Comscore Tracker

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock Screen

Jangan disalahgunakan ya!

Banyaknya data pribadi dalam ponsel membuat seseorang insecure sehingga lantas memasang fitur pengaman sebagai langkah antisipasi. Mengamankan ponsel dari tangan-tangan yang jahil memang penting. Ada banyak cara yang bisa dicoba, salah satunya dengan mengaktifkan lock screen.

Tetapi apa jadinya jika justru kamu sendiri yang lupa akan kode lock screen tersebut? Nah, untukmu yang pelupa simak 6 cara melewati lockscreen yang dilansir dari Gadget Hacks.

1. Pasang aplikasi keamanan

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock ScreenIDN Times / Ilham Musyafa

Telah banyak aplikasi keamanan yang sudah dibuat, salah satu yang dapat digunakan untuk menembus lock screen ialah Find My Device. Jika sudah memasangnya kamu hanya tinggal mengunjungi situs Find My Device. Setelah itu, pilih "Enable Lock & Erase" lalu tunggu beberapa saat dan pilih  "Lock".

Kemudian fitur tersebut akan secara otomatis mengubah password sesuai yang diinginkan. Dengan begitu kamu bisa membuka kembali ponsel dengan password baru tersebut. Adapun beberapa ponsel juga sudah dilengkapi dengan aplikasi serupa seperti "Find My Device" pada Samsung.

2. Gunakan fitur "Forget Pattern"

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock ScreenIDN Times / Ilham Musyafa

Jika dalam beberapa percobaan kamu gagal memasukkan kode yang benar maka ponsel akan memberikan opsi berupa "Forget Pattern". Dengan memilih opsi tersebut maka kamu akan dimintai akun Google yang terhubung pada ponsel. Ketika sudah mengisinya maka kamu bisa me-reset ulang kode yang telah dibuat dan kembali masuk ke lock screen dengan kode baru yang dibuat.

Baca juga: Bikin Internetan Nyaman, 7 Aplikasi Smartphone Terbaik Pemblokir Iklan

3. Lakukan "Factory Reset"

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock Screendigitaltrends.com

Cara satu ini cukup banyak mengambil resiko. Pasalnya seluruh pengaturan yang ada di ponsel akan menjadi kembali seperti pertama kali kamu membelinya. Untuk saran, lebih baik llihat buku manual pada ponsel terlebih dahulu karena langkah-langkah setiap ponsel berbeda dan juga menghindari kerusakan yang terjadi.

Namun, kebanyakan langkah yang perlu dilakukan ialah pastikan ponsel benar-benar dalam keadaan mati. Kemudian tekan tombol volume dan power secara bersamaan, maka otomatis ponsel akan mengarah pada Recovery Mode. Arahkan opsi menggunakan tombol volume (touchscreen tidak aktif) lalu pilih "wipe data/factory reset" kemudian pilih "Reboot system now". Maka ponsel akan kembali pada pengaturan awal tanpa lockscreen.

4. Gunakan Android Debug Bridge (ADB)

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock Screengadgethacks.com

Opsi berikut ini hanya akan berfungsi jika sudah mengaktifkan "USB debugging". Kemudian usahakan Personal Computer (PC) kamu terhubung melalui ADB. ADB adalah sebuah tool yang dibuat oleh Android untuk membantu pengguna mengoneksikan ponsel ke PC. Jika memenuhi persyaratan tersebut, maka kamu akan bisa mencoba cara ini.

Namun, perhatikan juga model enkripsi yang diaktifkan agar kompatibel. Caranya ialah hubungkan ponsel dengan PC lalu buka "command prompt" pada direktori ADB. Kemudian ikuti langkah di atas, lalu tekan Enter. Jika sudah reboot ponsel maka kamu bakal bisa mengaksesnya tanpa lockscreen.

5. Manfaatkan "Safe Mode"

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock Screengadgethacks.com

Jika kamu menggunakan aplikasi lockscreen (bukan bawaan ponsel), maka cara ini dapat diterapkan. Seperti sebelumnya, kamu harus ikuti petunjuk terlebih dahulu. Namun untuk kebanyakan ponsel, cara ini bisa dilakukan dengan menekan secara lama opsi "Power Off". Pilih "OK" saat muncul pertanyaan untuk menuju ke "Safe Mode" dan saat proses selesai aplikasi lockscreen tersebut akan otomatis dinonaktifkan sementara. Baru setelah itu kamu hapus aplikasinya atau mengubahnya dengan password lain.

6. Mengakali kecerdasan buatan lockscreen

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock Screengadgethacks.com

jika ponselmu telah dienkripsi dan telah memiliki sistem operasi Android 5.0-5.1.1, maka cara ini dapat dicoba. Pertama, pilih "Emergency Call" pada lockscreen lalu ketik sepuluh karakter bintang. Kemudian pilih "Copy" dan paste di kolom yang sama untuk menggandakan jumlah karakter. Ulangi proses yang sama sampai kolom tidak mencukupi.

Untuk yang Pelupa, 6 Cara Ampuh Lewati Lock Screengadgethacks.com

Selanjutnya, kembali ke lockscreen dan buka shortcut untuk kamera. Tarik ke bawah di pemberitahuan dan tekan ikon "Setting" maka kamu akan diminta memasukkan kata sandi. Tekan lama kolom tersebut dan pilih "Paste", lalu ulangi proses ini beberapa kali. Terus lakukan ini sampai lockscreen berhenti atau crash, yang bakal membuatmu bisa mengakses home screen tanpa lock screen.

Dari semua cara tersebut, pastikan kembali bahwa langkah yang kamu lakukan benar. Namun jangan ragu untuk selalu mencoba jika memang perlu. Apakah dari 6 cara diatas ada yang pernah kamu coba?

Baca juga: Lambat hingga Pulsa Berkurang, 9 Tanda Smartphone Dibobol Hacker

Topic:

Just For You