Comscore Tracker

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islam

Ibadah semakin lancar dengan inovasi ini

Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia berlomba-lomba untuk membuat berbagai macam inovasi untuk mempermudah hidupnya. Tak terkecuali inovasi untuk umat Islam.

Kecanggihan teknologi tersebut bisa mempermudah ibadah yang kita lakukan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini inovasi-inovasi tersebut!

1. Masjid berjalan

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islamilustrasi masjid berjalan (farsnews.com)

Inovasi ini diciptakan untuk mempermudah umat muslim yang ingin beribadah saat Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung. Masjid berjalan ini dibuat dari truk kontainer yang dimodifikasi. Badan truk bisa melebar untuk memperluas ruangan di dalamnya hingga dapat menampung 50 orang. Selain itu, kamu juga bisa berwudu karena truk ini juga dilengkapi dengan keran air.

Masjid berjalan ini juga ada lho di Indonesia. Namanya Mobile Masjid. Inovasi ini diciptakan oleh Muhammad Sobirin dan telah beroperasi sejak Juni 2015 di Bandung.

2. Alat pembatas aliran air wudu

https://www.youtube.com/embed/32kwXwIIdug

Penggunaan air wudu seharusnya dilakukan secara hemat. Namun masih ada sebagian orang yang membuang-buang air saat berwudu.

Untuk mengatasinya, terciptalah keran hemat air yang mampu membatasi aliran air yang keluar. Saat pengujian, keran ini membuktikan bahwa ia bisa menghemat penggunaan air hingga 50 persen.

3. Tasbih digital

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islamilustrasi tasbih digital (classyworld.co)

Inovasi yang satu ini sudah cukup umum ditemui. Tasbih digital ini memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga praktis dibawa ke mana-mana.

Ia dilengkapi dengan tombol yang berguna untuk menghitung lafadz zikir. Biasanya tasbih ini dibawa oleh jemaah haji. Untuk kamu yang ingin memperbanyak pahala di bulan Ramadan, kamu bisa coba berzikir dengan tasbih ini.

Baca Juga: 11 Inovasi Canggih yang Paling Diharapkan Ada di Smartphone!

4. Alquran digital dengan talking pen

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islamilustrasi Al-Quran digital dengan pena bersuara (salamdakwah.com)

Gadget ini terlihat normal seperti Alquran biasa. Namun ia dilengkapi dengan pen yang bisa mengeluarkan suara saat menunjuk ke sebuah ayat.

Jadi, sangat cocok digunakan untuk para pemula yang masih belajar bagaimana pelafalan ayat yang tepat. Selain itu, Alquran ini juga dilengkapi dengan tanda warna tajwid.

5. Jam digital pengingat waktu salat

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islamilustrasi jam digital (sholludigital.com)

Kini sebagian masjid di Indonesia sudah menggunakan jam digital yang dilengkapi dengan pengingat waktu salat dan imsak. Alarm akan berbunyi saat memasuki waktu salat.

Ini bisa memudahkan para pengurus masjid untuk mengumandangkan azan. Ada pula jam yang dilengkapi dengan lantunan ayat Alquran.

6. Pneumatic tube untuk mengatasi sampah di Masjidil Haram

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islamilustrasi pneumatic tube (wired.com)

Masjidil Haram dikunjungi oleh umat muslim dari seluruh dunia setiap tahunnya. Tak heran, masjid ini bisa mendapatkan 600 ton sampah dalam sehari. Pemerintah Arab Saudi pun membuat inovasi untuk menyiasatinya, yaitu melalui pneumatic tube.

Sampah yang dibuang akan disalurkan ke 400 lubang dan disedot melalui jaringan bawah tanah ke tempat penyaluran. Di sana akan ada truk sampah yang siap mengantar ke pembuangan sampah akhir.

7. Zakat dengan uang digital

7 Inovasi Teknologi Ini Mempermudah Ibadah Umat Islamilustrasi uang digital (coindesk.com)

Masjid Shacklewell Lane yang berada di London, Inggris menjadi masjid pertama di dunia yang menerapkan teknologi untuk pembayaran zakat dan sedekah. Mereka menerima mata uang bitcoin dan ethereum.

Para donatur bisa menyumbang di situs masjid menggunakan kode QR. Uang akan ditransfer ke dompet mata uang kripto di bank sebelum ditukar ke poundsterling. Namun inovasi ini menuai kontroversi terkait halal atau tidaknya uang digital tersebut.

Itulah inovasi teknologi untuk mempermudah umat Islam. Kira-kira dalam beberapa tahun lagi akan secanggih apa ya?

Baca Juga: 7 Inovasi Teknologi untuk Para Difabel yang Paling Canggih, Keren Nih!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya