Comscore Tracker

7 Tren TikTok Paling Berbahaya, Skullbreaker Challenge yang Terbaru

Berisiko menghilangkan nyawa kita, lho!

Minat terhadap aplikasi TikTok kini semakin meningkat, terutama pada Millennials dan Gen Z. TikTok yang dulunya mendapatkan label buruk berhasil menggaet jutaan pengguna baru di setahun terakhir. Lihat saja di Instagram Stories, pasti gak sedikit temanmu yang membagikan video TikToknya, kan? 

Walaupun mayoritasnya adalah konten hiburan, ada sejumlah tren atau challenge TikTok yang bisa membahayakan nyawa kita. Parahnya, tren tersebut diikuti oleh banyak orang, termasuk anak di bawah umur yang masih sulit menilai baik dan buruk. 

Nah, berikut ini IDN Times merangkum beberapa di antaranya. Apa sajakah tren yang dimaksud dan seberbahaya apakah mereka? Simak berikut ini!

1. Cereal Challenge

7 Tren TikTok Paling Berbahaya, Skullbreaker Challenge yang Terbarupopbuzz.com

Tren TikTok pertama yang membahayakan adalah Cereal Challenge. Aturannya cukup sederhana. Kamu harus menuangkan sereal ke dalam mulut orang lain yang sedang dalam posisi tidur kemudian diikuti dengan susu. Jadi bisa disimpulkan bahwa orang tersebut berperan sebagai “mangkuk sereal”.

Gak cukup sampai di situ saja, orang yang menuangkan kemudian harus mengambil sereal dan susu tersebut dengan sendok. Jika kamu sudah merasa ngeri saat membayangkannya, berarti instingmu benar. Tindakan ini sangat tidak tepat. 

Konsekuensi paling ringan yang mungkin muncul adalah tumpahnya sereal dan susu ke seluruh tubuhmu. Lalu apa yang paling buruk? Orang yang bertindak sebagai “mangkuk” bisa tersedak, sulit bernapas, dan sereal bisa masuk ke dalam paru-paru. Tentu jika tidak ditangani dengan cepat, orang tersebut bisa meninggal.

2. Cha-Cha Slide Challenge

https://www.youtube.com/embed/2jj_SwmlFCk

“Slide to the left, slide to the right, criss cross!”

Lagu Cha-Cha Slide yang dirilis oleh DJ Casper ini memang banyak dipakai oleh pengguna TikTok. Jika pada umumnya orang memakai lagu tersebut sebagai iringan dance, lain halnya dengan sepasang remaja di New York, Amerika Serikat pada Februari lalu. 

Dari videonya, terlihat bahwa mereka sedang menyetir mobil di jalan raya. Saat lagu terputar, mereka membelok-belokkan setir mengikuti liriknya. Tentu saja ini bukanlah tindakan yang bijak walaupun video tersebut direkam saat keadaan jalan sedang sepi. 

Bukan hanya dirinya saja yang berisiko kecelakaan, melainkan juga pengguna jalan yang lain. Melihat betapa berbahayanya challenge yang satu ini, TikTok pun segera menghapus video tersebut. 

3. Throw It In the Air Challenge

https://www.youtube.com/embed/grN_JjuK2YA

Throw It In the Air Challenge atau yang memiliki arti ‘tantangan lempar ke udara’ adalah tren berikutnya yang bisa membahayakanmu. Konsepnya pun sederhana. Kamu dan teman-temanmu harus berdiri membentuk lingkaran dengan menghadap ke kamera di bawah. Kemudian lemparkan berbagai barang ke atas. Kamu tidak boleh bergerak ataupun menghindar darinya. 

Sebenarnya challenge ini aman-aman saja jika kita bijak dalam memilih barang yang dilempar. Akan tetapi sejumlah pengguna justru merasa bahwa semakin esktrem semakin baik sehingga barang yang dilempar justru membahayakan. Seperti contohnya bola, boks plastik, sepeda, tangga, hingga kursi roda. 

Barang-barang keras dan berat yang mengenai kepala atau leher bagian belakang akan menyebabkan berbagai masalah. Mulai dari tak sadarkan diri hingga gegar otak. Bahaya banget, kan?

Baca Juga: Bagaimana Adegan Seks dalam Film Dibuat? Tak Seperti yang Dibayangkan!

4. The Penny Challenge

https://www.youtube.com/embed/xOAHAZctHNw

Tren nyeleneh berikutnya adalah The Penny Challenge. Seperti namanya, tantangan yang satu ini melibatkan uang logam. Jadi, para pelaku awalnya menancapkan charger ke dalam stop kontak. Kemudian, mereka diminta untuk menyelipkan uang logam di celah keduanya. 

Sontak, tindakan tersebut pun menyebabkan munculnya aliran listrik yang disertai dengan api. Konsekuensi pertama yang mungkin terjadi adalah tersetrum. Lebih dari itu, konslet yang disebabkannya juga bisa memicu kebakaran, seperti yang terjadi di Westford Academy, Amerika Serikat. 

5. Salt Challenge

7 Tren TikTok Paling Berbahaya, Skullbreaker Challenge yang Terbarugulftoday.ae

Ada pula tren yang bernama Salt Challenge yang sempat ramai di awal tahun lalu. Tren ini meniru Cinnamon Challenge yang sempat viral di YouTube. Aturannya, kamu harus memasukkan garam sebanyak mungkin ke dalam mulutmu. Sebisa mungkin tahan keinginan untuk memuntahkannya. 

Lagi-lagi, tren yang satu ini berbahaya untuk kesehatan kita. Pertama, kita bisa tersedak dan akhirnya garam itu masuk ke saluran pernapasan. Hal ini akan memicu asma dan gangguan lainnya. Selain itu, makan garam dalam jumlah banyak juga bisa memicu keracunan, kejang-kejang, hingga gangguan pencernaan.

6. The Bright Eye Challenge

7 Tren TikTok Paling Berbahaya, Skullbreaker Challenge yang Terbaruvvox.it

The Bright Eye Challenge adalah tantangan untuk membuat warna mata kita setingkat lebih muda daripada biasanya. Dengan iming-iming tersebut, banyak pengguna yang tergiur mengikuti. Caranya adalah dengan mencampurkan selai stroberi, hand sanitizer, pemutih, dan krim cukur ke sebuah plastik. Lalu kompreskan ke mata selama satu jam. 

Sudah bisa ditebak, ternyata efek tersebut palsu. Para pencipta challenge menggunakan editing video dan lensa kontak untuk membuat warna matanya seakan berubah. Sebaliknya, challenge ini justru berbahaya untuk mata kita. 

Jelas saja, pemutih, hand sanitizer, dan krim cukur mengandung bahan kimia yang tidak seharusnya diarahkan ke mata. Terekspos ketiganya berpotensi menyebabkan luka pada kornea dan hilangnya penglihatan. 

7. Skullbreaker Challenge

7 Tren TikTok Paling Berbahaya, Skullbreaker Challenge yang Terbarutoofab.akamaized.net

Terakhir dan yang paling baru adalah Skullbreaker Challenge. Dalam tantangan ini, ada tiga orang yang terlibat. Orang yang berada di pinggir harus menendang kaki orang yang berada di tengah ketika ia sedang lompat. Alhasil, ia akan terjegal dan jatuh terlentang. 

Seperti namanya, “skullbreaker”, tantangan ini bisa membahayakan tempurung kepala kita. Sudah ada sejumlah korban yang timbul dari challenge ini. Mereka sampai harus mendapatkan perawatan dari rumah sakit dan bahkan digips karenanya.

Ada sejumlah konsekuensi yang bisa timbul dari Skullbreaker Challenge. Di antaranya adalah patah tulang, pendarahan, pingsan, lumpuh, gegar otak, dan bahkan kematian. Menanggapi hal ini, TikTok pun menyatakan bahwa mereka akan segera meniadakan challenge tersebut.

Ingin populer di TikTok itu boleh-boleh saja. Namun kita sebagai pengguna harus bisa memilah mana tren yang layak diikuti dan mana yang tidak.

Jangan sampai mengabaikan keselamatan hanya karena ingin eksis. Selain itu, masih banyak kok challenge TikTok lain yang gak kalah seru tapi tidak berbahaya. Jangan tiru challenge di atas, ya!

Baca Juga: WHO Gunakan TikTok untuk Membasmi Hoaks Virus Corona, Kekinian Banget!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya