Comscore Tracker

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!

Selain membaca dan menulis, kamu juga bisa gabung komunitas

Masih ingat film Dear Nathan yang tayang sekitar dua tahun lalu? Film tersebut diangkat dari tulisan Wattpad karya Erisca Febriani. Tidak hanya Dear Nathan, masih ada sederet film lainnya yang diangkat dari platform untuk penulis pemula tersebut.

Wattpad kini menjadi wadah bagi anak muda menyalurkan keinginan untuk menulis. Banyak tulisan berkualitas yang diterbitkan dalam bentuk buku atau bahkan hingga diangkat menjadi film layar lebar.

Apakah kamu hobi menulis dan ingin mengikuti jejak penulis Wattpad yang sukses? Atau kamu hanya ingin membaca cerita-cerita menarik di sana? Ketahui dulu langkah yang harus kamu lakukan sebagai pengguna pemula di platform tersebut. Simak berikut ini!

1. Ada tiga kategori pengguna Wattpad

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!jooinn.com

Pada umumnya ada tiga macam pengguna Wattpad, yaitu pembaca, pembaca dan penulis, serta penulis. Pembaca hanya mengakses platform tersebut untuk membaca, tidak ada yang lain. Mereka juga tidak memiliki keinginan untuk menulis. 

Pembaca dan penulis adalah jenis pengguna yang paling banyak di Wattpad. Mereka suka membaca karya orang lain sekaligus menulis atau memiliki keinginan untuk menulis di sana. Sedangkan penulis adalah mereka yang hanya mempublikasikan tulisan di Wattpad tanpa adanya aktivitas dengan pengguna lain.

2. Cara menjadi pembaca di Wattpad

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!eschoolnews.com

Sebelum bisa membaca dan eksplor berbagai tulisan, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya melalui situs Wattpad atau melalui aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS.

Untuk mencari buku, kamu bisa pergi ke menu Discover. Ada banyak genre yang bisa kamu pilih sesuai preferensi. Jika kamu sudah tahu buku apa yang ingin kamu baca, kamu bisa langsung mencarinya melalui search engine Wattpad.

3. Cara menemukan tulisan yang menarik

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!vox-cdn.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan tulisan yang menarik. Pertama lihat di menu Discover buku apa saja yang sedang trending atau populer di kalangan pengguna Wattpad. Biasanya mereka memiliki cerita yang menarik.

Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi Editor’s Choice, yaitu rekomendasi yang diberikan oleh tim Wattpad. Jika masih kurang, kamu bisa coba menemukan komunitas di Wattpad dan meminta rekomendasi dari mereka.

Baca Juga: Instagram Perkenalkan Stiker Chat, Bisa Ajak Teman Ngobrol dari Story

4. Cara menjadi penulis di Wattpad

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!si-cdn.com

Mulai menulis di Wattpad tidaklah sulit. Di halaman utama, kamu bisa memilih menu Create. Di sana ada dua opsi, “Create new story” untuk memulai cerita baru dan “Edit another story” untuk mengedit cerita yang sedang kamu tulis. 

Jika ini adalah kali pertama kamu menulis, kamu harus menentukan terlebih dahulu genre apa yang ingin kamu dalami. Setelah itu, temukan inspirasi dari hal-hal yang ada di sekelilingmu.

Dengan begitu tulisanmu akan lebih mengalir dan alami. Jika kamu masih membutuhkan kiat-kiat menulis, di Wattpad banyak kok penulis yang membagikan tips untuk para pemula.

5. Pastikan semua detail tulisan terisi dengan lengkap

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!cloudfront.net

Detail-detail seperti judul, deskripsi, dan cover adalah hal-hal yang sering kali diabaikan oleh penulis. Padahal sebenarnya detail tersebut bisa menarik perhatian pembaca.

Gunakan judul dan deskripsi yang menarik agar pembaca tertarik untuk mengklik cerita yang kamu tulis. Tidak hanya itu, sebisa mungkin buatlah cover yang menarik. Tidak bisa dimungkiri manusia lebih tertarik pada hal yang berbau visual.

6. Pastikan kamu menjalin hubungan dengan komunitas

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!picdn.net

Agar populer dan banyak dibaca, tidak cukup hanya bermodal tulisan yang bagus. Kamu juga harus aktif di komunitas Wattpad.

Bergabunglah ke dalam komunitas yang tersedia dan berkenalan dengan pengguna di sana. Dengan begitu kamu bisa sekalian mempromosikan tulisanmu. Akan tetapi jangan promosi secara berlebihan ya. Biasanya pengguna lain akan merasa terganggu jika kamu seperti itu.

7. Saling memberikan feedback dengan penulis lain

Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!nymag.com

Sebenarnya kamu tidak bisa hanya menjadi penulis di Wattpad. Kamu juga harus menjadi pengguna aktif, salah satunya dengan membaca cerita penulis lain. Kamu bisa memulainya dengan memberikan feedback berupa komentar dan Vote.

Jika kamu sering melakukannya, kamu bisa menjalin hubungan pertemanan dengan sesama penulis. Biasanya mereka pun akan mencoba membaca tulisanmu. 

Sudah siap untuk menjelajahi Wattpad? Selamat mencoba cara-cara di atas ya!

Baca Juga: 7 Situs Pengecekan Plagiarisme Terbaik, Berkarya Gak dengan Menjiplak

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya