Comscore Tracker

Langkah Mudah Bikin WhatsApp Makin Aman dari Peretasan, Yuk Praktikkan!

Katakan tidak pada hacker.

Aplikasi pesan instan WhatsApp saat ini diklaim sebagai salah satu yang paling aman dari praktik peretasan. Kini pengguna dikabarkan gak perlu lagi takut diretas. Soalnya, aplikasi pesan yang sekarang dimiliki oleh Facebook itu telah menerapkan verifikasi dua langkah.

Verifikasi pertama adalah melalui nomor telepon yang dipakai untuk nomor WhatsApp dengan mengirim kode melalui SMS atau telepon. Yang kedua adalah berupa passcode sebanyak enam digit yang dibuat sendiri oleh pengguna. 

Berkat verifikasi dua langkah itu kabarnya WhatsApp kian susah diretas. Menarik bukan?

Begini cara mengaktifkan verifikasi dua langkah agar WhatsApp kian aman!

Langkah Mudah Bikin WhatsApp Makin Aman dari Peretasan, Yuk Praktikkan!idntimes.com/indra

Sebenarnya, prosedur keamanan satu ini sifatnya opsional. Jadi, kamu bisa mengaktifkan atau tidak menambah keamanan untuk akun WhatsApp-mu. 

Dikutip dari blog resmi WhatsApp, verifikasi dua langkah bisa kamu lakukan kalau sudah update ke versi terbaru aplikasi. Nah, kalau sudah update versi aplikasi maka kamu bisa deh mulai menggunakan verifikasi dua langkah ini. 

Pertama-tama buka menu Settings yang ada di aplikasi WhatsApp. Setelah itu langsung akses menu Accounts, lalu pilih Two-step verification > Enable. Kamu bakal diminta mengisi nomor enam gidit sebagai passcode . Ingat selalu passcode itu dan jangan lupa backup pula ke email kalau kamu takut kelupaan. 

Baca Juga: Akhirnya WhatsApp Bisa Dipakai Video Call. Gini Lho Cara Pakainya!

Langkah Mudah Bikin WhatsApp Makin Aman dari Peretasan, Yuk Praktikkan!conexaoviaevangelho.com

Fyi, passcode yang kamu backup di email bisa digunakan untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika swaktu-waktu kamu lupa passcode . Nah, jika kamu sudah mengaktifkan verifikasi dua langkah ini maka kemungkinan selama jangka waktu tertentu sistem bakal menanyakan passcode untuk membantu kamu mengingat passcode yang digunakan. 

Verifikasi dua langkah ala WhatsApp ini bukan yang pertama, Google dan Facebook sudah pernah melakukan tapi...

Langkah Mudah Bikin WhatsApp Makin Aman dari Peretasan, Yuk Praktikkan!digitaltrends.com

Ya, verifikasi dua langkah WhatsApp ini bukan yang pertama. Google dan Facebook sebenarnya sudah pernah menerapkan verifikasi yang sama dan identik. Namun bedanya, verifikasi dua langkah ala WhatsApp ini lebih personal.

Dikutip dari TechCrunch, verifikasi dua langkah ala WhatsApp ini menyerahkan pembuatan passcode -nya pada pengguna dan tentunya pengguna wajib mengingatnya sendiri. Sementara itu, verifikasi dua langkah ala Google dan Facebook itu tak membiarkan penggunanya membuat kode sendiri melainkan memberi sesuai dengan kebijakan sistem via SMS. 

Kebijakan verifikasi dua langkah ini sudah bisa kamu nikmati sekarang juga. Namun bersabarlah sejenak, soalnya WhatsApp berjanji akan merilis peraturan ini secara bertahap baik untuk versi iOS maupun Android. 

Baca Juga: 5 Trik Cepat nan Mudah Kembalikan Kontak WhatsApp yang Tiba-tiba Hilang

Topic:

Berita Terkini Lainnya