Comscore Tracker

3 Cara Beli Masa Aktif Telkomsel, biar Kartu Gak Hangus

Daripada ganti nomor terus, mending beli masa aktif

Gak sedikit pengguna yang mengalami kartu Telkomsel tiba-tiba hangus. Biasanya, hal ini terjadi karena kartu perdana gak pernah digunakan. Termasuk gak ada riwayat transaksi pulsa maupun pembelian data seluler. 

Dulu kamu harus membuang kartu dan beli baru, kalau nomor sudah masuk masa tenggang. Namun, cara ini tergolong ribet, karena perlu ganti nomor dan menghubungi orang lain untuk menginfokannya. 

Say no more! Sebab, perusahaan plat merah ini telah menyediakan layanan untuk beli masa aktif Telkomsel. Bagaimana caranya?

Cara Beli masa aktif Telkomsel

Membeli masa aktif Telkomsel berarti memperpanjang ‘masa hidup’ kartu. Pembelian ini bertujuan agar provider gak memblokir atau menggunakan kembali kartumu untuk orang lain.

Memastikan kartu perdana tetap aktif ini penting, lho! Terlebih jika kamu menggunakan nomor kartu tersebut sebagai identitas digital. Misalnya, untuk layanan e-banking, e-wallet, dan sebagainya. 

Jika nomormu hangus dan digunakan orang lain, bisa-bisa keamanan akunmu terancam. Orang lain bisa saja menyalahgunakan kode verifikasi dan login seolah-olah itu kamu. 

Daripada kejadian, segera terapkan cara perpanjang masa aktif Telkomsel berikut. Dengan begitu, akunmu lebih aman dan kamu pun gak perlu repot-repot ganti nomor lagi.

1. Lewat dial up

3 Cara Beli Masa Aktif Telkomsel, biar Kartu Gak Hangusilustrasi panggilan ponsel (pixabay.com/eignatik17)

Salah satu layanan utama provider adalah dengan menyediakan nomor panggilan cepat. Biasanya berupa kombinasi angka yang diawali dengan tanda bintang dan diakhiri tanda pagar. USSD ini berisi kumpulan menu, salah satunya layanan beli masa aktif Telkomsel.

Untuk mengaksesnya, kamu tinggal lakukan:

  1. Buka menu panggilan di ponsel
  2. Ketik *888# dan panggil menggunakan nomor Telkomsel
  3. Tunggu jendela pop up muncul yang berisi pilihan menu 
  4. Ketik angka 2 atau pilih opsi ‘Beli masa aktif’ di kolom reply, lalu klik ‘Balas’
  5. Tunggu hingga muncul pop up berisi pilihan masa aktif. Mulai 5 hingga 360 hari dari tanggal masa aktif terakhir. Pilih sesuai kebutuhan
  6. Konfirmasi pembelian dengan klik ‘Ya’ pada pop up terakhir.

Tunggu hingga proses pembelian berhasil. Pastikan pulsa yang kamu miliki cukup sesuai besaran nominal transaksi, ya. Setelah proses selesai, kamu akan mendapatkan sms notifikasi dan masa berlaku pun otomatis bertambah.

Selain *888#, Telkomsel juga menyediakan layanan USSD lain untuk membeli masa aktif. Caranya, melalui kode *500*50#. Kode ini akan mengarahkanmu ke halaman pop up berisi pilihan menu perpanjangan masa berlaku seperti cara sebelumnya.

Kamu tinggal memilih sesuai kebutuhan, lalu kembali konfirmasi dengan mengetikkan nomor sesuai kode yang ada pada layar. Mirip dengan cara cek pulsa lewat USSD, Guys!

Baca Juga: 5 Cara Aktifkan Paket Darurat Telkomsel, Solusi Saat Kehabisan Pulsa

2. Aplikasi MyTelkomsel

3 Cara Beli Masa Aktif Telkomsel, biar Kartu Gak Hangusilustrasi aplikasi MyTelkomsel (apps.apple.com)

Telkomsel telah mengumpulkan semua layanannya pada satu aplikasi terpusat yang dinamakan MyTelkomsel. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa beli masa aktif Telkomsel, lho!

Serunya, pembelian gak hanya dilakukan dengan menukar pulsa, tetapi bisa dengan transfer atau dompet digital. Sangat cocok kalau saldo pulsa sedang habis.

Sebelum memulai tutorialnya, pastikan sudah mengunduh aplikasi MyTelkomsel dari toko aplikasi. Jika sudah, lakukan tahapan berikut:

  1. Login ke MyTelkomsel menggunakan nomor yang ingin diperpanjang masa aktifnya
  2. Masuk ke halaman ‘Belanja’ di bagian menu tengah bawah yang digambarkan dengan ikon keranjang
  3. Pilih kategori ‘Internet’
  4. Temukan pilihan ‘Paket Masa Aktif’. Jika kesulitan, kamu bisa mengaktifkan filter yang ada di bawah kategori
  5. Pilih paket masa aktif sesuai kebutuhan
  6. Kamu akan diarahkan masuk ke halaman detail paket. Pahami terms and conditions-nya, ya. Jika sudah setuju, klik ‘Sekali Beli’ di bagian paling bawah
  7. Lakukan transaksi menggunakan metode pembayaran yang disediakan.

Selesai diproses, masa berlaku kartu perdanamu akan bertambah sesuai dengan opsi yang kamu pilih. Secara otomatis, keterangan di halaman beranda pun akan diperbaharui.

3. Datang ke outlet Digipos

3 Cara Beli Masa Aktif Telkomsel, biar Kartu Gak Hangusilustrasi customer service (unsplash.com/Berkeley Communications)

Kalau kesulitan menggunakan dua cara beli masa aktif Telkomsel secara mandiri, ada pula outlet Digipos yang menyediakan layanan perpanjang masa aktif. Kamu tinggal datang dan sampaikan tujuanmu ke petugas yang ada.

Nantinya, petugas akan membantu transaksi pembelian masa aktif kartu. Biasanya, layanan ini juga menyediakan pembayaran cash yang lebih mudah.

Beli masa aktif Telkomsel bisa jadi jurus jitu saat nomormu masuk masa tenggang. Jadi, gak perlu ganti atau beli kartu baru, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat HP yang Cepat dan Akurat

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya