Comscore Tracker

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!

Pantau keamanan rumah dari mana saja

Banyak orang menggunakan kamera CCTV untuk mengawasi rumah, kantor, anak, atau apa pun. Benar sekali, CCTV memungkinkan kamu memantau tempat yang kamu inginkan dari jarak jauh dan menggunakannya sebagai bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, kamu sendiri mungkin sedang mempertimbangkan untuk memasang kamera CCTV. Namun, kamu tidak perlu repot-repot membeli kamera CCTV yang harganya mahal. Pasalnya, berkat kemajuan teknologi, kamu bisa memanfaatkan smartphone Android menjadi kamera pengawas, cukup dengan meng-install salah satu aplikasi berikut ini di Play Store.

1. AtHome Camera

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!AtHome Camera (Dok. ichano)

AtHome Camera merupakan salah satu aplikasi keamanan rumah yang populer. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan di berbagai platform, seperti Android, iOS, Mac, dan Windows.

Layanan ini hadir dalam dua aplikasi terpisah. Aplikasi kamera mengubah perangkat menjadi kamera, sementara aplikasi lain memungkinkan kamu untuk memantaunya. Beberapa fitur di sini termasuk perekaman selang waktu, multi-view hingga empat kamera, pemantauan jarak jauh, dan bahkan pengenalan wajah.

2. Alfred Home Security Camera

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!Alfred Home Security Camera (Dok. Alfred Systems Inc.)

Alfred Home Security Camera juga merupakan salah satu aplikasi keamanan rumah terbaik yang layak kamu coba. Aplikasi ini memungkinkan kamu memiliki akses jarak jauh, streaming video langsung, beberapa penyimpanan cloud gratis, fungsi walkie-talkie, zoom, dan banyak lagi.

Banyak fitur yang tersedia secara gratis. Namun, beberapa fitur tambahan, seperti perekaman HD, hanya bisa didapatkan oleh pengguna yang berlangganan bulanan. Untuk kamu yang masih pemula, sebaiknya coba versi gratis terlebih dahulu.

3. IP Webcam

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!IP Webcam (Dok. Pavel Khlebovich)

IP Webcam adalah aplikasi CCTV yang lebih sederhana. Untuk menggunakannya, kamu perlu smartphone lama untuk dimanfaatkan sebagai kamera jarak jauh. Aplikasi ini punya banyak fitur dasar yang bagus, seperti dukungan untuk pemutar VLC, streaming video langsung, deteksi gerakan, dan dukungan obrolan video.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis beserta banyak fiturnya. Kekurangan dari aplikasi ini adalah adanya iklan di dalamnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Menambah Followers Instagram

4. Home Security Camera WardenCam

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!Home Security Camera WardenCam (WardenCam360)

WardenCam adalah aplikasi keamanan rumah untuk memanfaatkan smartphone lama. Aplikasi ini dapat digunakan di mana saja dengan jaringan 3G, 4G, dan Wi-Fi.

Aplikasi CCTV ini menawarkan pengaturan multi-kamera, dukungan Google Drive dan Dropbox, deteksi gerakan dan peringatan, dukungan audio dua arah, dan dukungan pengembang di atas rata-rata. Antarmukanya lumayan dan aplikasinya cukup mudah digunakan.

5. Nest

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!Nest (Dok. Nest Labs Inc.)

Nest adalah aplikasi keamanan rumah yang harus dipasangkan dengan hardware-nya untuk bisa dioperasikan. Menggunakan kembali smartphone lama untuk CCTV memang cerdas, tetapi menggunakan perangkat yang dirancang khusus untuk CCTV tentunya lebih baik lagi.

Nest punya banyak kelebihan yang layak untuk dipertimbangkan, seperti:

  • Melihat apa yang kamu lewatkan.
  • Memberikan kualitas video HD 1080p yang tajam.
  • Mengidentifikasi wajah seseorang dengan Nest Cam IQ dan histori video hingga 30 hari.

6. Onvifer

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!Onvifer (Dok. Biyee SciTech, Inc.)

Onvifer adalah aplikasi CCTV yang layak untuk dicoba, meskipun tidak sehalus aplikasi CCTV lainnya. Aplikasi ini juga tidak memiliki banyak fitur, tetapi melakukan semua hal dasar dengan baik.

Antarmuka Onvifer sangat sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memakan banyak ruang.

7. Camy

7 Aplikasi untuk Ubah HP Android jadi CCTV, Layak Dicoba!Camy (Dok. GeoLoc)

Camy mengubah smartphone menjadi CCTV rumahan. Lewat Camy, kamu dapat mengawasi rumah atau lokasi mana pun dari mana saja, asalkan kamu memiliki akses Internet. Aplikasi ini dilengkapi dengan detektor gerak dan langsung memberi tahu kamu tentang hal itu, yang memastikan keamanan rumah dari penyusup.

Camy memiliki banyak fitur yang menarik, seperti:

  • streaming video berkualitas tinggi
  • mampu terhubung ke beberapa kamera smartphone
  • merekam video
  • mematikan layar dari jarak jauh untuk menghemat energi
  • detektor gerakan 
  • beralih antara kamera depan dan belakang.

Jadi, kamu tidak perlu membeli kamera CCTV yang mahal untuk mengawasi rumah. Cukup install aplikasi di atas dan manfaatkan smartphone lama untuk meningkatkan keamanan rumah.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pengingat Terbaik untuk Android, biar Gak Lupa

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya