Comscore Tracker

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Web

Sebenarnya apa sih isi dari dark web?

Pernahkah kamu mendengar istilah dark web sebelumnya? Ia adalah bagian kecil dari internet yang tak bisa diakses melalui browser biasa. Kamu membutuhkan software tertentu yang bisa menyembunyikan identitasmu. 

Dark web adalah bagian dari deep web tetapi terletak jauh lebih dalam. Ada banyak situs-situs berbahaya di dalamnya. Mulai dari pornografi anak, pasar ilegal, portal berita hoaks, dan lain-lain. 

Dikenal pula sebagai darknet, bagian internet ini sering kali dipakai untuk melancarkan transaksi ilegal. Namun tidakkah kamu penasaran apa saja yang dijual di sana? Sampai-sampai orang harus melakukannya melalui dark web agar tidak terlacak. Berikut ini beberapa transaksi gelap yang biasa terjadi di dark web.

1. Akun email untuk disalahgunakan

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Webboygeniusreport.com

Perlu diketahui bahwa ada banyak hacker di dalam dark web. Mereka biasa menjual hasil “jarahan” di sana. Salah satunya adalah alamat email yang berhasil diretas. 

Dilansir dari LogDog, harga setiap akun berkisar antara US$ 0,7 hingga US$ 1,2. Ini setara dengan Rp10 ribu hingga Rp17 ribu. Kegunaan dari email tersebut bermacam-macam. Mulai dari penyebaran virus, phishing, pencurian identitas, hingga penipuan.

2. Akun situs-situs dewasa

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Webrgbimg.com

Akun situs dewasa adalah komoditas yang sangat laku di dark web. Pada umumnya, situs dewasa sering meminta biaya subscription bulanan untuk akses video. Orang-orang yang tak ingin membayar rutin akhirnya mengambil jalan pintas dengan membeli akun di hacker

Mereka akan mendapatkannya dengan sangat murah. Data dari LogDog menunjukkan bahwa kisaran harganya hanyalah US$ 1, atau Rp14 ribu saja. Namun kamu perlu ingat bahwa apa pun yang dibeli dari hacker pastilah tidak sepenuhnya aman. 

3. Akun Netflix

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Webmondaymag.com

Apakah kamu memiliki akun berlangganan di Netflix? Per bulan, kamu harus membayar minimal Rp109 ribu. Sebagian orang tak suka membayar bulanan sehingga mereka mencari cara lain, yaitu membeli akun di hacker dengan harga yang lebih murah.

Lalu dari mana para hacker mendapatkan akun tersebut? Dilansir dari Make Use Of, mereka biasanya mencuri akses ke para pelanggan sehingga tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. 

Maka dari itu, jika kamu mengenali adanya aktivitas mencurigakan di akunmu, segeralah mengganti password. Bisa jadi, akunmu telah diretas dan dijual ke orang lain. 

Baca Juga: Ini 7 Website Menarik yang Bisa Kamu Masuki di Dark Web, Berani Coba?

4. Informasi pribadi yang ada di situs pencarian jodoh

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Webaolcdn.com

Terdengar sepele, tetapi profil yang dipasang di situs pencarian jodoh sering kali menjadi sasaran empuk dari hacker. Mungkin terdengar aneh, tetapi para pengguna secara tak sadar membagikan informasi pribadi mereka dengan lengkap di sana. Semakin lengkap data, semakin besar pula harapan mereka untuk bertemu dengan orang yang tepat.

Hacker melihat ini sebagai peluang. Mereka dapat memanfaatkan informasi yang dibagikan secara publik itu untuk mencuri identitas para pengguna. Entah untuk menipu orang lain, meretas akun media sosial, email, atau bahkan akun finansial.

5. Mencuri akun PayPal

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Webdawn.com

PayPal sering digunakan sebagai salah satu cara untuk bertransaksi di internet. Penggunanya tersebar di berbagai pelosok dunia. Perusahaan besar ini pun tak luput dari incaran hacker

Mereka yang sudah ahli bisa mencari tahu berapa banyak uang yang ada di dalam akun PayPal seseorang. Hacker akan menawarkannya ke orang lain melalui dark web

Pertanyaannya, kenapa mereka tidak mengambil uang tersebut? Para penjahat internet itu sering kali tidak mau mengambil risiko. Jika PayPal melacak aktivitasnya, mereka pun tak bisa lagi beroperasi. 

6. Senjata

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Webunsplash.com

Senjata dan bom juga banyak dijual di marketplace yang ada di dark web. Di sanalah teroris, gangster, dan orang-orang lain membeli berbagai macam pistol secara ilegal.

Mereka bisa bertransaksi secara anonim jadi tidak akan takut ketahuan pihak yang berwajib. Namun biaya yang harus dibayarkan jauh lebih tinggi daripada membeli senjata secara resmi. 

7. Kartu kredit

Ini 7 Transaksi Mengejutkan yang Biasa Terjadi di Dark Webstraitstimes.com

Ada sebuah website di dark web yang mengkhususkan diri untuk menjual kartu kredit dengan harga yang sangat rendah. Dari mana mereka mendapatkannya? Tentu saja dengan cara yang tidak benar, yaitu mencuri. 

Biasanya penjual menawarkannya dalam jumlah besar sekaligus, misalnya 100 kartu. Ini dilakukan karena sebagiannya tidak dapat dipakai. Artinya, si pemilik telah menyadari bahwa kartu kredit mereka hilang. 

Hampir sudah pasti bahwa semua yang dijual di dark web itu bersifat ilegal. Jika memang legal, mereka tidak akan sembunyi-sembunyi dan seharusnya menggunakan internet biasa. Jika kamu ingin cari aman, sebaiknya jangan pernah kunjungi dark web, terlebih lagi bertransaksi di dalamnya. 

Baca Juga: Mengungkap 7 Mitos Dark Web, Apa Saja yang Sebenarnya Terjadi Di Sana?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya