dengan kunci pola tak terlihat
  • Adanya mode hemat daya bawaan
  • Mendukung banyak bahasa
  • Kompatibel dengan banyak versi Android.

6. Fingerprint Pattern App Lock

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga PrivasiFingerprint Pattern App Lock (dok. Biometrics Solution)

Fingerprint Pattern App Lock adalah aplikasi pengunci layar HP dengan sidik jari, pola, dan kode pin. Selain untuk mengunci layar HP, itu juga dapat mengunci berbagai aplikasi pribadi, seperti Facebook, Snapchat, Instagram, Whatapps, Chrome, dan lainnya.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Fingerprint Pattern App Lock:

  • Kustomisasi penuh
  • Tidak memerlukan rooting perangkat
  • Tersedia secara gratis tanpa iklan
  • Kompatibel untuk Android 4.1 dan lebih baru.

7. AppLock by LaHaSoft

7 Aplikasi Fingerprint Lock Terbaik untuk Android, Bantu Jaga PrivasiAppLock (dok. LaHaSoft)

AppLock by LaHaSoft akan memberikan perlindungan penuh pada perangkat Android dengan mengunci semua aplikasi yang kamu inginkan. Fitur utama dari aplikasi ini adalah:

  • Penguncian aplikasi dengan beberapa jenis kunci, seperti PIN, pola, kunci layar DIY, dan sidik jari.
  • Tema layar kunci menarik.
  • Aplikasi akan mengambil foto penyusup yang mencoba membuka aplikasi dan akan langsung ditampilkan saat kamu membuka Applock.
  • Batas waktu penguncian otomatis.
  • Dukungan untuk banyak bahasa

Sekarang, kamu sudah punya banyak pilihan aplikasi untuk melindungi HP dengan sistem keamanan sidik jari.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya